7 Cara Maintenance Printer Epson Agar Terus Awet

Di era perkembangan zaman saat ini printer menjadi salah satu bagian penting yang dibutuhkan, karena perangkat tersebut biasa digunakan untuk mencetak foto, dokumen, dan lain sebagainya. Untuk itu penting memahami tentang cara maintenance printer Epson supaya nanti perangkat anda bisa bertahan lama.

Apa itu Maintenance Printer Epson?

Maintenance ini dalam bahasa inggris berarti perawatan, jadi kesimpulannya adalah melakukan perawatan printer Epson agar nantinya tetap bisa bekerja secara optimal. Jika ada malas-malasan untuk merawat printer tersebut, tentu anda akan menyesal di kemudian hari terlebih jika pada saat itu sedang membutuhkannya.

Anda tidak perlu khawatir, cara maintenance printer Epson ini sangatlah mudah dan kami yakin anda bisa melakukannya di rumah. Ada beberapa tahap dalam proses maintenance ini, dan semuanya sangat mudah untuk dilakukan serta tanpa bantuan alat dan aplikasi apapun.

Cara Maintenance Printer Epson Sendiri Di Rumah

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk melakukan maintenance printer Epson tersebut, salah satunya adalah dengan melakukan perawatan sederhana dan bahkan dianggap sepele. Namun terkadang hal sepele seperti inilah yang membuat printer menjadi rusak, penasaran apa saja cara merawat printer Epson ini? simak ulasan berikut:

1. Jaga Kebersihan Printer

Cleaning printer Epson ini juga perlu anda lakukan supaya perangkat kesayangan anda awet dan tahan lama. Bersihkan printer dari debu yang menempel jika ada, meskipun debu berukuran sangat kecil namun bisa menyebabkan masalah nantinya jika dibiarkan menumpuk.

Jika anda berencana tidak menggunakan printer lagi dalam waktu dekat ini, sebaiknya anda tutupi printer khususnya pada bagian lubang memasukkan kertas. Karena tempat ini sangat rawan menjadi pintu masuk kotoran ke dalam printer nanti.

2. Gunakan Clean Head

cara maintenance printer epson dengan mudah

Cara maintenance printer Epson selanjutnya adalah melakukan head cleaning pada perangkat tersebut. Bagi mereka yang sudah familiar dengan printer pastinya sudah paham dengan aktivitas tersebut karena mereka cukup sering melakukannya.

Cara head cleaning printer Epson ini sangatlah mudah, dimana anda hanya membutuhkan driver dari printer anda tersebut. Tujuan dari Clean Head ini tidak lain adalah membersihkan noda yang ada di catrdige printe supaya hasilnya maksimal untuk mencetak.

Namun anda jangan terlalu sering menggunakan clean head ini, gunakan seperlunya saja. Seperti hasil cetak ada garis-garisnya, selang tinta masuk angin, atau mungkin anda bisa menggunakannya saat printer terlalu sering digunakan atau lama tidak digunakan.

3. Matikan Printer Jika Tidak Dipakai

Cara cleaning printer Epson jangan lupa untuk mematikan printer tersebut agar nantinya ia bisa istirahat. Meskipun printer tidak digunakan namun tombol power dalam kondisi On, mesin didalamnya ini tetap dialiri oleh listrik dan lama-kelamaan juga akan panas nantinya.

Untuk mematikan printer ini juga tidak bisa sembarangan, tekan dulu tombol Power selama 2-3 detik, pastikan jika printer benar-benar mati dengan lampu indikatornya mati. Setelah itu cabut kabel printer dari Stop kontak atau sumber listrik.

4. Rutin Gunakan Printer 

Cara maintenance printer Epson selanjutnya kali ini adalah dengan menggunakannya secara rutin. Rutin disini bukan berati menggunakan printer itu untuk mencetak terus-menerus tak kenal waktu. Yang dimaksud rutin ini adalah menggunaka printer setiap hari dengan durasi penggunaan yang teratur.

Misalkan anda tidak pekerjaan yang perlu dicetak, anda bisa menggunakan printer untuk mencetak 1 kali, terserah itu apa. Sementara jika kebetulan ada banyak tugas yang perlu di cetak, maka berikan waktu istirahat pada printer kurang lebih 1 jam sebelum menggunakannya kembali. Lakukan hal ini secara berkala, supaya printer anda tidak rusak karena panas nanti.

5. Pakai Jenis Tinta yang Direkomendasikan

cara maintenance printer epson terbaru

Setiap printer Epson ataupun dari vendor lain pastinya sudah memberikan rekomendasi tinta yang tepat digunakan pada perangkatnya. Selain untuk mendapatkan hasil cetak yang memuaskan, hal ini juga menjadi upaya untuk menjaga kondisi printer tetap sehat.

Menggunakan jenis tinta yang direkomendasikan ini merupakan salah satu tutorial cara maintenance printer Epson yang wajib anda lakukan, jadi jangan pernah anda iseng-iseng mencampurkan dua tinta yang berasal dari perusahaan berbeda.

6. Jangan Biarkan Tinta Terkuras Habis

Untuk anda yang menggunakan printer berjenis Inkjet dengan sistem tinta di catridge, harus rajin-rajin memeriksa kondisi tinta yang ada di dalam cartridge. DIkhawatirkan jika pada saat anda mendapat tugas mencetak dan ternyata tinta habis tentu sangat mengganggu.

Sementara untuk anda yang menggunakan jenis Ink Tank, maka selalu kontrol tinta yang ada di dalam tangki. Jangan sampai kehabisan, alangkah baiknya anda mengisi ulang jika dirasa tinggal sedikit.

7. Mengecek Kinerja Catridge Printer

Dan cara maintenance printer Epson terakhir yang bisa dilakukan adalah mengecek kinerja dari cartridge, dimana anda bisa melakukannya sebulan sekali atau dua kali saja. Caranya silahkan anda buat gambar empat buah persegi di MS Word, lalu berikan warna pada setiap kubuh ini Cyan, Yellow, Magenta, dan Black.

Jika sudah, silahkan anda cetak gambar tersebut menggunakan resolusi kualitas tinggi. Setelah itu anda periksa apakah cartridge bisa memenuhi keinginan anda apa tidak, namun jika warnanya sudah tidak normal maka bisa jadi kinerja catridge ini sudah menurun.

Dengan anda rajin melakukan maintenance pada printer Epson, nantinya perangkat tersebut bisa menemani aktivitas anda dalam waktu lama. Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara maintenance printer Epson, semoga apa yang sudah dibahas di atas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Share via
Copy link