4 Perbedaan Windows 10 Home dan Pro, Wajib Tahu!

Teknokrad.com – Seperti yang kita tahu, sistem operasi Windows 10 hadir dalam beberapa versi. Masing-masing versi tentu memiliki keunggulan tergantung skala penggunaannya. Artikel ini tidak akan membahas semua versi tersebut. Akan tetapi hanya fokus pada 2 hal saja, yaitu perbedaan Windows 10 Home dan Pro.

Sebagian besar dari kita mungkin tidak tahu perbedaan mendasar antara kedua versi Windows 10 tersebut. Biasanya, kita hanya memperhatikan hal-hal umum seperti tampilan antar muka, tampilan desktop, atau menu di pengaturan. Untuk mengetahui apa saja perbedaan keduanya, silakan simak artikel berikut ini.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Sebelum mengetahui adanya perbedaan antara Windows 10 Home dan Pro, mungkin kita tidak akan bingung saat ingin mengupgrade OS Windows di laptop atau PC. Akan tetapi, setelah mengetahui bahwa keduanya ada perbedaan, kita justru menjadi bingung. Agar tidak bingung, berikut ulasan perbedaannya:

1. Fitur-Fiturnya

Salah satu perbedaan Windows 10 Home dan Pro yang paling kentara adalah dari sisi fitur-fitur yang diusungnya. Kedua versi Windows 10 tersebut memang sebagian besar memiliki tampilan hingga fungsi yang nyaris sama, tetapi sebenarnya ada beberapa fitur yang berbeda.

Fitur-fitur tersebut memang tidak akan terasa bagi mereka yang menggunakan Windows untuk kegiatan ringan. Namun, bagi penggunaan yang lebih luas seperti pada perkantoran, area bisnis, atau sejenisnya, maka perbedaan ini akan sedikit terasa. Adapun perbedaan Windows 10 Home dan Pro antara lain:

Windows 10 HomeWindows 10 Pro
Tidak ada fitur Assigned AccessTerdapat fitur Assigned Access
Tidak ada fitur Windows Update for BusinessTerdapat fitur Windows Update for Business
Tidak ada fitur BitLockerTerdapat fitur BitLocker
Tidak ada fitur Hyper-VTerdapat fitur Hyper-V
Tidak ada fitur Remote DesktopTerdapat fitur Remote Desktop

Dari tabel di atas dapat disimpulkan jika Windows 10 Pro memiliki keunggulan dibanding versi Windows 10 Home. Jika Anda ingin membeli Windows untuk keperluan kantor dan bisnis, maka opsi Windows 10 Pro bisa menjadi yang terbaik. Sebaliknya, untuk penggunaan personal bisa menggunakan versi Home.

Fitur-fitur di atas mungkin belum banyak diketahui oleh pengguna Windows. Untuk itu, silakan simak penjelasan dari masing-masing fitur di atas berikut:

  • Assigned Access: Fitur ini menjadi salah satu fitur keamanan yang ada di Windows 10 Pro. Nantinya, pengguna bisa membuat akun Windows sekunder yang hanya menampilkan beberapa aplikasi yang diizinkan saja dan membatasi akses ke akun utama.
  • Windows Update for Business: Mereka yang bekerja di bidang IT biasanya memanfaatkan fitur ini untuk menunjang aktivitasnya. Windows update for Business sendiri memberikan layanan pembaruan berbasis cloud sehingga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.
  • Hyper-V: Bagi pengguna Windows personal, nama fitur satu ini mungkin sama sekali belum pernah terdengar. Ya, fitur Hyper-V umumnya memang digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk melakukan virtualisasi server dalam rangka peningkatan utilisasi infrastruktur perusahaan.
  • BitLocker: Dibanding fitur-fitur lainnya, fitur satu ini bisa jadi lebih familiar di telinga pengguna Windows. Meski begitu, BitLocker hanya bisa ditemukan untuk Windows 10 versi Pro. Kegunaannya adalah untuk mengenkripsi drive komputer agar tidak mudah diakses orang lain.
  • Remote Desktop: Remote Desktop adalah perbedaan Windows 10 Home dan Pro yang terakhir. Fitur ini berfungsi untuk melakukan kontrol jarak jauh atau secara virtual. Tentu saja fitur ini hanya bisa ditemukan pada Windows 10 versi Pro dan biasanya digunakan oleh kalangan profesional.

Baca Juga: 3 Cara Masuk Safe Mode Windows 7 via MsConfig, Cmd, dll

2. Tingkat Keamanan

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro berikutnya terletak pada tingkat keamanannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Windows 10 Pro memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding versi Windows 10 Home. Salah satunya adalah fitur BitLocker.

BitLocker dapat membuat Drive di PC terenkripsi atau dikunci sehingga orang yang tidak memiliki akses tidak akan bisa membukanya. Selain itu, Windows 10 Pro juga memiliki fitur Enterprise Data Protection. Fitur ini akan melindungi data-data dalam komputer melalui sistem enkripsi yang sangat aman.

3. Harga

Dari segi harga, kedua versi Windows 10 ini juga memiliki perbedaan. Dengan fitur yang lebih lengkap, wajar jika lisensi Windows 10 Pro dihargai lebih mahal dibanding versi Home. Berdasarkan data terakhir, lisensi Windows 10 Pro dibanderol  dengan harga sekitar Rp 3 juta.

Sedangkan untuk Windows 10 Home, harga lisensinya berada di kisaran Rp 2,5 juta. Perbedaan Windows 10 Home dan Pro dari segi harga ini juga untuk menargetkan pengguna yang berbeda, yaitu Windows 10 Pro untuk kalangan profesional atau perkantoran  dan Windows 10 Home untuk penggunaan personal.

4. Pengaturan pada Windows Update

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro selanjutnya terletak pada pengaturan di Windows Update. Windows update sendiri adalah fitur bawaan Windows yang memungkinkan perangkat melakukan update secara otomatis. Dengan adanya fitur ini, Windows akan selalu up to date jika terhubung ke internet.

Inilah yang juga menjadi salah satu kelebihan dari Windows 10 Pro dibanding dengan versi Windows 10 Home. Pada versi Pro, kita bisa mengatur waktu untuk melakukan update. Jika sedang tidak ingin melakukannya, kita juga bisa menunda update sampai 35 hari lamanya.

Kini, sudah jelas review perbedaan Windows 10 Home dan Pro dilihat dari beberapa aspek di atas. Dapat kita lihat bahwa Windows 10 Pro memiliki spesifikasi yang lebih baik karena memang tujuan penggunaannya adalah untuk skala korporasi. Sedangkan Windows 10 Home digunakan untuk tujuan personal.

Baca Juga: 5 Cara Reset Password Windows 10 via Pengaturan, dll

Share via
Copy link