Tingkatan Processor Intel Berdasarkan Generasi dan Spesifikasi

Teknokrad.com – Tingkatan processor Intel dari terendah sampai tertinggi memang sedikit kompleks untuk diketahui dan  dipelajari. Biasanya, kendala orang-orang adalah bingung dengan banyaknya istilah seperti Skylake, iCore, i5, dll. Hal tersebut sebenarnya wajar karena prosesor Intel yang sudah dirilis memang sangat banyak.

Banyaknya prosesor Intel tersebut seharusnya bukan menjadi masalah. Anda bisa mempelajari tingkatan processor Intel lebih mudah dengan mempelajarinya berdasarkan generasi dan spesifikasi. Kedua kategori tersebut membuat pemahaman Anda mengenai beragam prosesor Intel akan menjadi lebih baik.

Tingkatan Processor Intel Berdasarkan Generasi

Berikut adalah review tingkatan processor Intel berdasarkan generasi dari yang terendah sampai tertinggi.

1. Nehalem

Tingkatan processor Intel berdasarkan generasi yang paling rendah (pertama-tertua) adalah Nehalem. Nehalem merupakan prosesor Intel generasi pertama yang menggunakan teknologi 45 nm. Prosesor Nehalem ini mampu menghubungkan controller RAM DDR3 ke bagian dalam chip dari prosesor.

2. Sandy Bridge

Sandy Bridge adalah proses Intel generasi kedua. Sandy Bridge merupakan prosesor yang dianggap lebih sederhana dan efisien. Prosesor yang dibuat dengan teknologi 32 nm menyertakan fitur GPU atau pengolah grafis pada. Akibatnya, melalui prosesor ini pengguna bisa menikmati kualitas visual lebih baik.

3. Ivy Bridge

Prosesor Intel generasi ketiga disebut Ivy Bridge. Ivy Bridge dikembangkan dengan teknologi fabrikasi yang lebih baik, yaitu teknologi 22 nm. Tentu saja, prosesor ini lebih efisien dari prosesor Intel generasi sebelumnya. Prosesor Intel Ivy Bridge sudah mendukung port PCIe 3.0 dan USB 3.0.

4. Haswell

Prosesor Intel generasi ke-4 adalah Haswell. Haswell yang dirilis pada 2013 ini merupakan prosesor yang mendapatkan peningkatan kualitas pada sektor GPU. Kualitas grafisnya lebih baik dan kecepatannya lebih tinggi, tepatnya di atas 3,4 GHz. Arsitektur prosesor Haswell sama dengan Ivy Bridge (22 nm).

5. Broadwell

Intel akhirnya merilis prosesor generasi ke-5 dengan arsitektur baru, lebih tepatnya arsitektur 14 nm. Selain ukuran yang lebih kecil demi memenuhi kebutuhan PC dan laptop ukuran kecil, Broadwell juga dikenal karena hemat daya. Ukuran bukan soal karena Broadwell bisa lebih baik dari prosesor sebelumnya.

6. Skylake

Prosesor Intel generasi ke-6 ini masih menggunakan arsitektur 14 nm. Bedanya dengan generasi sebelumnya adalah adanya teknologi Speed Shift. Teknologi tersebut membuat Skylake lebih cepat dan tetap hemat daya. Skylake sudah mampu mendukungstreaming video sampai kualitas UHD 4K.

7. Kaby Lake

Masih menggunakan arsitektur 14 nm, prosesor Intel generasi ke-7 ini tetap lebih cepat dari Skylake. Dari sisi kecepatan, peningkatan dari Skylake memang tidak terlalu signifikan. Peningkatan signifikan ada pada kualitas multimedia, dimana kualitas grafis dan streaming video 4K lebih baik.

