2 Cara Reset Canon IP2770, Anti Gagal Deh!

Teknokrad.com – Cara reset Canon IP2770 penting sekali untuk dipahami oleh Anda yang memilikinya. Dengan memahami cara reset dengan baik, Anda bisa menghindari berbagai jenis kerusakan yang umum terjadi pada seri printer Canon satu ini. Di Indonesia sendiri penggunanya memang sangat banyak.

Canon memang terkenal dengan produk printer yang tahan lama, penggunaan tinta yang hemat dan harga terjangkau. Tidak heran kalau kemudian produk ini cukup laris di pasar dalam negeri. Terlebih lagi di kalangan para pekerja kantoran dan pendidikan.

Penyebab Printer Canon Harus Direset

DIkutip dari berbagai sumber, ada banyak sekali sumber masalah yang membuat Anda harus mereset printer Canon. Penting sekali untuk memahami penyebabnya ini agar Anda bisa menghindari berbagai jenis resiko kerusakan yang mungkin muncul.

Jika Anda tidak memahami hal ini dengan baik, sudah tentu cara reset Canon IP2770 yang akan kami jelaskan di bawah tidak akan dipahami sepenuhnya. Lantas apa saja penyebab printer harus direset tersebut? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Absorber Full

Penyebab pertama kerusakan pada printer sehingga Anda harus meresetnya adalah absorber yang penuh. Absorber ini adalah perangkat yang memiliki fungsi untuk menyerap tinta yang terbuang setelah proses printing. Untuk mengatasi masalah satu ini caranya juga tidak sulit.

  • Sebelum Anda melakukan cara reset Canon IP2770 yang akan kami jelaskan, Anda cukup mematikan printer
  • Lalu tekan tombol resume pada canon IP2770
  • Sambil menekan tombol resume, tekan tombol power pada printer
  • Lalu setelahnya lepaskan tombol resume.
  • Tekan kembali tombol resume sebanyak 6 kali. Pada tekanan ke lima, Anda harus menekannya bersamaan dengan tombol power.
  • Setelah ini lepaskan semua tombol.

Dengan melakukan cara reset Canon IP2770 di atas, kami jamin printer Anda akan kembali berjalan seperti sedia kala.

2. Terdapat Kotoran di Dekat Roller

Penyebab lain yang membuat Anda harus melakukan reset pada printer adalah kotoran yang menumpuk di dekat roller. Ini akan membuat pencetakan dokumen terus menerus error karena pergerakan head terhalang oleh kotoran tersebut.

Ketika kondisi seperti ini terjadi, biasanya printer Canon Anda akan mengalami blinking atau lampu berkedip. Umumnya lampu orange berkedip tiga kali dan diikuti oleh kedipan lampu hijau sebanyak satu kali. Jangan langsung reset Canon IP2770 ketika menemukan kondisi seperti ini.

Cukup buka kap atas pada printer Anda. Kemudian lakukan pembersihan pada part roller sampai semuanya terlihat mengkilap. Bersihkan dengan menggunakan kain lembut, jangan menggunakan kertas atau tisu karena bisa membuat sumbatan semakin parah.

3. Pad Tinta Penuh

Penyebab lain yang membuat pengguna harus reset Canon IP2770 adalah pad tinta yang terlalu penuh. Kondisi seperti ini biasanya ditandai dengan 4 kali kedipan lampu orange dan 1 kali kedipan lampu hijau pada printer. Kondisi seperti ini memang sangat umum terjadi pada perangkat Canon IP2770.

Untuk mengatasi permasalahan satu ini, Anda memang harus melakukan reset perangkat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dari mulai menggunakan teknik manual hingga software resetter yang banyak tersedia di internet saat ini.

Baca Juga: Download Epson L120

4. Cartridge Rusak

Penyebab lain yang seringkali membuat orang melakukan reset Canon IP2770 adalah cartridge yang mengalami kerusakan. Ketika Anda mengalami kondisi seperti ini, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi cartridge itu sendiri.

Biasanya kondisi seperti ini ditandai dengan 5 kali kedipan lampu orange dan 1 kali kedipan lampu hijau. Untuk mengatasinya Anda hanya perlu membersihkan chip cartridge tersebut. Kalau catridge masih tidak terdeteksi, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

5. Ink Tank Full

Penyebab terakhir yang seringkali membuat orang melakukan reset Canon IP2770 adalah ink tank yang penuh. Kondisi seperti ini biasa ditandai dengan 7 kali kedipan lampu orange dan 1 kali kedipan lampu hijau. Ada yang pernah mengalaminya?

Tidak hanya pada Canon IP2770 saja, kondisi ini juga bisa terjadi pada printer lain yang sistem pembuangannya terbatas. Untuk mengatasi permasalahan satu ini, Anda hanya perlu membersihkan printer bagian bawah dengan penyerap lalu melakukan reset.

Cara reset Canon IP2770 Dari Awal Sampai Selesai

Ketika Anda hendak melakukan reset, ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan disini secara sistematis agar tidak ada kendala apapun di dalam prosesnya. Langsung saja simak tutorial berikut ini :

1. Masuk ke Mode Service

  • Siapkan printer Canon IP2770 dan laptop atau komputer.
  • Hubungkan printer ke komputer dengan USB. Namun pastikan printer ini ada dalam keadaan mati.
  • Kalau sudah, Anda bisa menekan tombol resume. Tahan selama beberapa detik saja.
  • Tanpa melepas tombol resume, tekan tombol power sampai indikator hijau menyala.
  • Lepaskan tombol resume, namun tetap tekan tombol power.
  • Kembali tekan tombol resume sebanyak 5 kali tanpa melepas tombol power.
  • Lepas semua tombol secara bersamaan. Lampu LED akan menyala berkedip dan lampu hijau akan menyala secara otomatis.
  • Cek pada laptop, kini sudah ada printer baru terdeteksi.

2. Mulai Proses Reset

  • Unduh resetter versi terbaru dan instalkan pada perangkat Anda.
  • Buka aplikasi, lalu masukkan beberapa lembar kertas ke printer Canon IP2770
  • Klik tombol MAIN pada aplikasi, printer akan mencetak data dengan tulisan D=000.0
  • Tekan tombol “EEPROM Clear” lalu klik “EEPROM” . Printer akan mencetak satu halaman lagi.
  • Restart printer Anda

Sampai disini, cara reset Canon IP2770 sudah selesai. Kini Anda hanya tinggal menggunakannya seperti biasa. Namun pastikan untuk menggunakannya dengan baik agar kerusakan tersebut tidak terjadi lagi. Jika langkah di atas tidak berjalan dengan sukses, sebaiknya Anda membawa printer ke service center terdekat.

Baca Juga: Cara Instal Printer Epson L120

Share via
Copy link