Power Bank 10000 mAh Tahan Berapa Lama? Ini Jawabannya

Teknokrad – Power bank mempunyai peranan penting untuk pengisian daya smartphone, khususnya ketika dalam kondisi darurat. Hal ini mengharuskan Anda teliti sebelum membeli power bank idaman. Namun, kini muncul pertanyaan, power bank 10000 mAh tahan berapa lama untuk smartphone dengan baterai 4000 mAh atau 5000mAh?

Power Bank 10000 Mah Tahan Berapa Lama?

Pertanyaan terkait kapasitas dan penggunaan power bank memang banyak bermunculan dari pengguna yang masih awam.

Salah satu contohnya adalah power bank dengan nilai 10000 mah mampu bertahan berapa lama? Jawabannya tentu harus dilakukan penghitungan sesuai daya pengisian yang terpakai.

Rata-rata power bank menggunakan tegangan 3,7 volt, sedangkan smartphone membutuhkan tegangan 5v untuk pengisian daya. Konversi tegangan dari kapasitas 10000 mAh adalah 10000 x 3,7 volt : 5 volt = 7400 mAh.

Nilai di atas masih harus terpotong lost power berkisar 10%, sehingga kapasitas realnya adalah 7400 mAh-740 mAh = 6660 mAh.

Jika digunakan untuk pengisian ponsel dengan baterai 4000 mAh, maka Anda hanya bisa mengisi 1 kali saja atau 2 kali namun tidak sampai kondisi penuh.

Rekomendasi Power Bank 10000 mAh Terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk power bank kapasitas 10000 mAh yang bisa Anda pertimbangkan. Selain berasal dari brand terkenal, produk di bawah ini sudah teruji kualitasnya sehingga calon pembeli tidak perlu khawatir.

1. Robot RT180

power bank robot 10000mah tahan berapa lama

Rekomendasi pertama datang dari brand Robot dengan nama produknya RT180. Jika dilihat secara sekilas, power bank berkapasitas 10000 mAh tersebut nampak ramping dan lebih kecil dibandingkan produk sejenisnya.

Keunggulan dari Robot RT180 yaitu sudah dilengkapi dengan 9 proteksi guna melindungi setiap perangkat saat pengisian daya.

Jumlah soket pada power bank ini ada 2 buah, di mana input 1 menggunakan tipe micro USB dan jalur input lain memakai USB type-C.

Daya maksimal yang mampu dikeluarkan oleh Robot RT180 adalah 2,1 A dengan tegangan 5 volt.

Oleh karenanya, jika muncul pertanyaan powerbank Robot 10000mAh tahan berapa lama, maka jawabannya adalah menyesuaikan kapasitas baterai yang diisi.

2. Jims Honey JHC-05

power bank jims honey 10000mah tahan berapa lama

Jims Honey memang belum begitu familiar di telinga para pengguna smartphone, namun kualitas dari produk tersebut patut dipertimbangkan. Salah satu produknya ialah seri JHC-05 yang mempunyai kapasitas 10000 mAh.

Powerbank tersebut dapat Anda beli hanya dengan membayar Rp 178 ribu saja. Walaupun dihargai cukup murah, produsen memberikan 5 pilihan warna berbeda yang sangat elegan dan menawan. JIms Honey JHC-05 juga mudah dibawa kemana-mana karena memiliki bobot 250 gram saja.

Menariknya lagi, Jims Honey menggunakan baterai jenis Polymer, sehingga daya bisa dikuras secara menyeluruh.

Artinya, jawaban atas pertanyaan power bank Jims 10000mAh tahan berapa lama ialah melebihi pesaing di kelasnya yang menggunakan baterai jenis Li-Ion.

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai HP

3. Remax RPP 96 Lango Series

Brand Remax pun turut menghadirkan produk power bank tipe RPP 96 Lango Series. Spesifikasi produk tersebut sama persis dengan Jims Honey.

