2 Cara Upgrade Android via OTA dan Rooting

Teknokrad.com – Informasi tentang cara upgrade Android juga perlu kamu ketahui. Dimana smartphone dengan operating systems Android lebih banyak dimiliki dan digunakan oleh masyarakat Indonesia. Mungkin karena lebih familiar penggunaannya serta harganya lebih terjangkau.

Sistem operasi Android di dalam smartphone tersebut ternyata juga perlu diupgrade. Dalam arti, diupgrade ke versi yang lebih tinggi dari sebelumnya. Nah, disini akan dijelaskan secara gamblang cara mengupgradenya beserta informasi lainnya yang tidak kalah menariknya.

Untuk itu, simak terus tutorial berikut ini.

Kenapa Android Perlu Diupgrade?

Sebuah sistem operasi seperti Android tentu juga ada kekurangan atau kelemahannya. Salah satunya dapat diketahui dari jumlah fitur yang bisa digunakan dan dimanfaatkan dalam smartphone.

Selain itu, seiring perkembangan zaman juga harus diperbarui sistem operasinya agar lebih canggih dan modern. Hal tersebut tidak dapat dilepaskan dari persaingan di bidang yang sama. Dimana Android mempunyai pesaing utamanya, yaitu sistem operasi iOS.

Maka dari itu, pihak developer Android hampir tiap tahun selalu mengeluarkan upgrade sistem operasi yang dapat diaplikasikan pada smartphone terbarunya. Biasanya, bertepatan dengan perilisan produk terbaru smartphone di pasaran.

Pada saat itu juga, diperkenalkan upgrade Android terbaru yang sudah diaplikasikan di produk smartphone tersebut. Tujuan utama dari upgrade sistem operasi Android adalah mendapatkan fitur-fitur baru yang pastinya belum ada di versi sebelumnya.

Dengan fitur-fitur tersebut, kamu bisa melakukan berbagai hal baru yang lebih seru dan menyenangkan melalui smartphone yang sudah diupgrade Androidnya. Oleh karena itu, upgrade Android memang direkomendasikan untuk kamu sekalian.

Terutama kamu yang ingin memiliki smartphone dengan fitur-fitur baru. Meskipun tidak memiliki smartphone terbaru versi Android, tetapi kamu yang sudah mengupgrade sistem operasinya dapat memanfaatkan semua fitur terbarunya.

Baca Juga: Check Coverage Apple Hanya dengan 2 Langkah

Bagaimana Cara Upgrade Android yang Direkomendasikan?

Kamu sekalian yang membaca web Teknokrad dan memiliki smartphone Android dapat melakukan upgrade sistem operasinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Kamu juga tak perlu membawa smartphonemu ke counter handphone hanya untuk mengupgrade Androidnya.

Meskipun dapat mengupgrade Android sendiri, tetapi kamu tidak boleh melakukannya sembarangan. Pasalnya, jika ada masalah dalam prosesnya atau langkah upgradenya salah, tidak menutup kemungkinan sistem operasi Android yang ingin diupgrade akan rusak.

Jika sistem operasinya rusak, tentu saja smartphone milikmu tidak dapat digunakan karena diibaratkan otak dalam tubuh manusia. Maka dari itu, sebaiknya kamu membaca dan memahami dulu cara upgrade Android yang direkomendasikan berikut.

Secara umum, cara upgrade Android dapat dilakukan melalui OTA, dan Rooting. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca cara upgrade Android seperti berikut:

1. Cara Upgrade Android Melalui OTA

Diketahui OTA merupakan singkatan dari Over the Air. Maksudnya, jaringan internet melalui saluran udara, seperti Wifi atau sejenisnya. Kamu dapat memanfaatkan OTA untuk mengupgrade Android di smartphonemu.

Sengaja dipilih Wifi karena proses pengunduhan dan penginstalan sistem operasi Android yang ingin diupgrade melibatkan file yang cukup besar. Jika mengandalkan kuota internet, mungkin kamu harus menyiapkan cukup besar. Oleh karena itu, dipilih menggunakan Wifi.

Adapun cara atau langkah-langkah mengupgrade Android di smartphonemu sebagai berikut.

  1. Siapkan smartphonemu terlebih dulu. Jangan lupa untuk menghubungkannya ke jaringan internet Wifi. Dengan begitu, kamu dapat mengakses internet tanpa menggunakan kuota internet.
  2. Selanjutnya, klik menu Setting atau pengaturan. Lalu, scroll ke bawah dan cari menu About Phone atau tentang perangkat. Jika sudah ketemu, kamu klik saja ikonnya.
  3. Setelah itu, klik Update. Pada halaman tersebut akan dimunculkan kalimat Software Update atau System Firmware Update.
  4. Kamu tap Check for Updates atau Periksa Pembaruan. Dengan begitu, smartphonemu akan mencari pembaruan sistem yang ada disitu.
  5. Klik Update jika ada sistem update yang tersedia. Biasanya, tombol atau ikon akan muncul di bagian atas menu.
  6. Setelah itu, pilih Instal sehingga smartphonemu akan memulai proses mengunduh dan menginstal sistem operasi Android yang terbaru. Tunggu saja hingga prosesnya selesai karena file unduhannya cukup besar.
  7. Setelah prosesnya selesai, smartphonemu akan merestart secara otomatis agar sistem operasi yang sudah diupgrade dan baru saja terinstal dapat bekerja optimal. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan lagi smartphonemu.

2. Cara Upgrade Android Melalui Rooting

Apa itu Rooting? Perlu kamu ketahui Root biasanya dilakukan pada gadget atau perangkat bersistem operasi Android. Tujuan utama dari Rooting adalah mendapatkan akses penuh pada sistem operasi Android di gadget yang dipakai.

Dengan Rooting tersebut, kamu sebagai penggunanya dapat lebih leluasa melakukan beragam hal untuk gadgetmu. Salah satunya adalah mengupgrade Android di dalamnya. Ada cara khusus mengupgrade Android melalui Rooting untuk smartphone milikmu.

Sebelum melakukannya, sebaiknya kamu membackup dulu data di smartphonemu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah itu, kamu dapat mempraktikkan cara upgrade Android melalui Rooting dengan beberapa langkah sebagai berikut.

  1. Kamu perlu browsing atau Googling terlebih dulu untuk mencari software Root yang akan digunakan karena harus disesuaikan dengan jenis dan tipe smartphonemu. Setelah menemukannya, silahkan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi Root tersebut di PC atau laptopmu.
  2. Selanjutnya, hubungkan smartphonemu dengan PC atau laptop yang sudah diinstal aplikasi Root tersebut menggunakan kabel USB.
  3. Lalu, buka aplikasi Root yang sudah diinstal. Kamu dapat melakukan Rooting di smartphonemu dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  4. Setelah selesai Rooting, restart dulu smartphonemu. Sekarang, kamu sudah memiliki smartphone dengan sistem operasi Android terbaru.

Kamu sudah mengetahui beberapa cara upgrade Android yang dapat dipraktikkan sekarang juga. Jika dalam prosesnya ada kendala, kamu dapat memulainya lagi dari awal. Kamu bisa berkonsultasi kepada orang yang lebih memahami caranya. Selamat mencoba.

Baca Juga: Cara Update Android

Share via
Copy link