Resetter Epson L120

Seiko Epson Corporation atau lebih dikenal dengan sebutan Epson, merupakan sebuah perusahan elektronik yang berpusat di Jepang. Perusahaaan ini fokus untuk memproduksi berbagai alat elektronik seperti printer, proyektor, scanner, dan masih banyak lagi.

Soal kualitas produk dari Epson ini sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi, maka jangan heran jika banyak sekali penggemar produk dari perusahaan asal Jepang tersebut. Nah di kesempatan yang baik kali ini, kita akan membahas tentang salah satu produk mereka yang bernama Epson L120.

Review Epson L120

resetter epson l120 terbaru

Sebelum membahas ke topik utama yakni review resetter Epson L120, ada baiknya anda kenalan terlebih dahulu dengan salah satu produk terlaris Epson tersebut.

Resetter epson ini adalah sebuah printer yang cukup laris dipasaran, hal ini tidak terlepas dari hasil cetaknya yang sangat baik serta harga yang dibanderol pun juga cukup terjangkau, sehingga cocok sekali untuk mereka yang memiliki usaha micro.

Epson L120 ini menggunakan konsep tinta tabung bukan tinta suntik, sehingga tentu akan memudahkan pengguna dalam mengisi ulang tinta tanpa perlu bantuan dari teknisi.

Yang namanya benda elektronik pastinya tidak luput dengan namanya error, dimana hal ini rupanya juga kerap kali menghampiri printer murah tersebut.

Pada saat Epson L120 ini error, biasanya dibarengi dengan adanya notifikasi berupa lampu indicator kertas yang berkedip.

Selain itu, biasanya notifikasi error ini juga muncul pada layar laptop atau PC pengguna yang terhubung pada printer tersebut.

Ada berbagai jenis pesan error yang muncul di layar laptop ini, tergantung dari jenis error yang terjadi.

Nah beberapa pesan error yang muncul ini biasanya seperti “it is nearly time to reset the ink levels”, “Ink waste is full”,”it is time to reset the ink levels”, “Service Required”, “Ink pad is at the end of its service live”, “Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life” dan masih banyak lagi.

Jenis Error Pada Priter Epson L120

Ada beberapa jenis error yang kerap kali terjadi pada jenis printer Epson L120, dan mungkin anda pernah mengalami salah satunya.

1. Printer Tidak Mau Menarik Kertas

Di dalam printer Epson L120 masalah ini bisa saja terjadi, tidak hanya di tipe ini saja namun pada tipe lain juga bisa juga muncul karena masih termasuk kedalam masalah yang biasa. Jika kertas printer ini tidak bisa ditarik masuk kedalam, maka proses cetak pun tidak akan bisa berjalan.

2. Lampu Printer Berkedip

Bagi anda yang memiliki printer Epson, pastinya paham lampu mana yang dimaksudkan berkedip ini.

Bukan lampu pada bagian tombol power, namun ada lampu yang berwarna orange apabila terjadi error pada printer tersebut maka ia akan bakalan berkedip terus hingga masalah teratasi.

3. Printer Tidak Bisa Mencetak

Untuk jenis error pada printer Epson L120 ini dimana kertas bisa ditarik masuk kedalam printer, hanya saja kadang hasilnya ini hanya lembaran kosong alias catridge tidak bekerjas semestinya untuk mentransfer gambar yang ingin dicetak.

Malahan dalam beberapa kasus, bisa juga kertas ini menyangkut didalam catridge printer sehingga menyebabkannya macet dan tidak bisa digunakan.

4. Printer Not Responding

Dari keterangannya saja tentu anda sudah ada gambaran, bagaimana masalah pada printer tersebut? not responding atau tidak merespon dimana sistem pada printer Epson L120 ini tidak mau bekerja.

Untuk masalah ini biasanya sumber permasalahan ada pada printer itu sendiri atau bisa juga penghantar data pada saat mencetak.

Penyebab Error Printer Epson L120

Sebelum anda menggunakan resetter Epson L120 ini, ada baiknya tahu dulu apa penyebab error yang terjadi pada printer tersebut. Karena pastinya setiap masalah yang terjadi ada solusi atau cara memecahkan masalahnya masing-masing.

