Check Coverage Apple Hanya dengan 2 Langkah

Setiap pengguna dan calon pengguna produk Apple, wajib tahu gimana cara check coverage Apple. Jadi kalau suatu saat salah satu produk Apple yang digunakan rusak, pengguna nggak perlu keluar banyak uang untuk biaya servis, tapi bisa diperbaiki dengan klaim garansi.

Produk Apple yang dimaksud disini mencakup iPhone, Apple Watch, macBook, iPad, iPod, dan juga Apple TV. Hal yang sama juga berlaku nih untuk calon pengguna yang akan membeli produk Apple second. Sebaiknya beli yang masa garansinya masih ada supaya nggak rugi-rugi banget kalau nanti ada kerusakan.

Gimana Sih Cara Check Coverage Apple?

Gimana Sih Cara Check Coverage Apple?

Caranya gampang banget kok, bahkan untuk seseorang yang baru pertama kali menggunakan produk Apple, cara check coverage Apple bisa banget dicoba sendiri tanpa harus repot minta bantuan teman apalagi sampai harus pergi ke Apple Authorised Reseller atau telepon call center.

Cara check coverage Apple cukup dengan ikuti dua langkah mudah di bawah ini:

1. Cek Serial Number

Langkah paling pertama yang harus dilakukan untuk check coverage berbagai produk Apple adalah cari tahu dulu serial number dari produk tersebut. 

Jadi seperti semua produk dari merk-merk lain, masing-masing jenis produk Apple dan setiap unitnya pasti punya serial number alias nomor seri kalau dalam bahasa Indonesia. Selain sebagai tanda pengenal dan pengaman, salah satu fungsi lain dari nomor seri dari produk Apple adalah untuk check coverage Apple. 

Baca Juga: Cara Setting APN Telkomsel di iPhone

Jadi, perusahaan Apple memberikan garansi pada setiap unit produknya bukan dalam bentuk garansi kertas atau dokumen, yang nantinya kalau pengguna ingin klaim garansi harus diisi dokumen tersebut lalu dikirim ke alamat tertentu misal ke Apple Authorised Reseller di negara masing-masing.

Masa garansi Apple bisa dicari tahu dengan check coverage Apple, dan cara check coverage adalah lewat nomor seri. Lalu cara untuk tahu nomor seri produk Apple tergantung jenis produknya adalah sebagai berikut:

Perangkat iOS

Buka menu Settings / Pengaturan > pilih sub menu Umum / General > pilih About / Tentang dan cari tulisan Serial Number. Kombinasi angka dan huruf yang terlihat acak yang ada di sebelah kanan tulisan Serial Number tadi harus dicopy dengan cara tab dan tahan layar di bagian tersebut.

Ada juga nih cara alternatif lain, yaitu dengan ketik kode rahasia dari menu dial atau menu yang bisa digunakan untuk telepon. Langkah-langhnya adalah: 

  • Buka menu Telepon yang ada di perangkat (menu warna hijau dengan ikon / gambar telepon)Menu ini biasa ada di bagian kiri bagian bawah layar yang merupakan salah satu menu default.
  • Sekarang ketik kode *#06#, lalu tab ikon telepon seperti saat akan menelepon seseorang. 
  • Selanjutnya layar akan menampilkan sederet angka dan kombinasi huruf yang merupakan IMEI atau nomor seri dari perangkat iOS tersebut.

MacBook

Klik logo Apple dan pilih About This Mac > pilih Overview > klik dua kali dan gunakan shortcut Command + C untuk menjalankan perintah copy pada serial number MacBook.

Perangkat Apple Watch / Jam Tangan Apple

Khusus Apple watch, ada tiga cara nih yang bisa digunakan untuk cek nomor serinya sebelum nantinya check coverage Apple, yaitu:

  • Buka menu Settings dan pilih General, lalu pilih sub menu About. Daftar yang muncul di dalam menu About salah satunya ada serial number atau IMEI. 
  • Bisa juga cek dengan aplikasi Watch yang sudah ada di iPhone dan sinkron dengan Apple Watch. Cara ceknya dengan buka aplikasi dan pilih My Apple Watch > pilih General dan klik About > lalu cari IMEI atau Serial Number.
  • Cara lainnya adalah dengan cek fisik dari Apple watch itu sendiri, tepatnya di bagian belakang jam tangan, atau di bagian slot tali jam tangan. Kalau pakai cara kedua berarti tali jam tangan harus dilepas dulu.

Apple TV

Nggak jauh beda dengan beberapa cara sebelumnya, cara cek nomor seri Apple TV sebelum check coverage Apple  adalah masuk dulu ke menu Settings, lalu pilih General, dan Serial Number bisa ditemukan di dalam menu About.

Sebagai informasi tambahan, nomor seri dari Apple TV Remote atau Siri Remote sama dengan nomor seri dari Apple TV lho, jadi bisa juga di cek dengan buka menu Settings > pilih Remotes and Devices > pilih Remotes. 

Kalau kedua cara sebelumnya terlalu ribet misal, nomor seri dari TV premium ini juga bisa ditemukan di fisik perangkat di bagian bawah. Jangan lupa gunakan senter atau pencahayaan lain karena perangkat bersifat reflektif.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Pembuat PPT di hp iPhone Terbaik

2. Check Coverage Apple

Nah, kalau nomor seri dari produk Apple yang akan dicek coverage-nya sudah ditemukan, sekarang saatnya check coverage Apple itu sendiri dengan cara berikut:

  • Copy atau tulis nomor seri tadi, lalu buka situs resmi garansi Apple lewat browser apa saja, dari laptop atau smartphone. Alamat situsnya adalah https://checkcoverage.apple.com/. 
  • Masukkan nomor seri tadi ke kolom kecil di bawah tulisan Enter your serial number.
  • Selanjutnya ketik kode captcha yang ada di layar, dan klik tombol biru dengan tulisan Continue. 
  • Sekarang layar akan menampilkan informasi sesuai dengan kondisi masing-masing produk, apakah sudah lewat masa garansi atau belum.

Cuma perlu dua langkah untuk check coverage Apple seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jadi kalau suatu saat pembaca Teknokrad ingin membeli produk Apple dengan kondisi second, salah satu cara mengetahui kondisi aslinya seperti apa adalah dengan check coverage Apple supaya kalau ada kerusakan bisa dapat garansi.

Baca Juga: Cara Upgrade iOS 14

Share via
Copy link