Cara Membersihkan Printer Epson dengan Mudah dan Aman

Untuk anda yang memiliki perangkat printer maka haruslah untuk merawatnya agar bisa bertahan lama, dan salah satu cara perawatan tersebut adalah dengan rajin membersihkannya. Bagi anda yang belum tahu bagaimana cara membersihkan printer Epson ini, tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan ulasannya untuk anda.

Apa yang Dimaksud Dengan Membersihkan Printer Epson?

Bagi mereka yang awam, istilah membersihkan printer atau cara cleaning printer Epson ini mungkin yang dimaksud adalah membersihkan bagian fisiknya. Mungkin karena ada debu-debu yang menempel disana karena memang biasanya printer diletakkan pada tempat terbuka.

Ya ini memang benar, namun untuk cara membersihkan printer Epson yang kami maksud kali ini tidak hanya membersihkan bagian fisiknya saja. Namun juga melakukan pembersihan pada bagian jeroannya, terutama pada bagian catridge yang selalu bekerja mentransfer data dari anda untuk dicetak.

Istilah membersihkan ini dalam dunia printer sering disebut dengan cleaning, dimana hal ini juga harus rajin anda lakukan supaya printer tetap awet.

Jenis Printer Epson

Sebelum membahas tentang cara membersihkan printer Epson kali ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui mengenai jenis printer Epson yang ada dipasaran untuk menambah wawasan anda. Bisa dikatakan jika Epson ini menyediakan berbagai jenis printer menyesuaikan kebutuhan dari para pengguna.

Ada tiga jenis printer Epson yang memiliki keunggulan masing-masing untuk urusan mencetak dokumen. Penasaran apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini:

Printer Inkjet Epson

Untuk printer Epson yang jenis ini menjadi yang paling banyak digunakan. Memiliki bentuk yang slim dan kompak sehingga memudahkannya untuk dibawa kemana-mana ataupun untuk menyimpannya ketika tidak digunakan.

Untuk jenis printer Inkjet Epson ini memakai jenis tinta cari yang disemburkan pada kertas atau dokumen yang sedang dicetak pengguna. Untuk hasil cetak dari jenis printer Epson ini memang sangat tajam, namun sebagai konsekuensinya adalah boros pemakaian tinta.

Selain itu kelemahan lainnya, jenis printer ini memakai sistem tinta catridge, sehingga pada saat tinta tersebut habis maka anda harus mengganti catridge.

Harga catridge ini lumayan mahal, dan masalahnya lagi jika printer ini lama tidak digunakan maka tinta bisa mongering dan anda harus ganti catridge juga nantinya.

Oleh karena itu, proses cleaning printer Epson dengan jenis tinta ini wajib dilakukan secara berkala.

Printer Ink Tank Epson

Untuk printer Epson jenis ini sama dengan Inkjet yakni memakai tinta cair, namun bedanya untuk sistem tintanya adalah Ink Tank dengan tangki khusus.

Jadi anda akan lebih mudah lagi dalam pengisian tinta, karena pada saat habis maka anda bisa mengisi ulang nantinya tanpe perlu ganti catridge.

Harga dari printer Epson ini memang lebih mahal dari tipe inkjet, namun untuk harga tintanya lebih ekonomis karena anda tidak perlu mengganti catridge. Selain itu tinta ini juga tidak mudah mongering, sehingga anda tidak perlu khawatir berlebihan.

Salah satu jenis printer Epson yang paling populer menggunakan tinta jenis ini, yaitu Epson L360. Cara cleaning printer Epson L360 Windows 10 atau 11 wajib hukumnya dilakukan secara rutin.

Printer Laser Epson

Untuk jenis printer Epson yang terakhir ini sama sekali berbeda dengan dua saudaranya diatas tadi, dimana perangkat ini menggunakan jenis tinta bubuk atau toner. Jenis tinta ini lebih cepat mongering dan sangat bisa diandalkan untuk mencetak dalam jumlah banyak.

Harga dari printer jenis ini sangat mahal, maka dari itu hanya percetakan besar saja yang mau memilikinya. Meskipun bisa diandalkan untuk proses cetak dalam jumlah besar, kelemahannya adalah kualitas hasil cetak dari printer ini tidak sebagus printer inkjet.

Cara Membersihkan Printer Epson

Sebenarnya sangatlah mudah untuk cara membersihkan printer Epson ini, karena memang dari perusahaan printer itu sendiri sudah diberikan aplikasi khusus yang berguna untuk membersihkan masalah yang ada didalamnya.

Tidak hanya Epson, bahkan perusahaan lain seperti Canon, HP, dan lain sebagainya juga membekali aplikasi cleaning tersebut. Aplikasi ini tidak disiapkan terpisah, namun sudah ada di dalam satu paket driver yang telah anda install saat menggunakan printer tersebut.

Mungkin yang menjadi masalahnya adalah beberapa orang tidak menyadari hal itu, sehingga mereka tidak bisa melakukan cleaning tersebut. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan kami bagikan informasi tentang cara membersihkan printer Epson yang bisa anda coba. Berikut tutorial nya:

  • Langkah pertama silahkan anda sambungkan printer dengan PC yang digunakan untuk cleaning tersebut
  • Nyalakan printer dengan menekan tombol power
  • Setelah itu pada PC anda, silahkan klik Start / tombol dengan logo Windows
  • Silahkan pilih menu Control Panel
  • Setelah itu anda klik menu View Device and Printers yang berada di dalam barisan Hardware and Sound
  • Cari driver printer Epson anda, lalu klik kanan
cara membersihkan printer epson otomatis
  • Pilih menu Printing Preference
  • Klik menu Maintenance
  • Pada bagian menu Head Cleaning, silahkan anda klik dua kali
  • Setelah itu anda klik tombol start yang telah tersedia
  • Tunggu selama proses cleaning berlangsung, biasanya membutuhkan waktu beberapa saat sekitar 3-4 menitan, tergantung dari kondisi dari catrdige pada printer Epson anda
  • Setelah proses cleaning selesai akan muncul sebuah dialog, dimana anda bisa memilih Finish untuk menyelesaikan proses cleaning atau pilh Print Noozle Check untuk mengecek hasilnya
cara membersihkan printer epson dengan noozle check
  • Dipoin ini kami sarankan anda pilih Print Nozzle Check, sehingga anda bisa memeriksa apakah catrdige printer Epson ini sudah berjalan normal atau masih perlu pembersihan lanjutan.
  • Jika masih terdapat garis putus-putus, maka silahkan anda cleaning kembali. Namun jika sudah baik hasilnya, silahkan anda klik finish untuk menyelesaikan proses cleaning
  • Selesai

Cukup mudah bukan cara membersihkan printer Epson yang kami bagikan kali ini? yang penting perangkat PC atau laptop yang digunakan untuk proses cleaning ini sebelumnya sudah di install driver dari printer Epson tersebut, karena nantinya dalam proses pembersihan ini aplikasi ada didalam driver tersebut. Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara membersihkan printer Epson, semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Share via
Copy link