1. Tinta Habis

Hal sepele, namun terkadang dilupakan oleh pengguna.  Jika printer Epson L120 ini tidak mau mencetak file, maka langkah pertama silahkan periksa isi tabung tinta dari printer anda tersebut, masih ada apa sudah kosong isinya.

Biasanya tabung printer ini tersedia 4 warna CMYK (Cyan,Magenta, Yellow, Black). Pastikan di setiap tabung tinta ini isinya masih ada, minimal 25% dari kapasitas tabung tersebut, jika habis maka pastinya printer anda tidak bisa melakukan proses cetak.

2. Catridge Kotor

Catridge ini memiliki peranan penting dalam proses cetak, karena memang alat inilah yang nantinya mentransfer data untuk dituangkan kedalam kertas putih nantinya.

Pastikan jika catridge pada Epson L120 ini tidak terhalang apapun, entah robekan kertas atau kotoran.

Jika hal itu terjadi maka catridge tidak akan bisa bekerja secara maksimal, dan solusinya ialah membersihkan catridge tersebut. Jika bisa dibersihkan sendiri tidak masalah, namun jika parah silahkan bawa ke Epson Center.

3. Roller Macet

Meskipun sepele, namun roller ini juga memiliki peranan penting dimana untuk memudahkan keluar masuknya kertas ke printer.

Jika salah satu roller ini macet karena terhalang sesuatu, maka proses cetak printer pun juga bakal terhalang.

3. Kabel USB Bermasalah

Kabel USB ini berperan untuk menghubungkan antara printer dengan perangkat PC atau Laptop.

Jika kabel ini bermasalah, maka proses transfer data ini pun juga bakal terganggu dan printer Epson L120 tidak bisa menjalankan tugasnya sesuai keinginan pengguna.

4. Sudah Melampaui Batas Cetak

Nah bagi pengguna printer Epson pertama kali mungkin belum paham dengan aturan ini. Jadi pada printer Epson, termasuk Epson L120 ini memiliki sebuah batasan atau limit cetak.

Untuk lebih singkatnya jika printer Epson L120 ini sudah mencapai batas maksimal cetak, maka anda tidak akan bisa memakinya untuk mencetak.

Dan disinilai peranan resetter Epson L120 mulai digunakan sebagai memecahkan masalahnya. Untuk jenis Epson L120 ini sendiri batas main pad counter ini mencapai 6207 poin.

Nah untuk mengetahui berada pada menu Waste Ink pad counter. Poin maksimal pada printer Epson ini tidak hanya dihitung berdasarkan jumlah kertas yang sudah dicetak saja.

Namun juga jenis dokumen yang sekiranya membutuhkan banyak tinta maka batas maksimal ini bakalan cepat terpenuhi.

Cara Reset Printer Epson L120

Dalam proses resetter Epson L120 ini ada dua metode yang bisa anda gunakan nantinya, kedua metode yang dimaksudkan ini adalah reset manual atau reset otomatis. Pastinya kedua langkah ini memiliki teknik masing-masing, simak ulasannya berikut ini.

Reset Manual Printer Epson L120

  • Pastikan printer anda dalam keadaan mati, cabut sumber daya kurang lebih selama 5 – 10 menit.
  • Setelah itu colokkan kembali kaberl daya dari printer Epson L120 tersebut, dan tekan tombol Power untuk menyalakannya.
resetter epson l120 gratis
  • Setelah printer sudah siap digunakan, silahkan tekno tombol Resume (dengan logo tinta) selama 5 detik, lalu lepaskan
  • Pada tahap ini, printer Epson L120 bakal melakukan proses reset nantinya
  • Jika proses ini nantinya berhasil, maka lampu indicator berwarna orange yang sebelumnya berkedip akan berhenti
  • Setelah itu silahkan anda coba melakukan proses cetak untuk mengecek apakah printer sudah berjalan normal apa belum

Reset Otomatis Printer Epson L120

Untuk melakukan tindakan ini, maka anda pun butuh aplikasi resetter Epson L120 terlebih dahulu nantinya.

Anda bisa download dulu aplikasi tersebut dilaman terpercaya. Nama aplikasi ini adalah Adjprog Epson L120, dimana ukuran file ini sendiri sangat kecil hanya 2,67 MB saja.

