Hydrogel Screen Protector: Kelebihan dan Perbedaannya

Teknokrad.com – Selain hardcase, sebuah smartphone juga memerlukan screen protector untuk melindungi layarnya dari benturan. Tidak jarang kasus HP jatuh yang layarnya tidak pecah karena adanya pelindung di depannya. Saat ini, ada cukup banyak jenis pelindung layar, salah satunya adalah Hydrogel Screen Protector.

Jika sebelumnya kita lebih mengenal tempered glass sebagai pelindung layar pada smartphone, kini jenis hydrogel menjadi alternatif pelindung layar yang tidak kalah tangguhnya. Apa itu hydrogel dan manakah yang terbaik sebagai pelindung layar smartphone? Untuk tahu jawabannya, silakan simak artikel berikut.

Perbedaan Hydrogel Screen Protector dan Tempered Glass

Jenis hydrogel sebagai bahan pelindung layar memang masih cukup baru di dunia gadget. Meski begitu, jenis ini tidak kalah ampuh dengan tempered glass yang lebih dulu kita kenal. Berikut ini adalah beberapa review perbedaan antara tempered glass dengan hydrogel screen protector:

1. Bahan Pembuatan

Perbedaan pertama terletak pada material atau bahan pembuatannya. Jika tempered glass dibuat dengan bahan yang kuat dan kokoh berupa lempengan kaca dan juga perekat, maka hydrogel memiliki bahan berbeda. Hydrogel terbuat dari bahan TPU yang kuat namun juga elastis.

Bahan tersebut juga dilengkapi dengan fitur anti gores yang membuatnya tetap mulus meski bergesekan dengan benda seperti jarum, paku, atau benda-benda runcing lainnya. Inilah yang disebut menjadi salah satu keunggulan hydrogel screen protector dibanding tempered glass.

2. Daya Tahan

Secara fungsi, bahan hydrogel sangat tangguh dalam melindungi layar dari berbagai jenis goresan. Namun, untuk menahan benturan yang cukup keras, rasanya bahan ini belum bisa sebaik tempered glass. Seperti yang kita tahu, bahan tempered glass sedikit lebih tebal dan juga kokoh.

Sedangkan untuk hydrogel screen protector memiliki tebal yang lebih tipis sehingga benturan yang akan tetap berdampak pada layar smartphone. Meski begitu, dampak ke layar tidak begitu besar jika benturannya ringan. Untuk itu, pilihlah pelindung layar yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di WA

3. Tampilan

Untuk tampilan, hydrogel screen protector tidak akan menghilangkan kecerahan layar pada smartphone yang menggunakannya. Dengan begitu, layar AMOLED atau apapun jenis layar lainnya tetap akan mendapatkan warna aslinya setelah menggunakan pelindung layar jenis ini.

Hal ini berbeda dengan beberapa tempered glass karena beberapa kasus terjadi perubahan warna atau tampilan ketika berada di bawah sinar yang terlalu terang seperti saat di bawah sinar matahari. Jika Anda ingin mendapat perlindungan layar tanpa mengubah tampilannya, maka jenis hydrogel bisa dipilih.

4. Responsivitas Sentuhan

Meski tidak terlalu jauh berbeda, namun hydrogel screen protector agaknya memiliki tingkat responsivitas yang lebih baik dibanding tempered glass. Dengan ketebalan yang hanya 100 nano meter, pelindung layar hydrogel dapat nerespon semua sentuhan sama baiknya seperti tanpa pelindung.

Hal itu akan terasa pada saat menekan bagian kecil pada layar seperti saat bermain game yang mengharuskan pemain untuk memilih satu ikon kecil yang saling menempel. Pada saat menggunakan sarung tangan juga akan lebih responsif dibandingkan tempered glass yang notabene lebih tebal.

5. Harga

Dari segi harga, hydrogel screen protector rata-rata memang sedikit lebih mahal dibanding tempered glass. Namun, tempered glass dengan kualitas terbaik juga diberi harga yang tinggi. Meski begitu, hydrogel termasuk layak untuk diberi harga tinggi mengingat kemampuan perlindungannya juga bagus.

Selain itu, hydrogel juga memiliki kenyamanan saat digunakan, baik itu dari segi tampilannya yang jernih atau sensitivitasnya yang tidak ada bedanya dengan tanpa pelindung. Meski bari, pelindung layar jenis ini sudah banyak dijual di toko aksesoris di luar sana.

Kelebihan dan Kekurangan Hydrogel Screen Protector

Dari pembahasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa pelindung layar hydrogel memiliki sejumlah kelebihan dibanding pelindung layar jenis lain. Meski begitu, ada juga kekurangan yang membuatnya tidak setangguh tempered glass. Berikut adalah beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari Hydrogel:

1. Kelebihan Hydrogel

  • Dibanding tempered glass, hydrogel screen protector tidak mudah pecah atau retak karena sifatnya yang elastis dan bukan berupa kaca pelindung.
  • Bahannya tipis sehingga bisa menyesuaikan bentuk smartphone, bahkan untuk smartphone dengan layar melengkung. Berbeda dengan tempered glass yang terkadang menyisakan bagian tepi yang sedikit lebar.
  • Memiliki fitur Anti Glare yang tidak akan memantulkan cahaya sekalipun berada di terik sinar matahari.
  • Bahan hydrogel screen protector tidak akan mengurangi sensitivitas layar smartphone.
  • Memiliki fitur Auto Self Repair, yaitu dapat memperbaiki sendiri kerusakan akibat pukulan atau goresan.
  • Tidak menimbulkan bekas sidik jari.
  • Tidak membuat perubahan warna pada layar sehingga tampilan asli dari smartphone akan benar-benar terlihat.
  • Tidak menimbulkan rainbow effect pada layar.
  • Saat pemasangannya memang berpotensi menimbulkan gelembung. Akan tetapi gelembung tersebut bisa hilang dengan sendirinya selama beberapa jam.

2. Kekurangan Hydrogel

  • Bahan yang tipis membuatnya kurang optimal menahan benturan dibanding tempered glass, meskipun layarnya mungkin tidak sampai pecah.
  • Proses pemasangan lebih susah dibanding tempered glass karena sifatnya yang lentur dan ditempel menggunakan lem. Jika bagian atas sudah menempel tetapi posisinya miring, maka kita harus melepaskan lagi bagian yang sudah menempel tersebut untuk memperbaiki posisinya.
  • Harganya lebih mahal dibandingkan rata-rata harga tempered glass.

Kesimpulan

Melindungi layar smartphone adalah satu hal yang cukup penting karena layar sebuah smartphone adalah bagian terpenting dari smartphone itu sendiri. Tempered glass merupakan pelindung layar yang bagus, namun hydrogel screen protcetor lebih unggul di beberapa aspek. Karena itu, pilihan ada di tangan Anda.

Baca Juga: 7 Merk HP Terbaik dan Terbaru dengan Spek Pro!

Share via
Copy link