7 Cara Memperkuat Sinyal Wifi Agar Stabil dan Lancar

Internet sebagai sebuah kebutuhan yang mendesak bahkan tergolong primer adalah sebuah fakta yang sulit untuk dibantah. Kemana-mana dan dimana-mana orang zaman sekarang menggunakan koneksi internet wifi. Beragam cara memperkuat sinyal wifi pun dicari agar koneksi internet selalu lancar stabil.

Internet nirkabel memang menyediakan kemudahan bagi penggunanya. Tidak perlu colok sana-sini dan kecepatannya pun tinggi. Sayangnya, internet wifi ini terkenal memiliki kekurangan pada jangkauan sinyal dan koneksinya mudah terbagi. Jika wifi yang digunakan banyak yang masuk, pasti speed pasti terganggu.

Daftar Cara Memperkuat Sinyal Wifi Speed Cepat Stabil

Jika sinyal wifi lemah, Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk memperkuat sinyal tersebut. Memperkuat sinyal wifi berarti Anda membuat koneksi internet lebih terasa tanpa gangguan DC. Memperkuat sinyal bukan berarti membuat speed internet menjadi lebih cepat dari yang disediakan ISP.

Berikut adalah tutorial cara memperkuat sinyal wifi yang bisa Anda terapkan jika sinyal wifi di tempatmu lemah.

Baca Juga: Cara Upgrade DANA Premium Manual, 100% Berhasil!

1. Lakukan Restart dan Reboot

Melakukan restart dan reboot secara berkala merupakan aktivitas dan trik yang bisa Anda terapkan. Dengan melakukan kedua hal tersebut, performa pemancar wifi akan lebih optimal. Restart dan reboot biasanya dilakukan jika kualitas sinyal dan kecepatan internet mengalami gangguan, termasuk melambat.

Hal tersebut bisa menjadi solusi jika masalah terjadi. Lebih baik, Anda bisa melakukan keduanya tanpa menunggu masalah muncul. Cara memperkuat sinyal wifi dengan melakukan restart dan reboot ini bisa Anda jadikan kebiasaan mulai dari sekarang. Tetapkan jadwal yang tepat agar aktivitas ini bisa jadi budaya.

2. Firmware Harus Diupdate

Cara memperkuat sinyal wifi selanjutnya adalah melakukan update firmware dari modem dan router yang digunakan. Layaknya perangkat elektronik lainnya, perangkat wifi yang digunakan juga harus mendapatkan perhatian dalam bentuk update firmware. Update firmware tersebut akan mengoptimalkan performa wifi.

Selain melalui update Firmware, hal lain yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pergantian password. Kita tidak pernah tahu siapa saja yang terhubung dengan jaringan wifi. Lemahnya sinyal dan lambatnya kecepatan bisa disebabkan oleh banyaknya orang yang menggunakan jaringan wifi secara ilegal.

3. Ubah Posisi Router

Posisi router bisa memberikan dampak yang signifikan pada kekuatan sinyal wifi. Menempatkan router di posisi yang tepat akan membuat pancaran koneksi wifi menguat. Lantas, dimana sebaiknya router ditempatkan. Ketika menempatkan router, Kamu sebaiknya memperhatikan hal-hal penting berikut ini.

  • Cara memperkuat sinyal wifi adalah dengan menempatkan router di posisi terbuka dan berada di ketinggian. Lebih menolong jika Kamu menempatkan router di posisi dimana tidak ada yang menghalangi termasuk tembok. Struktur bangunan memang cukup berpengaruh di sini.
  • Cara memperkuat sinyal wifi juga berkaitan dengan eksistensi perangkat elektronik terutama perangkat elektronik yang sama-sama menggunakan sinyal, seperti TV, radio, dan microwave. Pastikan, Anda menempatkan router jauh dari perangkat-perangkat elektronik tersebut.

4. Ganti Router dengan yang Baru

Pergantian router mungkin diperlukan untuk membuat kualitas wifi optimal. Banyak cerita bahwa beragam cara memperkuat sinyal wifi sudah dilakukan tetapi gagal. Ternyata penyebabnya ada pada kualitas router. Router yang kamu gunakan mungkin sudah tua dan waktunya Kamu ganti dengan yang baru.

Adakah panduan singkat mengganti router wifi? Tentu ada. Jika Anda ingin mendapatkan router dengan teknologi terbaru dan terbaik, maka Anda bisa mencoba menggunakan router dengan teknologi tipe N. Rata-rata teknologi router yang digunakan adalah A, B, dan G. Yang terbaik tentu adalah teknologi tipe N.

5. Wifi Repeater Perlu Ditambah

Untuk mendapatkan kualitas sinyal wifi terbaik yang mungkin Anda dapatkan, Anda bisa mencoba menambahkan alat bernama wifi repeater. Wifi repeater memiliki fungsi meneruskan jaringan wifi asal menjadi jaringan wifi yang baru. Yang berbeda dari jaringan wifi tersebut adalah kualitas sinyalnya.

Kualitas sinyal wifi yang didapat dari jaringan baru tersebut tentu lebih kuat dari sebelumnya. Wifi repeater ini bisa Anda cari dan jika memang bisa, Anda beli yang decibelnya (db) tinggi (semakin tinggi semakin kuat). Cara memperkuat sinyal wifi melalalui alat wifi repeater ini dinilai efektif dan memberik efek besar.

6. Mengontrol Bandwith

Cara memperkuat sinyal wifi selanjutnya adalah dengan mengontrol bandwith. Biasanya ISP menerapkan FUP (batas pemakaian). Jika sudah melebih FUP, speed internet akan melambat. Jika sudah sampai sana tidak ada yang bisa Anda lakukan. Tidak ada perubahan kecuali membeli paket tambahan.

Agar sinyal kuat speed stabil, Anda bisa mengatur bandwith agar tidak cepat mencapai FUP dan kecepatan melambat.Pengaturan bandwith ini bisa dilakukan dengan mengalokasikan batas kecepatan. Dengan pengaturan yang tepat, sampai akhir bulan, kecepatan wifi internet akan tetap stabil dan tidak turun drastis.

7. Manfaatkan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara memperkuat sinyal wifi terakhir adalah dengan memanfaatkan dan menggunakan aplikasi yang mampu memperkuat atau lebih tepatnya mengoptimalkan sinyal wifi. Selain melakukan pengoptimlana pada perangkat keras, Anda juga harus melakukan pengoptimalan pada perangkat lunak alias aplikasi.

Terdapat beberapa aplikasi penguat sinyal yang bisa coba Anda gunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut adalah Wifi Manager, Wifi Signal Booster, dan Wifi Master. Aplikasi ini bekerja dengan mencari sinyal wifi dan jaringan terkuat. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga mampu membuat koneksi wifi menjadi optimal.

Jika salah satu cara memperkuat sinyal wifi di atas gagal atau kurang optimal, pembaca Teknokrad bisa mencoba cara lainnya. Dengan cara-cara di atas maka kekuatan sinyal wifi yang Anda gunakan akan lebih kuat dari sebelumnya. Anda menjadi tidak perlu selalu dekat dengan sumber wifi untuk dapat sinyal yang kuat.

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Axis 20 GB

Share via
Copy link