Setelah proses download tadi selesai, berikut ini proses untuk menjalankan aplikasi resetter Epson L120 yang bisa anda coba:

resetter epson l120 otomatis
  • Tap 2x pada icon adjprog.exe, atau bisa juga dengan cara klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih menu run as administrator
resetter epson l120 2021
  • Tap select, lalu silahkan anda pilih seri printer anda pada bagian kolom Model Name. 
  • Lalu pada bagian port SUB anda bisa pilih menu Auto Selection, lalu klik OK
  • Pada tab selanjutnya, silahkan tap menu Particular Adjusment Mode yang berada dibagian bawah
resetter epson l120 free download
  • Pilih Waste ink pada counter >> OK
  • Berikan tanda centang pada bagian menu Main pad counter, lalu klik Check. Tujuannya adalah untuk memeriksa jumlah poin dari printer Epson L120 anda tadi
resetter epson l120 online
  • Setelah itu berikan tanda centang kembali pada Main pad counter, lalu klik menu Initialize
  • Setelah proses reset ini selesai, nantinya bakal muncul notifikasi ‘Please Trun On dan Turn Off your printer’
  • Silahkan matikan printer beberapa saat, lalu nyalakan kembali
  • Jika nantinya lampu notifikasi pada printer ini tidak berkedip, maka proses reset Epson L120 ini berhasil dan anda bisa mencoba untuk mencetak lagi

Normalnya, jika masalahnya terdapat pada batas limit cetak, maka setelah anda menjalankan resetter Epson L120 ini maka printer bakalan berjalan normal dan bisa mencetak seperti saat anda baru pertama kali beli. 

Namun jika masalah atau penyebab kerusakan ini pada bagian catridge, maka anda perlu membawanya ke service center apakah bisa dibenahi atau perlu ganti yang baru.

Kelebihan Epson L120

1. Ukurannya Compact dan Ringkas

Printer Epson L120 ini memiliki desain bodi compact dan ringkas, selain itu bobotnya yang cukup ringan sehingga membuatnya mudah untuk dibawa kemana-mana.

Selain itu model Ink-Tank dari tipe printer ini membuat pengguna tak perlu khawatir tinta bakalan tumpah saat dipindahkan.

2. Hemat Pemakaian Tinta

Berkaca dari pendahulunya yakni Epson L110 yang memerlukan biaya Rp 30 per halaman warna, maka sebagai generasi penerus maka Epson L120 ini pun lebih hemat lagi nantinya.

3. Kecepatan Cetak Mengagumkan

Jika dibandingkan dengan printer lain dikelasnya, Epson L120 ini memiliki kecepatan cetak yang lebih baik yakni 8,5 IPM untuk warna hitam dan 4,5 IPM untuk full color. Dengan begini maka proses produksi pengguna pun lebih cepat.

4. Kualitas Cetakan Terjamin

Soal kualitas atau hasil cetak cari printer Epson L120 ini pun tak perlu diragukan lagi, bahkan pihak Epson berani menjamin hasil cetaknya dengan syarat memakai tinta original.

Kekurangan Epson L120

1. Fungsinya Hanya Sebatas Printer

Dari awal kali hadir Epson L120 ini memang diciptakan dengan fungsi tunggal saja, yakni mencetak dokumen saja. Untuk itu printer ini direkomendasikan bagi pengguna rumahan atau para siswa.

2. Resolusi Maksimal hanya 720 x 720 dpi

Kekurangan lain dari Epson L120 ini adalah resolusi maksimalnya hanya 720 x 720 dpi saja.

Tentu dengan resolusi tersebut membuatnya kurang recommended untuk mencetak foto pada kertas foto, namun jika sekedar foto dalam dokumen saja hasilnya lumayan.

3. Tidak Memiliki Fitur Automatic Duplex Printing

Yang terakhir, Epson L120 ini tidak memiliki kemampuan untuk mencetak bolak-balik secara otomatis, dengan begini untuk mencetak bolak-balik anda perlu melakukannya secara manual.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang resetter Epson L120 kali ini, semoga apa yang sudah kami bahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya.


Share via
Copy link