Jenis baterai yang digunakan pun juga sama, yaitu Polymer, sehingga pemakaian menjadi lebih awet.

Walaupun mempunyai kapasitas dan spesifikasi serupa, Remax membandrol RPP 96 Lango Series hanya Rp 129 ribu saja.

Tegangan serta daya maksimal yang mampu dikeluarkan produk tersebut ialah 5 V/2,1 A.

4. Acmic F10PRO

Rekomendasi power bank bagus selanjutnya adalah Acmic F10Pro slim digital. Salah satu fitur unggulannya yaitu Quad core fast charging.

Selain itu, power bank tersebut juga dapat digunakan untuk pengisian daya meskipun unit masih dalam proses charging.

Acmic F10Pro juga sudah mendukung power delivery yang dapat mempercepat proses pengisian daya.

Terdapat VOOC dan smart Protection untuk melindungi setiap perangkat yang terhubung dengan power bank Acmic tersebut.

Berat dari Acmic F10Pro hanya 225 gram, sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Dimensinya pun terbilang kecil, yaitu 142, 8 mm x 67, 6 mm x 15, 2 mm. Produk tersebut dijual dengan harga Rp 799 ribu saja.

5. Aukey PB-Y36

power bank 10000 mah tahan berapa jam

Bagi Anda penikmat produk elektronik khususnya aksesori smartphone, maka tidak asing dengan brand Aukey.

Nama tersebut sudah sangat terkenal dengan kualitasnya yang bagus. Salah satunya adalah Auckey power bank PB-Y36 Sprint Go Mini.

Aukey PB-Y36 tidak hanya berfungsi untuk pengisian daya smartphone, namun juga dapat digunakan untuk earbud, smartwatch, dan sejenisnya.

Walaupun masih menggunakan baterai tipe Li-Ion, Aukey membuktikan kualitasnya dengan fitur power delivery, quick charge, dan fast charging.

Dimensi power bank tersebut juga masih dalam kategori kecil, yaitu 105 mm x 50 mm x 25 mm dengan berat 250 gram termasuk box.

Harga Aukey PB-Y36 adalah Rp 999 ribu. Terbilang mahal, namun hal itu sepadan dengan berbagai fasilitas yang ada didalamnya.

6. Baseus Magnetic Wireless Magsafe

Rekomendasi berikutnya adalah Baseus Magnetic Wireless Magsafe. Sesuai dengan namanya, ada fitur menarik yang dikhususkan untuk produk iPhone, yaitu wireless magnetic. Keunggulan lainnya yaitu power delivery, fast charging, dan quick charge.

Baseus Magnetic Wireless Magsafe sudah menggunakan baterai jenis Polymer, sehingga tidak banyak daya yang terbuang percuma.

Walaupun memiliki fasilitas beragam, power bank tersebut dibandrol dibawah Aukey, yaitu Rp 899 ribu saja.

Menariknya lagi, Baseus Magnetic Wireless Magsafe mampu mengeluarkan daya maksimal 20 watt.

Power bank tersebut juga dilengkapi dengan 3 jalur output guna kebutuhan mendesak. Lalu, untuk merk ini, power bank 10000mAh tahan berapa jam? Tentu kembali lagi tetap sesuai kondisi.

7. Hippo Elite Prime Gen 3

Hippo Elite Prime Gen 3 juga masuk dalam jajaran rekomendasi power bank terbaik dan patut Anda pertimbangkan.

Salah satu hal yang cukup menarik dari produk ini adalah kemampuannya mengisi daya power bank melalui 2 jalur input berbeda.

Berat dari Hippo Elite Prime Gen 3 hanya 236 gram dengan dimensi 144 mm x 68 mm x 17, 5 mm. Power bank ini juga sudah menggunakan baterai jenis Polymer, sehingga penggunaan daya menjadi lebih maksimal.

8. Tronsmart PB10

Rekomendasi berikutnya datang dari brand Tronsmart dengan produknya bernama PB10.

