2 Cara Mengukur Jarak di Google Maps dari HP dan PC

Bagi orang yang sering bepergian, misalnya untuk urusan kantor, atau memang suka traveling, maka tahu cara mengukur jarak di Google Maps sangat dibutuhkan nih. Tahu jarak dari satu tempat ke titik tujuan akan memberikan gambaran tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan.

Jangan salah, cara mengukur jarak di Google Maps yang satu ini beda dengan menggunakan Google Maps saat akan pergi dari titik ke titik lain seperti yang biasanya dilakukan banyak orang. Cara yang akan dijelaskan di bawah ini bisa untuk mengukur jarak di banyak tempat sekaligus lho.

Cara Mengukur Jarak di Google Maps

Meskipun nggak semua orang tahu cara mengukur jarak di Google Maps, tapi hampir semua orang sepertinya sudah tahu tentang fitur petunjuk arah yang ada di Google Maps.

Fitur ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk pergi ke suatu tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya supaya nggak nyasar dan nggak perlu banyak nanya ke orang lain di jalan.

Selain memberikan arah, fitur ini juga secara otomatis juga sudah menampilkan informasi jarak dari kedua tempat dan waktu tempuhnya, baik dengan kendaraan sepeda motor, mobil, atau bahkan kereta. Tapi selain fitur ini, Google Maps juga punya fitur pengukur jarak.

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Email Baru di HP dan Komputer, Pasti Jadi

Hasil pengukurannya cukup akurat dan hasilnya juga lebih detail. Cara mengukur jarak di Google Maps gampang banget nih, cukup dengan menarik garis lurus dari satu titik ke titik lain, atau dari satu titik ke beberapa titik lain sekaligus. Supaya lebih jelas, ikuti tutorial langkah-langkah di bawah ini:

1. Cara Mengukur Jarak di Google Maps dari iPhone dan Android

  • Langkah pertama, buka dulu aplikasi Google Maps yang sudah ada di smartphone.
  • Langkah kedua dari cara mengukur jarak di Google Maps adalah menentukan lokasi yang ingin dituju / didatangi / yang ingin diukur jaraknya. Misalnya lokasi yang ingin diukur adalah dari rumah ke sebuah mall bernama My Mall.
  • Biasanya secara otomatis, lokasi Google Maps saat ini adalah di titik dimana pengguna sedang berada. Jadi kalau pengguna sedang di rumah, maka bisa langsung pin lokasi rumah dengan tekan dan tahan sampai muncul pin berwarna merah.
  • Nah, kalau pin merah sudah muncul, maka bagian bawah layar akan muncul tulisan Dropped pin. Sekarang klik tulisan tersebut dan akan muncul tampilan lain yang lebih detail dari lokasi rumah pengguna (atau lokasi lain yang sudah dipilih).
  • Pada tampilan lain yang muncul tadi, klik tulisan Measure Distance (kalau settingan bahasanya Indonesia maka tulisannya adalah “Mengukur Jarak”).
  • Kalau tulisan tadi sudah di klik, sekarang di peta akan muncul sebuah lingkaran kecil yang diikuti dengan garis putus-putus yang pangkal garis ini adalah lokasi rumah pengguna.
  • Sekarang arahkan lingkaran kecil tadi ke lokasi yang ingin dituju misalnya My Mall tadi, dan peta akan secara otomatis menampilkan jarak dari kedua lokasi tersebut.
  • Jaraknya ditampilkan di sisi bawah bagian kiri layar. Jarak ini akan secara otomatis bertambah atau berkurang sesuai dengan tarikan garis dari pengguna.
  • Lalu kalau ingin tahu cara mengukur jarak di Google Maps untuk tiga lokasi berbeda atau lebih, maka pengguna hanya perlu menambahkan lokasi lain dengan klik ikon + di dalam lingkaran warna biru yang ada di sisi bawah layar bagian kanan, yang di bawah lingkaran ini ada tulisan Add point.
  • Kalau sudah klik ikon tadi, sekarang tarik lagi lingkaran dengan garis putus-putus tadi ke lokasi ketiga yang ingin dituju. Kalau ingin menambah lagi lokasi lain, cukup klik Add point lagi dan lakukan cara yang sama.

Sebagai catatan tambahan, saat klik tombol Add point tadi, pastikan kalau gambar lingkaran kecil dengan garis putus-putus sudah berada di titik yang akurat di lokasi yang sebelumnya dipilih tadi ya, supaya hasil pengukuran jaraknya juga bisa akurat.

2. Cara Mengukur Jarak di Google Maps dari Laptop / PC

  • Kalau perangkat yang digunakan kebetulan adalah PC / laptop, maka langkah pertama adalah buka dulu salah satu browser yang biasa digunakan dan masuklah ke halaman Google Maps di alamat https://www.google.com/maps
  • Sekarang di dalam peta, tentukan lokasi yang akan menjadi titik awal pengukuran.
  • Lalu di lokasi tersebut, klik kanan dan setelah muncul daftar menu drop down, pilihlah Measure distance.
  • Langkah berikutnya dalam cara mengukur jarak di Google Maps di laptop adalah mengarahkan kursor ke lokasi kedua lalu klik kiri satu kali.
  • Secara otomatis kedua lokasi tadi akan terhubung dengan garis dan bersamaan dengan itu akan muncul jarak dari keduanya, yang ditampilkan dalam satuan km.
  • Kalau ingin menambah lokasi ketiga, maka arahkan lagi kursor ke lokasi yang dimaksud dan klik lagi kiri satu kali, maka garis penghubung akan muncul lengkap dengan jaraknya.
  • Kalau ingin berganti titik lokasi awal dan mengukur jarak dari lokasi lain, maka klik dulu tanda X yang ada di bagian tengah bawah layar (yang ada di dalam kolom Measure distance), baru kemudian cari lokasi lain dengan mengulang langkah-langkah di atas.

Sobat Teknokrad, cara mengukur jarak di Google Maps dari smartphone atau laptop sama-sama mudah. Bedanya kalau di aplikasi seluler, garis penghubung / garis putus-putus sudah muncul otomatis bersama dengan gambar lingkaran kecil, yang akan otomatis ikut ke arah jari pengguna bergerak.

Tapi kalau di laptop / PC, garisnya baru akan muncul setelah lokasi kedua di klik. Jadi jangan bingung kalau saat lokasi awal di Google Maps laptop sudah di pin tadi garis putus-putusnya nggak muncul.

Cara mengukur jarak di Google Maps pada penjelasan di atas bisa banget dipraktekkan di lokasi / titik manapun di dunia. Jadi kalau sedang pergi liburan atau ada di dinas ke luar negeri, fitur pengukuran jarak ini bisa banget dimanfaatkan supaya perjalanan jadi lebih efisien.

Baca Juga: Cara Membuat Email Lewat HP Android Termudah

Share via
Copy link