4 Cara Meredupkan Layar laptop dengan Mudah dan Praktis

Teknokrad.com – Saat menggunakan laptop di ruang yang minim cahaya, kita akan cenderung meredupkan layar agar tidak terlalu silau saat dilihat. Hal ini juga penting untuk mencegah mata mengalami kerusakan akibat paparan layar laptop yang lebih terang dari ruangan. Untuk itu, kita harus tahu cara meredupkan layar laptop.

Tidak perlu khawatir, artikel kali ini akan coba menjelaskan bagaimana cara mengatur tingkat kecerahan layar Windows sehingga kita bisa menyesuaikannya dengan kondisi pencahayaan yang ada di sekitar. Oleh karena itu, silakan simak artikel ini sampai akhir agar tak ketinggalan semua informasinya.

Cara Meredupkan Layar Laptop

Meredupkan layar laptop tidak hanya bisa dilakukan dengan satu cara saja, tetapi ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Hal ini tentunya akan mempermudah kita pada kondisi-kondisi tertentu seperti saat mouse rusak, atau tombol keyboard tidak bisa digunakan, dll. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. Melalui Pengaturan Screen Brightness

Salah satu halaman pengaturan yang digunakan untuk mengatur tingkat kecerahan layar laptop adalah halaman pengaturan Screen Brightness. Halaman ini juga dapat mengatur berapa lama layar akan menyala jika tidak digunakan, serta mengatur mode performa tinggi atau hemat daya di Windows XP/7/8.

Cara meredupkan layar laptop melalui halaman Screen Brightness cukup mudah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, silakan arahkan kursor ke sistem tray Windows di sudut kanan layar.
  • Klik kanan pada ikon baterai, lalu pilih opsi Adjust Screen Brightness.
  • Setelah halaman pengaturan terbuka, akan ada slider untuk mengatur kecerahan layar yang ada di posisi paling bawah. Silakan atur kecerahan layar dengan menggesernya ke kiri atau ke kanan.
  • Selesai.

Halaman pengaturan Screen Brightness juga bisa diakses melalui Control Panel. Seperti yang kita tahu, Control Panel berisi tentang berbagai pengaturan software maupun hardware di dalam laptop/PC. Untuk melakukannya, silakan ikuti petunjuk di bawah ini:

  • Klik tombol Start Windows.
  • Kemudian klik ikon Control Panel.
  • Setelah masuk ke halaman Control Panel, silakan ubah tampilannya menjadi Small Icon di bagian kanan atas layar.
  • Setelah itu, pilih opsi Windows Mobility Center.
  • Nantinya, akan ada menu pop-up yang menampilkan beberapa pengaturan. Silakan atur kecerahan dengan menggeser slider pada opsi Screen Brightness.
  • Selesai.

2. Melalui Keyboard

Cara meredupkan layar laptop berikutnya adalah menggunakan kombinasi tombol yang ada di keyboard. Berbeda dengan PC, keyboard pada laptop dirancang untuk bisa melakukan tugas-tugas tertentu, salah satunya adalah untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, temukan tombol Fn pada laptop yang digunakan.
  • Setelah itu, temukan juga tombol dengan simbol lampu/matahari. Simbol ini biasanya ada 2, yaitu disertai simbol + (plus)dan – (minus).
  • Untuk meredupkan layar laptop, silakan tekan secara bersamaan tombol Fn dan tombol lampu/matahari – (minus).
  • Sebaliknya, untuk mencerahkan layar tekan saja secara bersamaan tombol Fn dan tombol lampu/matahari + (plus).
  • Selesai.

Cara meredupkan layar laptop dengan kombinasi tombol ini akan berbeda-beda antara merek laptop satu dengan yang lainnya. Untuk itu, kita perlu memperhatikan letak tombol tersebut di laptop yang digunakan. Sebagian besar laptop Acer, biasanya menaruh tombol Brightness di bagian anak panah.

Sementara untuk laptop dengan merek lain seperti Asus, Dell, atau Lenovo, biasanya menaruh tombol tersebut di antara tombol F1 hingga F12. Silakan sesuaikan kombinasi tombol tersebut untuk mengatur kecerahan layar laptop.

Baca Juga: Gak Pakai Ribet, Begini Cara Menggunakan Keyboard Test Portable di Laptop dan PC

3. Melalui Kombinasi Tombol Windows + X

Selain menggunakan tombol Fn, cara meredupkan layar laptop juga bisa dilakukan melalui kombinasi tombol Windows + X. Kombinasi tombol ini akan memunculkan beberapa menu dasar Windows seperti mematikan komputer, membuka Task Manager, membuka jendela, Explorer, dll.

Kombinasi tombol ini tidak hanya digunakan pada beberapa Windows saja, tetapi bisa dilakukan untuk Windows 7,8, hingga 10. Berikut ini adalah cara meredupkan layar laptop melalui kombinasi tombol Windows + X pada keyboard di laptop:

  • Silakan klik kombinasi tombol Windows + X. Cara ini bisa dilakukan kapan saja, baik saat sedang membuka browser, membuka folder, berada di halaman desktop.
  • Setelah menekan kombinasi tombol tersebut, akan muncul beberapa opsi. Silakan pilih opsi Mobility Center.
  • Selanjutnya, beberapa pengaturan tentang laptop seperti kecerahan layar, suara, status baterai, dan lain-lain akan muncul. Untuk meredupkan layar laptop, silakan geser slider ke arah kiri pada opsi Display Brightness.
  • Selesai.

Tutorial cara meredupkan layar laptop (monitor) melalui menu Personlaize di atas tampaknya hanya ada di Windows 7 ke bawah karena di versi terbaru, yaitu Windows 8 dan 10, tampilan Personalize sudah mengalami sedikit perubahan.

4. Klik Kanan pada Desktop Windows 10

Di Windows 10, saat kita klik kanan pada bagian kosong di desktop akan ada opsi untuk masuk ke pengaturang Display Settings. Pengaturan ini menyediakan opsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Untuk mengaksesnya, silakan ikuti petunjuk berikut:

  • Silakan arahkan kursor pada bagian kosong di Desktop.
  • Setelah itu, klik kanan pada mouse dan pilih opsi Display Settings.
  • Jika sudah, jendela baru akan terbuka. Silakan pilih bagian Brightness and Color, lalu geser slider untuk mengatur tingkat kecerahan layar.
  • Jika sudah, klik tombol Close di sudut kanan atas.
  • Selesai.

Dari penjelasan di atas, kita kini tahu jika cara meredupkan layar laptop bukanlah hal yang sulit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik itu menggunakan cara manual dari dalam Windows, maupun menggunakan kombinasi tombol yang ada di keyboard laptop yang kita gunakan.

Baca Juga: 2 Cara Serlok Lokasi di WA dan Platform/Medsos Lain

Share via
Copy link