8. Coffee Lake

Coffee Lake adalah prosesor Intel generasi ke-8 dan ke-9. Coffee Lake merupakan Kaby Lake yang telah dioptimalkan. Coffee Lake dirilis dalam arsitektur yang berbeda, ada yang 14 nm dan 10 nm. Arsitektur yang lebih baru tentu menjanjikan performa dan kecepatan yang lebih baik (sampai lebih dari 5,0 GHz).

10. Comet Lake

Tingkatan processor Intel berdasarkan generasi yang paling tinggi adalah Comet Lake. Comet Lake baru dirilis di tahun 2020 dengan Intel Core i9-10900K menjadi seri tertingginya. Seri tertingginya tersebut hadir dengan 10 thread atau 10 core. Dan mendukung pengalaman bermain game dengan resolusi sampai 8K.

Baca Juga: 3 Cara Masuk Safe Mode Windows 7 via MsConfig, Cmd, dll

Tingkatan Processor Intel Berdasarkan Spesifikasi

Berikut adalah tingkatan processor Intel berdasarkan spesifikasi dari yang terendah sampai tertinggi.

1. Celeron

Tingkatan processor Intel berdasarkan spesifikasi yang paling rendah adalah Celeren. Intel Celeron memiliki 2 sampai 4 core dengan kecepatan sampai 3,2 GHz. Celereon sudah mampu menampilkan konten multimedia dengan baik. Prosesor ini diperuntukkan untuk komputer kelas pemula harga terjangkau.

2. Pentium

Tingkatan processor Intel berdasarkan spesifikasi selanjutnya adalah Pentium. Intel Pentium memiliki core sampai 2 atau 4. Kecepatan maksimalnya adalah 3,9 GHZ. Prosesor ini tentu lebih baik dari Celeron dan mampu menampilkan konten audio visual yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Core i3

Intel Core i3 menggunakan core 2 sampai 4 dengan kecepatan maksimal mencapai 4,0 GHz. Prosesor Intel ini kini mampu memproses pekerjaan yang lebih berat. Generasi ke-8 dari prosesor ini bahkan mampu membuat Intel Core i3 memainkan beragam game kelas menengah dengan baik.

4. Core i5

Diklaim sebagai spot aman kelas menengah, Intel Core i5 menggunakan 5 sampai 6 core dengan kecepatan hingga 4,3 GHz. Core i5 selalu menjadi andalan bagi pengguna komputer yang ingin menggunakan PC cepat dengan harga yang bisa kompromi. Opsi overclock terbuka lebar untuk i5.

5. Core i7

Hadirnya Core i9 membuat Intel Core i7 bukan lagi seri tertinggi di generasinya. Prosesor Intel ini mampu menjalankan video 4K dengan lancar. Kecepatan maksimal dari prosesor ini mencapai 4,5 GHz. Menjalankan game masa kini di resolusi 1080p dengan performa tinggi bisa dilakukan.

6. Core i9

Core i9 adalah seri prosesor Intel dengan kemampuan lebih baik dari i7. Core i9 mampu menampilkan performa super cepat. Hal sama berlaku pada performa ketika bermain game di resolusi 4K. Intel Core i9 menggunakan sampai 6 core dengan kecepatan mencapai 4,8 GHz.

7. Core X-Series

Tingkatan processor Intel berdasarkan spesifikasi yang paling tinggi adalah Cre X-Series. Prosesor yang masuk dalam kategori ekstrem ini memiliki (sampai) 18 core 36 thread. Tersedia dalam model 15, i7, dan 19, komputer dengan prosesor ini sudah mampu mengolah grafis dan video 4K dengan sangat mulus.

Dengan menyimak penjelasan tingkatan processor Intel di atas Anda bisa lebih memahami prosesor Intel yang pernah dirilis. Penjelasan di atas akan membuat Anda mendapatkan gambaran umum mengenai beragam jenis prosesor Intel. Daftar prosesor Intel tentu akan bertambah seiring perkembangan zaman.

Baca Juga: 7 Aplikasi Edit Video PC Ringan dan Gratis

Share via
Copy link