4 Cara Masuk BIOS Lenovo untuk Semua Tipe

Bagi yang ingin tahu cara masuk BIOS Lenovo, Anda dapat cek pembahasannya di artikel Teknokrad.com ini. Karena disini, kami bakal membahas tutorial ini secara lengkap sehingga dapat dengan mudah dipahami.

Meskipun cara masuk ke layanan BIOS Lenovo sangat mudah. Tidak sedikit yang kebingungan untuk masuk layanan tersebut. Biasanya pengguna baru yang masih kebingungan. Tapi tenang karena di artikel ini kami memberi solusinya.

Apa Itu BIOS

Sebelum masuk ke pembahasan utama cara masuk BIOS Lenovo, Anda harus tahu BIOS itu apa terlebih dahulu. BIOS atau kepanjangannya Basic Input Output Sistem adalah sistem yang punya peran penting untuk komputer dan laptop.

Bagi yang perangkatnya tidak ada BIOS, sudah pasti perangkat laptop tidak dapat beroperasi secara normal. BIOS berperan memberikan perintah instruksi maupun perintah mengidentifikasi serta menganalisis perangkat di dalam sistem.

Diantaranya seperti RAM, CPU, Keyboard, Mouse, Optical Drive, Hardisk hingga VGA Card. Selain itu, saat menginstall software baru, proses penginstalan tersebut juga memakai sistem BIOS.

Mengingat BIOS punya peran penting bagi perangkat, tentunya cara untuk masuk ke BIOS harus dipahami pengguna laptop. Bagi yang belum tahu caranya, simak tutorialnya berikut.

Cara Masuk BIOS Lenovo Semua Type

Karena fungsi safe mode/BIOS sangat penting, tentunya Anda harus tahu bagaimana masuk ke layanan BIOS untuk perangkat yang Anda gunakan. Yang pasti, setiap merek laptop punya cara yang berbeda.

Nah, di artikel ini kami akan membahas untuk pengguna perangkat laptop Lenovo saja. Anda pengguna Lenovo yang merasa kebingungan bagaimana cara untuk masuk ke layanan BIOS?

Tenang saja, sebenarnya cara masuk BIOS Lenovo sangat mudah dan tidak rumit sama sekali. Dengan satu langkah sederhana saja, Anda sudah dapat masuk ke layanan BIOS seperti yang diinginkan. Adapun langkahnya sebagai berikut :

1. Memakai Tombol Shift

Tutorial cara masuk ke layanan BIOS laptop Lenovo yang pertama adalah memakai tombol shift. Bisa dibilang ini adalah cara paling mudah dan sederhana dibanding cara lain.

Cocok untuk pengguna pemula yang masih awam. Untuk menggunakannya, silahkan cek tutorial berikut supaya tidak salah :

  1. Sebelum menerapkan cara masuk BIOS Lenovo, silahkan perhatikan terlebih keyboard yang ada di perangkat dan pilih Shift.
  2. Dalam posisi yang masih menekan tombol Shift, arahkan kursor mouse ke menu Start (Windows) dan kemudian pilih Power.
  3. Setelah itu pilih Restart.
  4. Terus tekan tombol Shift dan tunggu hingga proses Restart berlangsung hingga muncul tampilan warna biru.
  5. Nantinya akan muncul beberapa menu, silahkan pilih opsi Troubleshoot.
  6. Kemudian pilih Lanjut.
  7. Kemudian pilih UEFI Firmware Setting dan selanjutnya klik Restart

Kini cara masuk BIOS Lenovo sudah selesai dan silahkan tunggu hingga prosesnya berjalan. Tidak perlu menunggu lama, Anda sudah masuk ke halaman Interface BIOS dan dapat melakukan pengaturan sesuai keinginan.

2. Memakai Tombol Novo

Tombol Novo menjadi tombol yang jarang diketahui pengguna laptop Lenovo. Fungsi tombol ini dapat digunakan untuk membuka menu BIOS tanpa ribet sama sekali.

