Cara Membuat Footnote di Word dan Pengaturannya

Buat para mahasiswa dan masyarakat lain yang sering mengelola dokumen dengan Microsoft Word, penting nih buat tahu gimana cara membuat footnote di Word. Jadi kalau nantinya harus membuat sebuah karya ilmiah misal, sudah nggak bingung lagi tentang gimana cara membuat footnote di Word.

Ingat, footnote nggak bisa asal dimasukkan dan tempel di Word lho, apalagi untuk dokumen penting dan formal seperti karya ilmiah tadi, atau mungkin juga makalah, skripsi, laporan praktikum, laporan penelitian, dan sejenisnya. Supaya nggak berakhir dikritik dan malah malu sendiri, ini dia tata cara membuat catatan kaki.

Cara Membuat Footnote di Word

Bahkan untuk penulisan pribadi, jadi bukan untuk karya ilmiah atau lainnya, cara membuat footnote di Word tetap perlu dipelajari karena akan berguna untuk menambahkan catatan tambahan seperti memberikan catatan kecil atau menambahkan sumber referensi tanpa mengganggu teks utama.

Kalau dalam bahasa tradisional, footnote di Microsoft Word ini sama dengan catatan kaki. Sebagian orang yang belum tahu mungkin mengira kalau membuat footnote di Word itu susah, ribet, atau mungkin juga lama.

Padahal sebaliknya, cara membuat footnote di Word itu super cepat dan dijamin gampang banget bahkan untuk orang yang benar-benar baru pertama kali melakukannya. Cuma ada beberapa langkah mudah berikut yang perlu diikuti:

  • Pertama, letakkan kursor tepat di belakang tulisan / kalimat / kata yang ingin ditambah footnote.
  • Langkah kedua dalam cara membuat footnote di Word adalah cari dan klik menu bernama Reference yang ada tepat di sebelah kanan menu Page Layout.
  • Kalau sudah di menu Reference, sekarang klik AB Insert Footnote, dan secara otomatis kursor akan langsung lompat ke bagian paling bawah halaman yang sudah ada garis horizontal pendek dan nomor yang tepat di sebelah kanan nomor adalah tempat untuk menuliskan catatan kaki.

Jadi dengan AB Insert Footnote, pengguna sudah nggak perlu lagi membuat nomor manual dan atur huruf + ukuran huruf sendiri. Lalu tepat di sebelah kanan tulisan yang sebagai tempat meletakkan kursor pertama tadi, akan muncul nomor superskrip kecil yang sama dengan nomor yang ada di bagian bawah halaman.

  • Setiap kali Anda menambahkan catatan kaki di halaman bagian bawah ini, nomor lain akan ditambahkan ke daftar secara otomatis setelah Anda klik tombol Enter.
  • Setelah menambahkan catatan kaki, Anda bisa mengarahkan kursor kembali ke kalimat atau kata yang menjadi letak awal kursor tadi untuk melihat pratinjau catatan kaki yang ada di dalam teks.
  • Kalau ingin mengecek seluruh catatan kaki yang sudah dimasukkan ke Word sesuai dengan tata cara membuat footnote di Word di atas, maka Anda bisa klik menu Next Footnote yang ada di dalam menu Reference tadi (di sebelah kanan AB Insert Footnote).
  • Bisa juga dengan klik tanda panah atas bawah yang ada di sebelah tulisan Next Footnote untuk melihat catatan kaki sebelum dan sesudahnya.

Cara Modifikasi Footnote di Word

Sebagai informasi tambahan dari Teknokrad.com, dalam cara membuat footnote di Word, Anda juga bisa gunakan tombol Alt + CTRL + F secara bersamaan setelah mengarahkan kursor di belakang tulisan yang ingin ditambah footnote. Ketiga tombol ini punya fungsi yang sama dengan klik menu Reference + AB Insert Footnote.

Lalu untuk melakukan pengaturan lebih lanjut / modifikasi / kustomisasi pada footnote yang sudah ditulis sesuai cara membuat footnote di Word tadi, misalnya ingin mengganti ukuran huruf, ubah spasi, ganti font, atau lainnya, maka bisa ikuti tiga langkah super mudah berikut:

  • Pertama arahkan dulu kursor ke area footnote yang ingin di custom.
  • Sekarang klik kanan satu kali, dan kalau sudah muncul menu daftar menu, pilihlah Style.
  • Nah, kalau sudah terbuka jendela baru, sekarang lakukan pengaturan yang dibutuhkan dan kalau sudah selesai, klik tombol Modify.

Ubah Lokasi Catatan Kaki

Nggak cuma tahu cara membuat footnote di Word, Anda juga bisa lho ubah lokasi dari footnote itu sendiri. Secara default atau bawaan, sebenarnya Microsoft Word akan meletakkan catatan kaki di bagian bawah halaman, tapi lokasi ini bisa diubah sesuai keinginan atau kebutuhan dengan cara:

  • Sebelum mulai menuliskan catatan kaki dan mengarahkan kursor ke kalimat manapun di teks Anda, pertama arahkan dulu kursor ke menu Reference dan klik.
  • Kalau sudah terbuka, jangan klik AB Insert Footnote seperti di atas tadi, tapi klik tanda panah kecil yang ada di sebelah kanan tulisan Footnotes untuk membuka jendela baru.
  • Nah, kalau jendela baru sudah muncul, sekarang perhatikan kategori Location. Pada bagian Footnotes, pilih lokasi dengan klik tanda panah ke bawah. Klik Apply kalau sudah.

Ubah Tata Letak Catatan Kaki

Mengubah tata letak catatan kaki juga jadi bagian dari cara membuat footnote di Word. Secara otomatis, Word akan membuat tata letak dari daftar catatan kaki sama seperti halaman tempat catatan tersebut muncul. Tapi, tata letak ini bisa banget disesuaikan sendiri dengan cara berikut:

  • Ikuti dua langkah yang sudah dijelaskan di atas, lalu setelah terbuka jendela baru, kini perhatikan kategori Footnote Layout dan lihat bagian Column.
  • Klik tanda panah kecil yang ada di sebelah kanan Column dan Anda bisa pilih sendiri tata letaknya. Kalau sudah, klik Apply.

Secara garis besar, tutorial cara membuat footnote di Word itu super gampang karena Microsoft Word sudah dilengkapi dengan fitur footnote yang secara otomatis sudah mengatur ukuran huruf, spasi, dan bahkan membuat garis pemisah antara footnote dan isi karya ilmiah atau pembahasan sebelum footnote.

Baca Juga: Cara Bikin Halaman di Word

Share via
Copy link