2 Cara Mengubah Nama Email dari 2 Perangkat Berbeda

Sahabat Teknokrad, ingin tahu cara mengubah nama email? Hanya butuh beberapa langkah sederhana kok. Bahkan untuk pemilik email baru sekalipun, cara mengubah nama email termasuk super mudah dan dijamin nggak menyita waktu karena prosesnya hanya dalam hitungan detik, asalkan sudah punya nama pengganti ya.

Nama dan alamat email sendiri akan jadi hal pertama yang dilihat orang saat mereka menerima email dari Anda. Jadi sebaiknya nama email nggak dibuat asal apalagi terkesan alay dan nggak profesional. Tapi kalau namanya sudah terlanjur kurang pas, bisa bangte kok untuk dibuah.

Nama Email vs. Nama Pengguna

Sebelum membaca soal cara mengubah nama email, yuk bedain dulu apa itu nama email dan apa itu nama pengguna atau biasa disebut username. Sebagian orang rupanya masih menganggap kalau keduanya sama padahal sebenarnya cukup berbeda lho.

Jadi, nama email atau yang dikenal juga dengan sender name (nama pengirim) adalah nama yang ditampilkan saat pemilik email mengirim email ke orang lain, yang biasanya diakhiri dengan @gmail.com atau @yahoo.com tergantung email apa yang digunakan.

Sedangkan nama pengguna atau username adalah nama dari akun email Anda yang ngga ada tambahan @gmail.com atau @yahoo.com. Kalau ingin tahu nama email dan nama pengguna, Anda login email lewat browser, lalu setelah masuk, klik foto profil akun email Anda yang biasanya ada di sudut kanan atas layar.

Nah, sekarang akan muncul kolom kecil yang menampilkan foto profil dan tepat di bawah foto ada nama pengguna, lalu di bawahnya lagi ada nama email yang disertai @gmail.com atau @yahoo.com.

Baca Juga:Cara Membuat Email Lewat HP Android Termudah

Cara Mengubah Nama Email

Setelah tahu apa berbedaan nama email dan nama pengguna email, sekarang mari mulai pelajari bagaimana cara mengubah nama email hanya dalam hitungan detik. Sebagai catatan,  tutorial cara yang akan dijelaskan di bawah adalah dengan menggunakan email dari Google ya, alias Gmail.

Tapi secara keseluruhan, email lain (misalnya Hotmail, Microsoft Outlook.com, atau Yahoo Mail) biasanya juga punya langkah-langkah yang nggak jauh beda dalam tata cara mengubah nama email, jadi nggak perlu bingung kalau kebetulan email yang digunakan bukan Gmail. Jadi, inilah langkah-langkahnya:

1. Cara Mengubah Nama Email dari PC atau Laptop

Dibanding dari perangkat lebih kecil seperti smartphone, mengubah nama email dari perangkat yang layarnya besar akan lebih mudah karena punya langkah-langkah yang lebih simpel seperti berikut:

  • Langkah pertama tentunya harus login dulu ke akun Gmail Anda lewat browser Chrome. Kalau sudah, klik ikon persegi empatyang terdiri dari titik-titik yang ada di bagian atas layar sebelah kanan, lalu pilih Gmail.
  • Kalau ingin lebih simpel dan cepat, setelah login tadi bisa langsung copy paste alamat https://mail.google.com/mail/u/0/ ke browser lalu tekan Enter untuk langsung masuk ke Gmail.
  • Langkah selanjutnya dalam cara mengubah nama email adalah klik gambar roda bergerigi yang ada di layar atas sebelah kanan (ada di dekat foto profil email). Gambar ini adalah menu Settings email. Setelah klik Settings, klik tombol dengan tulisan See all settings / Lihat semua setelan.
  • Kalau sudah masuk ke halaman Settings, sekarang klik tulisan Accounts and Import / Akun dan Impor. Selanjutnya scroll layar ke bawah sedikit sampai melihat tulisan Send Mail as / Kirim email sebagai.
  • Selanjutnya klik tulisan Edit info warna biru yang ada di sebelah kanan Send Mail as tadi, dan akan muncul jendela baru tempat Anda bisa mengganti nama email.
  • Sekarang ketik nama email baru yang diinginkan dan kalau sudah klik tombol Save Changes. Nama email akan langsung ganti dalam beberapa detik.

2. Cara Mengubah Nama Email dari Smartphone

Kalau ingin tahu cara mengubah nama email saat login dari smartphone, maka bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Gmail yang sudah terinstal di smartphone dan masuklah ke bagian settings dengan cara tab tanda tiga baris yang ada di layar kiri bagian atas, lalu tab menu Settings yang ada di barisan paling bawah.
  • Pada halaman selanjutnya, tab tulisan Manage your Google Account dan setelah layar berganti, tab kategori Personal Infoatau Profil.
  • Sekarang cari bagian Name dan klik tanda panah arah kanan agar bisa memasukkan nama email yang baru. Kalau sudah klik tombol Save warna biru, dan selesai.

Cara Mengubah Nama Akun Google

Nama akun Google atau yang disebut dengan nama pengguna tadi juga bisa diubah lho, jadi selain tahu cara mengubah nama email, Anda juga perlu tahu cara mengganti nama pengguna supaya kalau suatu saat ingin mengganti nama yang lebih profesional untuk pekerjaan bisa dilakukan dengan gampang.

Langkah-langkahnya cukup simpel dan cepat tapi agak beda dengan langkah-langkah sebelumnya, yaitu:

  • Masuklah ke akun Gmail seperti cara yang sudah dijelaskan di atas, lalu masuk ke https://myaccount.google.com/personal-info.
  • Pada daftar menu yang ada di sebelah kiri, klik opsi Data dan Privasi. Lalu di bagian kolom Info Dasar, klik bagian Nama dan halaman akan mengarahkan Anda ke kolom edit nama pengguna.
  • Ketik nama pengganti yang sebelumnya sudah disiapkan, dan klik tombol Simpan kalau sudah selesai.
  • Selain nama pengguna, pemilik email juga bisa mengubah hal lain seperti informasi kontak (nomor telepon dan email back up), password email, dan lainnya. Tinggal klik saja kolom yang sesuai.

Tata cara mengubah nama email di atas hanya bisa dipraktekkan oleh pemilik akun Gmail biasa ya, yang belakangnya disertai @gmail.com. Sedangkan untuk akun Google Suite bisa menghubungi admin untuk mengubah nama.

Baca Juga: 3 Alternatif Situs Selain Okedrive, Ini Reviewnya!

Share via
Copy link