Umumnya, tombol Novo bisa ditemukan di bagian samping tombol power atau di bagian kiri laptop Lenovo. Letak tombol ini memang berbeda untuk setiap seri.

Bagi yang belum tahu lokasi tombol, silahkan cek buku panduan laptop karena segala informasi mengenai laptop Lenovo yang Anda gunakan ada di sana.

Berikut cara masuk BIOS Lenovo menggunakam cara ini :

  1. Pastikan Anda tahu di mana letak dari tombol Novo ini.
  2. Yang pasti, tombol ini tidak dapat ditekan dengan memakai tangan kosong. Jadi siapkan terlebih dahulu SIM Ejector atau juga Paper Clip agar tombol dapat ditekan.
  3. Sebelum cara masuk BIOS Lenovo diterapkan, pastikan laptop Lenovo yang Anda gunakan sudah dalam kondisi mati terlebih dahulu.
  4. Setelah tombol ditekan, tunggu hingga perangkat menampilkan menu Baru.
  5. Di pilihan menu tersebut, ini, ada beberapa pilihan menu seperti BIOS Setup, BIOS Menu, System Recovery hingga Normal StartUp.
  6. Lanjutkan dengan memilih BIOS Setup.
  7. Gunakan kursor Mouse atau juga tombol arah Keyboard agar dapat memilih BIOS Setup tersebut.

Dengan cara masuk BIOS Lenovo diatas, Anda sudah masuk ke layanan BIOS. Silahkan lakukan pengaturan perangkat sesuai dengan yang diinginkan.

3. Memakai Pengaturan UEFI Firmware

Ada satu lagi lainnya agar dapat masuk ke layanan BIOS Lenovo dengan mudah. Yakni dengan mengandalkan fitur UEFI Firmware. Caranya juga tergolong sangat mudah.

Bagi yang bingung dan butuh referensi, silahkan ikuti tutorial berikut :

  1. Di langkah awal, silahkan masuk ke opsi Setting / Pengaturan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, silahkan pilih opsi Update & Security.
  3. Kemudian pilih opsi Recovery.
  4. Berikutnya silahkah pilih Restart Now.
  5. Cara masuk BIOS Lenovo selanjutnya, silahkan tunggu hingga memunculkan menu baru.
  6. Selanjutnya silahkan pilih Troubleshoot.
  7. Kemudian pilih Opsi Lanjut.
  8. Selanjutnya pilih UEFI Firmware Setting.
  9. Kemudian pilih Muat Ulang

Selesai, kini Anda sudah masuk ke layanan BIOS Lenovo sesuai keinginan. Yang perlu dilakukan cukup mengatur perangkat sesuai dengan keinginan masing-masing saja.

Cara masuk BIOS Lenovo ini dapat digunakan sebagai alternatif saat cara sebelumnya gagal.

4. Melalui pintasan di Keyboard

Ini adalah cara terakhir yang dapat digunakan jika cara sebelumnya gagal atau tidak berhasil. Di mana Anda bisa memanfaatkan fitur Shortcut di keyboard perangkat. Babi yang ingin mencoba, silahkan cek tutorial berikut :

  1. Langkah pertama, hidupkan perangkat laptop Lenovo Anda terlebih dahulu.
  2. Setelah perangkat menyala, tunggu hingga beberapa saat dan kemudian restart laptop.
  3. Ketika booting laptop, langsung tekan FN+F2 secara bersamaan.
  4. Untuk tombol F2, kamu harus mengklik berulang-ulang kali agar dapat masuk ke menu BIOS.

Selesai, secara otomatis kamu langsung disuguhkan dengan menu Interface BIOS laptop Lenovo. Cara masuk BIOS Lenovo memang ada banyak dan tentunya dapat disesuaikan dengan kondisi saat itu.

Baca Juga: Rekomendasi Situs Download Keyboard Test Portable Terfavorit

Share via
Copy link