Salah satu keunggulannya adalah ukuran yang kecil, yakni sebesar kartu ATM. Hal ini tentu akan sangat menghemat tempat dan mudah dibawa kemana-mana.

Tronsmart PB10 dibandrol dengan harga Rp 280 ribu saja. Penggunaan baterai jenis Polymer tentu memberikan manfaat berupa penyerapan daya secara maksimal. Di samping itu, umur penggunaan power bank juga lebih panjang.

9. Orico K10000

Orico K10000 masuk dalam daftar rekomendasi power bank terbaik karena terbukti mempunyai kualitas yang bagus.

Salah satu keunggulan dari produk tersebut yaitu kemampuannya mengisi 3 perangkat sekaligus tanpa mengurangi daya yang dikeluarkan.

Power bank in juga mempunyai berat yang ringan, yakni 211 gram saja. Dimensinya pun terbilang mungil, yaitu 138 mm x 66 mm x 16 mm. Orico K10000 dapat Anda beli dengan harga Rp 310 ribu saja di marketplace kesayangan.

10. Samsung

Rekomendasi terakhir datang dari brand terkenal, Samsung. Fitur unggulan dari produk tersebut yaitu pengisian nirkabel (wireless) sehingga Anda tidak perlu repot menata kabel USB. Power bank in juga dibekali dengan fitur fast charging untuk pengisian lebih cepat dan efisien.

Tips Memilih Power Bank Terbaik yang Tahan Lama

Jika memperhatikan penjelasan diatas, tentu akan muncul pertanyaan sesuai harga power bank 10000mAh tahan berapa lama.

Jawabannya adalah bervariasi tergantung pada pemakaian dan perawatan dari pengguna itu sendiri. Berikut tips memilih power bank terbaik untuk smartphone kesayangan.

Sesuaikan Powerbank dengan Kapasitas Baterai Ponsel

Tips pertama adalah menyesuaikan kapasitas power bank dengan baterai ponsel yang dimiliki.

Hal ini sangat penting karena Anda membutuhkan efisiensi produk. Usahakan untuk membeli power bank dengan kapasitas minimal 2 kali lipat dari baterai ponsel.

Tujuan dari penyesuaian tersebut adalah daya yang tersimpan di power bank dapat digunakan di lain waktu.

Salah satu contoh, ponsel yang dimiliki berkapasitas 4000 mAh, maka setidaknya pilihlah power bank dengan kapasitas 10000 mAh atau diatasnya.

Jangan Tertipu dengan Harga

Pernahkah Anda mendengar istilah ‘harga membawa rupa/kualitas’? Pada dasarnya pernyataan tersebut memanglah benar.

Harga mahal dikarenakan kualitas material yang tertanam di dalam power bank merupakan pilihan dan terjamin mutunya.

Banyak produk power bank ditawarkan di pasaran dengan harga yang sangat murah. Nilai kapasitasnya pun terbilang besar dan melebihi produk originalnya. Jangan sesekali untuk membeli produk tersebut jika tidak ingin kecewa di belakang.

Samakan Nilai Arus Powerbank dengan Smartphone

Tips terakhir adalah menyamakan nilai arus power bank dengan spesifikasi smartphone yang digunakan.

Jika arus yang masuk terlalu kecil dari yang seharusnya dibutuhkan ponsel Anda, maka pengisian akan berjalan sangat lama.

Hal itu berlaku pula jika arus yang masuk melebihi kemampuan dari smartphone. Umur baterai akan menjadi lebih pendek.

Artinya, smartphone Anda menjadi lebih rentan mengalami kerusakan yang berpotensi merembet dari komponen satu ke komponen lainnya

Demikian pembahasan tentang Power Bank 10000 Mah Tahan Berapa Lama dan juga rekomendasinya, jangan lupa setiap hendak membeli pastikan bahwa perangkat Anda kompatibel.

Share via
Copy link