3 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card dengan Mudah

Teknokrad.com – Bagaimana cara memindahkan aplikasi ke SD card? Apakah kamu sudah pernah melakukannya? biasanya, hal tersebut dilakukan untuk menyimpan atau membackup data di gadget agar tidak hilang. Dengan menyimpannya di SD card, semua data akan terinventaris dan terselamatkan.

Tidak sedikit orang yang melakukannya juga karena kondisi gadgetnya yang sudah penuh. Mau tidak mau harus dipakai cara efektif agar datanya terselamatkan sekaligus gadgetnya tidak sering hang. Kamu yang belum mengetahui caranya secara detail silahkan membaca tutorial uraian di bawah ini.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card dengan Praktis

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card Tanpa Software Tambahan

Ada beberapa caranya yang bisa kamu ketahui. Salah satunya tanpa harus mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan di gadgetmu. Kamu yang memiliki smartphone berbasis Android dapat melakukannya dengan mudah.

Tentu saja kamu harus menyiapkan terlebih dulu SD card sebagai storage eksternal untuk dipasang di gadgetmu. Selanjutnya, kamu dapat mempraktikkan cara memindahkan aplikasi ke SD card tanpa software tambahan dengan langkah sebagai berikut.

  • Siapkan smartphoneme dan masukkan SD card ke slot memory di tempat yang disediakan. Selanjutnya, kamu buka menu Setting atau pengaturan di gadgetmu. Lalu, klik Storage atau penyimpanan untuk masuk ke halamannya.
  • Setelah itu, kamu pilih SD card yang digunakan. Klik ikon tiga garis horisontal di bagian kanan atas layar. Lalu, kamu klik Setelan Penyimpanan.
  • Selanjutnya, kamu pilih saja Format Kartu SD, lalu klik Format sebagai internal. Tunggu saja beberapa waktu hingga prosesnya selesai. Setelah itu, kamu dapat memindahkan aplikasi di smartphonemu yang diinginkan ke SD card yang sekarang sudah menjadi storage internal.

Baca Juga: Cara Update Google Chrome

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card dengan Tambahan Software

Setelah mengetahui caranya tanpa bantuan aplikasi, kamu juga perlu mengenal cara memindahkannya dengan tambahan software. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan cara diatas berhasil kamu praktikkan, sehingga dapat mencoba cara yang lain.

Sebenarnya ada cukup banyak aplikasi yang berfungsi untuk memindahkan software atau aplikasi di dalam gadget ke dalam SD card. Namun demikian, kamu juga harus membaca dan mengetahui spesifikasi aplikasi tersebut sebelum mengunduh dan menginstalnya.

Tujuannya adalah menyesuaikan dengan spesifikasi gadget yang digunakan. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan, yaitu Link2SD. Adapun cara memindahkan aplikasi ke SD card melalui software tersebut dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut.

  1. Siapkan gadgetmu dulu, lalu kamu dapat mengunduh dan menginstal aplikasi Link2SD di Play Store secara gratis. Setelah menginstalnya, lebih baik direstart dulu gadgetmu agar aplikasi yang baru saja diinstal dapat dioptimalkan saat digunakan.
  2. Selanjutnya, kamu buka saja aplikasi Link2SD yang sudah diinstal dan masuk ke halaman utamanya. Setelah itu, kamu pilih All Aplication dan dimunculkan daftar semua aplikasi yang ada di dalam gadgetmu. Kamu dapat memilih aplikasi mana saja yang ingin dipindahkan ke SD card.
  3. Klik nama aplikasi yang ingin dipindahkan. Lalu, kamu klik Move to SD Card dan pilih OK. Dengan begitu, aplikasi beserta semua data di dalamnya akan ditransfer ke kartu SD yang sudah kamu pasang sebelumnya. Tunggu saja hingga prosesnya selesai.
  4. Jika masih ada aplikasi yang ingin dipindahkan, kamu lakukan saja langkah seperti di atas. Perlu diingat, kamu harus mengetahui dan mempertimbangkan kapasitas ruangan di SD card yang dipasang. Jangan sampai terlalu banyak data yang ditransfer, sehingga ruangannya penuh.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card dengan USB Debugging

cara yang satu ini juga bisa kamu praktikkan saat ingin memindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD eksternal yang sudah dipasang di gadget. Perlu kamu ketahui bahwa USB Debugging merupakan salah satu fitur di smartphone yang bisa diaktifkan melalui Developer Options atau opsi pengembang.

Untuk bisa mempraktikkan caranya, kamu membutuhkan seperangkan personal computer (PC) atau laptop sebagai perantara untuk memindahkan aplikasi dari smartphone ke kartu SD.

Memang terkesan cukup repot, tetapi kamu tak perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan saat ingin melakukannya. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu praktikkan. Semoga bermanfaat.

  1. Siapkan smartphonemu terlebih dulu. Lalu, kamu dapat mengaktifkan Developer Options di dalamnya dengan cara tap 7 kali pada Build Number. Setelah itu, aktifkan fitur USB Debugging.
  2. Selanjutnya, kamu harus menghubungkan smartphone dengan PC atau laptop dengan kabel USB. Kamu dapat menggunakan kabel USB bawaan smartphone atau tidak.
  3. Setelah terhubung, kamu bisa memindahkan data-data dalam file atau folder di tiap aplikasi yang diinginkan ke dalam kartu SD dengan mudah dan cepat. Perlu diingat, jangan sampai salah memindahkan filenya.
  4. Maksudnya, tiap aplikasi tentu mempunyai data-data pendukung yang cukup banyak, apalagi sering digunakan. Oleh karena itu, kamu harus memindahkan semua data dari aplikasi tersebut secara keseluruhan dan jangan sampai ada yang tercecer.
    Jika ada data atau file yang tercecer, dikhawatirkan aplikasinya tidak bisa digunakan secara optimal seperti sebelumnya. Selain itu, kamu harus memperhatikan ruangan kosong di kartu SD sebagai tempat memindahkan aplikasi tersebut.
    Jika ruangan di kartu SD masih mencukupi, kamu dapat memindahkan lagi aplikasi beserta semua file dan data pendukungnya.
  5. Untuk memastikan muat dipindahkan ke kartu SD, sebaiknya kamu memeriksa dulu ukuran semua file di aplikasi tersebut, sehingga bisa memperkirakan sendiri muat atau tidak untuk dipindah ke SD card.

Ternyata ada beberapa cara memindahkan aplikasi ke SD card yang bisa kamu baca, pahami, dan praktikkan sekarang juga. Cara-caranya relatif mudah untuk kamu aplikasikan. Jadi, kamu tak perlu bingung lagi saat storage internal di gadgetmu sudah hampir penuh. Selamat mencoba.

Baca Juga: 3 Cara Flash Xiaomi Bootloop/Matot Sendiri, Anti Gagal

Share via
Copy link