Mudah Banget, Begini Cara Menjalankan Epson Resetter L120

Epson L120 ini merupakan printer kelas entry level yang banyak dipilih oleh mereka pemilik usaha mikro, selain karena kecepatan cetaknya namun juga harganya yang terjangkau jadi alasan. Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang aplikasi Epson Resetter L120 yang perlu anda miliki.

Kenapa perlu memiliki aplikasi tersebut? karena nantinya ada masa dimana printer Epson L120 anda ini  mengalami error dan aplikasi tersebut akan menjadi penolong anda nantinya. Dimana aplikasi ini diciptakan secara khusus untuk mengatasi masalah pada printer.

Review Epson L120

Sebelum membahas tetang Epson Resetter L120, anda harus sedikit paham mengenai printer yang anda gunakan tersebut. Epson L120 ini merupakan jenis printer yang diciptakan secara khusus untuk mencetak dokumen.

Dengan kata lain, jika anda ingin mencetak foto menggunakan printer ini sangat tidak direkomendasikan karena hasilnya tidak akan bisa optimal. Hal ini dikarenakan printer Epson L120 ini hanya memiliki resolusi 720 x 720 dpi saja, sementara untuk mencetak foto agar hasilnya maksimal harus minimal memiliki resolusi 4800 x 1200 dpi.

Sejumlah Masalah yang Terjadi Pada Printer Epson L120

Sebagai benda elektronik yang digunakan untuk bekerja, tentu terjadi error ini adalah sebuah hal yang wajar dan bisa dimaklumi. Karena bagaimana pun ini sudah waktunya, bahkan printer yang sama sekali tidak digunakan dalam jangka waktu lama juga bisa mengalami kerusakan.

Itulah sebabnya, jika kebetulan anda tidak memiliki tugas maka tetap gunakan printer untuk mencetak apapun itu dengan tujuan sekedar untuk menghidupinya saja. Meskipun sederhana, hal ini adalah salah satu upaya perawatannya.

Berikut ini sejumlah masalah yang terjadi pada printer Epson L120 maupun tipe lainnya yang mungkin anda alami, diantaranya:

1. Paper Jam

epson resetter l120 gratis

Masalah pertama adalah paper jam, dimana masalah ini adalah pada saat anda mencetak menggunakan printer tiba-tiba macet ditengah prosesnya. Macet ini ada dua penyebabnya, entah karena catridge berhenti di tengah-tengah proses cetak atau karena kertas rusak didalam printer sehingga menghambat jalan dari catridge tersebut.

Tentu masalah ini tidak bisa diabaikan begitu saja, karena jika hal ini terus berlanjut dan diabaikan maka dikhawatirkan bisa merusak Noozle yang terletak di head printer.

2. Waste ink pad counter

Beberapa tipe printer membutuhkan tempat sisa pembuangan tinta saat proses cetak berlangsung, nah anda harus paham juga mengenai hal tersebut apakah tersedia pada printer anda apa tidak. Jika memang ada, maka sering kali anda periksa apakah tinta buangan ini sudah penuh apa belum, apabila sudah penuh sebaiknya segera anda buang karena hal ini juga bisa menyebabkan printer berhenti bekerja.

3. Ink level

epson resetter l120 terbaru

Untuk kasus ini, biasanya adalah minta reset tinta atau pengisian ulang. Usahakan jangan sampai tinta didalam printer Epson L120 ada ini sampai kehabisan, karena hal ini juga bisa merusak catridge nantinya, membuatnya jadi kering dan tak bisa digunakan.

Beberapa masalah di atas tadi bisa anda atasi dengan cara melakukan reset pada printer tersebut, dan untuk melakukan hal ini dibutuhkan aplikasi Epson Resetter L120.

Resetter epson ini memang diciptakan untuk melakukan reset pada perangkat printer, tujuannya adalah mengatasi berbagai permasalah yang ada pada printer sehingga membuatnya seperti membeli baru lagi.

Untuk aplikasi download resetter Epson L120 ini sendiri bisa anda temukan dengan mudah di dunia maya, karena ada banyak sekali laman yang menyediakan aplikasi tersebut. Namun disarankan anda mengunjungi laman terpercaya atau minimal anda bisa menyimak review maupun komentar dari pengunjung lain sebelum dan setelah menggunakannya.

Cara Reset Epson L120

Seperti yang sudah disinggung diatas tadi, jika untuk melakukan reset printer Epson L120 ini anda butuh aplikasi Epson Resetter L120. Dimana silahkan anda download terlebih dahulu aplikasi tersebut, setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Setelah aplikasi resetter Epson L120 di download, buka folder anda menyimpan file tersebut
  • Sebelumnya sambungkan dulu PC dengan printer Epson L120 yang ingin anda reset
  • Klik kanan pada file dengan nama adjprog.exe, lalu pilih menu Run as administrator
  • Tap menu Select, dan silahkan anda masukkan tipe printer anda yakni Epson L120
  • Pada bagian Port USB silahkan anda masukkan Auto Selection, lalu klik OK
  • Setelah proses diatas selesai, silahkan anda klik menu Particular Adjusment Mode
  • Lalu cari menu Waste ink pad counter pada bagian maintenance, dan klik OK
  • Selanjutnya silahkan anda berikan tanda centang pada bagian menu Main pad counter
  • Lalu klik menu Check
  • Setelah itu berikan tanda centang lagi pad amenu Main pad counter, dan klik menu Initialize dibagian pojok kanan bawah
  • Setelah proses selesai, akan muncul notifikasi dengan pesan jika ada notifikasi untuk mematikan printer, maka lakukan dan nyalakan kembali printer tersebut

Setelah proses diatas tadi selesai, langkah selanjutnya anda bisa coba untuk melakukan print kembali apakah sudah berjalan normal apa masih ada kendala seperti masalah yang disebutkan diatas tdi.

Seharusnya dengan anda melakukan tutorial reset pada printer Epson L120 ini, maka kinerja printer ini sudah bisa berjalan normal apabila memang masalah yang ada ini disebabkan pada sistem atau software didalamnya. Namun jika masalah yang terjadi pada bagian perangkat kerasnya, maka anda perlu melakukan service terlebih dahulu nantinya.

Jika kebetulan printer Epson L120 anda masih dalam masa garansi, maka bisa dimanfaatkan untuk melakukan service pada perangkat anda tersebut. Jika anda ingin memperbaikinya sendiri, maka menggunakan aplikasi Epson Resetter L120 ini bisa diandalkan untuk mengatasi masalahnya.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang Epson Resetter L120 kali ini, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Share via
Copy link