4 Cara Menyimpan Foto di Google Drive via HP dan PC

Cara menyimpan foto di Google Drive cukup mudah dipelajari karena hanya butuh beberapa klik. Cara ini sebenarnya perlu dipelajari setiap orang terutama pemilik smartphone yang tertarik dengan dunia fotografi dan secara otomatis pasti punya jumlah koleksi foto yang lebih banyak dari orang kebanyakan.

Selain diciptakan sebagai alat komunikasi, hp di jaman sekarang memang sangat serbaguna karena juga bisa menjadi TV, radio, untuk main game, browsing, mendengarkan musik, dan bahkan menjadi pengganti kamera. Kalau memori sudah penuh, cara menyimpan foto di Google Drive adalah salah satu solusinya.

Gimana Cara Menyimpan Foto di Google Drive?

Selain untuk membuat ruang penyimpanan lebih lega karena sebagian foto dipindahkan ke Google Drive, cara ini juga jadi antisipasi kalau foto-foto di hp nggak sengaja terhapus, atau bahkan hp itu sendiri hilang.

Pasti sayang banget kan kalau foto-foto kenangan yang penuh kesan ikut hilang juga? Makanya penting banget nih untuk tahu gimana cara menyimpan foto di Google Drive.

Kalau foto-foto penting itu sudah ada di Google Drive, nantinya bisa diakses dari perangkat lain juga lho, jadi nggak harus dari hp yang sama. Bisa dibuka juga dari PC, laptop, dan smartphone lain apapun yang konek dengan akun Google yang sama. Tutorial cara menyimpan foto di Google Drive adalah sebagai berikut:

1. Cara Menyimpan Foto di Google Drive dari Perangkat Android

  • Pertama, smartphone Android harus punya dulu aplikasi Google Drive ya, yang bisa di download gratis dari Google Play Store. Kalau sudah di download dan terinstal, buka aplikasi Google Drive lalu klik ikon + yang biasanya ada di bagian bawah sebelah kanan.
  • Selanjutnya pilih menu dengan gambar anak panah ke atas yang menjadi simbol upload.
  • Setelah muncul daftar menu di sisi kiri layar hp, sekarang tab opsi Picture / Gambar, lalu pilih foto mana saja yang ingin dimasukkan ke Google Drive.
  • Kalau sudah, klik tombol Ok untuk konfirmasi dan secara otomatis foto akan terupload ke Google Drive.
  • Bukan cuma foto, file lain seperti video dan audio juga bisa lho ditambahkan ke Google Drive dari perangkat Android. Caranya dengan memilih Video atau Audio di bagian daftar menu yang ada di sisi kiri layar tadi.

Baca Juga: 3 Alternatif Situs Selain Okedrive, Ini Reviewnya!

2. Cara Menyimpan Foto di Google Drive dari iPhone

Sobat Teknokrad, meskipun layanan Google lebih akrab dengan perangkat Android, tapi smartphone dengan sistem operasi iOS juga bisa kok menggunakan berbagai layanan Google, yang salah satunya adalah Google Drive tadi.

Meskipun iPhone sebenarnya sudah punya iCloud yang jadi tempat penyimpananya, tapi belajar cara menyimpan foto di Google Drive dari iPhone juga bisa banget dipelajari jadi kalau nanti penyimpanan di iCloud penuh, foto-fotonya bisa disimpan ke Google Drive.

Proses cara menyimpan foto di Google Drive dari iPhone sangat mudah dan cepat hanya dengan beberapa kali klik (tergantung seberapa banyak foto yang ingin disimpan ke Drive). Kalau tertarik mencoba, sekarang ambil iPhone Anda dan ikuti dua langkah berikut:

  • Mirip dengan di Android tadi, aplikasi Google Drive harus ada di iPhone, yang kalau belum ada bisa download dari App Store.
  • Selanjutnya, cari foto atau video dari galeri iPhone yang ingin disimpan ke Google Drive. Kalau sudah menemukan satu foto misal, klik ikon tanda panah ke atas yang ada di sisi kiri bawah layar iPhone dan pilih Save to Files, lalu pilih Google Drivesebagai tempat untuk menyimpan foto tadi.

Sebagai catatan, Google Drive akan membutuhkan akses ke galeri foto yang ada di iPhone supaya foto-foto yang sudah dipilih bisa disimpan.

Jadi, pastikan sebelum melakukan langkah-langkah di atas, Anda sudah lebih dulu memberikan izin ke aplikasi Google Drive. Kalau belum tahu caranya, buka menu Settings di iPhone dan pilih Privacy, lalu pilih Photos dan klik opsi Google Drive.

3. Cara Menyimpan Foto di Google Drive dari Android Secara Otomatis

Cara ini akan lebih mudah untuk pengguna Android karena nggak perlu melakukan penyimpanan secara teratur seperti cara pertama tadi. Cukup lakukan langkah-langkah di bawah ini satu kali dan secara otomatis semua foto yang ada di Android akan tersimpan selalu ke Google Drive.

  • Buka aplikasi Google Drive di Android dan masuklah ke bagian Settings.
  • Pilih sub menu Backup and Reset / Cadangkan dan Reset.
  • Aktifkan tombol Backup to Google Drive / Cadangkan ke Google Drive dengan cara tab tombol yang ada di sebelah kanan tulisan tersebut sampai tombol berwarna biru.
  • Selanjutnya pilih akun Google Drive yang ingin dijadikan tempat menyimpan kalau akun Anda kebetulan lebih dari satu.
  • Kalau sudah, klik tombol Back Up Now / Cadangkan Sekarang untuk memulai back up pertama dan selanjutnya sudah akan di back up otomatis tanpa perlu memencet tombol apapun.

4. Cara Menyimpan Foto di Google Drive dari Laptop / PC

Google Drive adalah aplikasi multiplatform jadi bisa banget diakses dari perangkat apa saja asal bisa konek ke internet. Kalau koleksi foto dan/atau video ada di laptop atau PC, maka simpan ke Google Drive dengan langkah-langkah berikut:

  • Login dulu ke akun Google Drive, dan setelah di bagian beranda, klik tombol New yang ada di sisi kiri atas layar.
  • Klik opsi Upload Files dan setelah terbuka jendela baru, pilih foto mana saja yang ingin dimasukkan ke Google Drive dengan klik satu foto atau langsung block banyak foto sekaligus.
  • Kalau sudah memilih, klik tombol Open dan secara otomatis foto yang sudah dipilih tadi akan masuk ke Google Drive.

Sebenarnya ada banyak pilihan layanan berbasis cloud selain Google Drive, tapi aplikasi satu ini dinilai lebih serbaguna dan terlebih lagi gratis. Karena itu banyak orang mencari tahu bagaimana cara menyimpan foto di Google Drive dari berbagai perangkat termasuk smartphone dan laptop.

Baca Juga: 2 Cara Menghapus File di Google Drive di HP, PC/Laptop

Share via
Copy link