7 Cara Membuat Sertifikat Mobile Legend agar Menarik

Menyelenggarakan turnamen e-sport Mobile Legend memang tak lengkap jika tidak membuat sertifikat. Ya, sertifikat akan sangat berguna bagi peserta untuk mendokumentasikan prestasinya. Sertifikat Mobile Legend juga menjadi salah satu bentuk penghargaan karena mengikuti turnamen game.

Bahkan sertifikat Mobile Legend ini terkadang digunakan sebagai syarat dalam mengklaim berbagai reward dari pengembang atau pelaksana. Sertifikat sendiri bisa diberikan hanya untuk para pemenang atau seluruh peserta. Adanya sertifikat nyatanya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon peserta.

Cara Membuat Sertifikat Mobile Legend agar Menarik

Karena ada yang masih bingung bagaimana cara membuat sertifikat Mobile Legend maka kali ini kita akan membahasnya secara lengkap. Akan kamu jelaskan beberapa cara membuat sertifikat Mobile Legend yang baik dan benar, ini dia:

1. Sebaiknya Daftarkan Turnamen Anda Terlebih Dahulu agar Sertifikat Resmi

Pertama dan yang paling utama adalah, pembaca Teknokrad harus daftarkan terlebih dahulu turnamen Anda secara resmi. Cara ini memang agak ribet dan membutuhkan waktu yang lama, namun sertifikatnya akan berlaku di mana saja.

Berbeda jika Anda hanya membuat turnamen biasa di mana nanti sertifikat Mobile Legend hanya sebagai bentuk penghargaan saja. Plus nanti akan ada banyak keuntungan salah satunya mode permainannya memang mode turnamen bukan mabar biasa.

2. Gunakan Aplikasi atau Web Editing yang Memiliki Tools Lengkap

Setelah turnamen Anda terdaftar, selanjutnya adalah mulai buat sertifikat Mobile Legend tersebut. Pilihlah aplikasi atau web yang memiliki tools lengkap untuk editing desain. Ada banyak sekali aplikasi profesional seperti Corel Draw, PhotoShop, dan lainnya.

Sedangkan untuk web misalnya ada Canva dan lainnya. Dengan alat yang lengkap maka Anda dapat mengedit sertifikat dengan baik dan keren. Ya sertifikat harus menggambarkan permainan yang penuh dengan semangat ini.

Baca Juga: Nama Bagus untuk Game

3. Jangan Lupa Logo Mobile Legends dan Logo Penyelenggara

Jangan lupa untuk menyediakan logo Mobile Legend dan juga logo penyelenggara. Untuk logo Mobile Legend sendiri sudah tersedia banyak di internet baik itu di web ofisialnya atau di berbagai platform lain seperti Pinterest atau di pencarian Google.

Ingat untuk mengunduh logo dengan format PNG di mana tidak ada background di belakang. Jika Anda menggunakan format JPG maka nanti Anda harus menghapus latar belakangnya terlebih dahulu.

Untuk logo penyelenggara pasti sudah dimiliki sendiri-sendiri. Jika masih baru dan ingin membuat logo, Anda juga bisa memanfaatkan web atau aplikasi editing seperti yang telah disebutkan di atas. Letakkan logo Mobile Legend di kiri dan penyelenggara di kanan.

4. Gunakan Wallpaper yang Berbau Mobile Legend

Selanjutnya, untuk wallpaper sertifikat ada baiknya gunakan yang berbau mobile legend. Anda bisa menggunakan berbagai jenis gambar seperti hero. Gabungkan berbagai hero seperti hero Assasin, Tank, Fighter, Mage, dan Marksman.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fan art yang telah disediakan di web ofisialnya Mobile Legend. Anda juga bisa mendapatkan berbagai wallpaper yang ada di Google. Akan tetapi tetap hati-hati ditakutkan nanti ada hak ciptanya sehingga malah jadi urusan panjang.

Dengan menggunakan wallpaper yang berbau Mobile Legend, sertifikat Mobile Legend pun juga akan terlihat sangat keren. Tak seperti sertifikat pada umumnya yang monoton yang terlihat kuno.

5. Pastikan Tulisannya Menggunakan Font dan Warna yang Jelas

Karena kebanyakan wallpaper Mobile Legend itu warnanya gelap maka tulisannya harus jelas. Tak perlu menggunakan gaya tulisan yang aneh-aneh, gunakan yang paling mudah dibaca namun juga memiliki nilai seni yang bagus.

Pun jika ingin menggunakan gaya biasa seperti Times New Roman atau Arial pun tak masalah. Asalkan tidak menggunakan huruf latin atau yang sulit dibaca nantinya. Sertifikat Mobile Legend harus jelas dan tidak menimbulkan salah persepsi.

Selain itu, Anda pun juga harus menggunakan warna yang membuat tulisan tersebut terlihat. Misalnya jika wallpapernya itu gelap bisa menggunakan tulisan berwarna putih. Jangan malah menggunakan warna gelap hingga akhirnya tulisan menjadi tidak jelas.

6. Pastikan Bentuknya, Apakah E-Sertifikat atau Sertifikat Fisik

Selanjutnya, untuk membuat sertifikat Mobile Legend itu juga harus ditentukan apakah itu sertifikat fisik atau e-sertifikat. Keduanya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Apabila turnamen dilaksanakan secara tatap muka maka sebaiknya gunakan sertifikat fisik.

Namun, jika turnamen itu nanti dilaksanakan jarak jauh maka gunakan e-sertifikat. Kini kebanyakan pelaksana turnamen menggunakan e-sertifikat karena dianggap praktis dan bis digunakan selamanya.

Berbeda dengan sertifikat fisik di mana bisa terbakar atau rusak karena air. Namun, memang rasanya lebih mantap ketika diberikan sertifikat fisik. Saat foto bersama  nantinya pemenang bisa berfoto dengan sertifikat tersebut sehingga lebih bangga.

Yang terpenting buat kesepakatan terlebih dahulu dengan tim penyelenggara apakah akan dicetak atau hanya e-sertifikat. Pastikan jika memilih e-sertifikat nantinya tidak disalahgunakan, pastikan jika sertifikat fisik semuanya tetap aman.

7. Sebaiknya Suporter Semua Masuk di Sertifikat

Terakhir, jangan lupa semua suporter seperti sponsor atau siapa pun yang mendukung turnamen disematkan di bagian bawah. Tapi, jika terlalu banyak, Anda bisa memasukkan yang paling banyak berkontribusi saja.

Biasanya jika ada banyak sponsor itu hanya beberapa saja yang berkontribusi besar. Yang hanya berkontribusi kecil tak perlu dimasukkan. Misalnya turnamen tersebut didukung oleh pemerintah daerah maka masukkan di bagian bawahnya.

Hal ini juga akan menambah nilai sertifikat Mobile Legend serta menghormati para pendukung acara. Agar ketika turnamen dilaksanakan kembali mereka mau mendukung lagi.

Itu dia beberapa cara membuat sertifikat Mobile Legend yang baik dan menarik. Pilihan di atas tak semuanya harus dilakukan, hanya saja yang baik itu demikian. Tetap diskusikan dengan tim bagaimana yang terbaik.

Baca Juga: Cara Cheat Among Us

Share via
Copy link