8 Cara Mailing Excel ke Word Semua Versi

Cara Mailing Excel ke Word – Mailing list atau milis adalah sebuah alamat e-mail yang bisa dipakai oleh seseorang untuk melakukan suatu kegiatan ,seperti saling bertukar berbagai macam informasi.

Pesan yang dikirimkan akan menuju ke alamat milis secara otomatis yang kemudian, akan di kirimkan lagi ke alamat e-mail dari anggota yang lain.

Apa Fungsi Mailing Excel ke Word?

Pembagian alamat e-mail dapat diartikan seperti pada saat sebuah surat akan dikirimkan ke salah satu alamat e-mail.

Kemudian, secara otomatis pesan itu akan terkirim ke semua alamat e-mail yang sebelumnya sudah dibuat pada pendaftaran masuk kedalam database yang ada pada mesin tersebut.

Daripada itu, mailing list atau milis bisa juga dilakukan, hanya dengan mengirimkannya ke mailing listnya saja tanpa mengirimkannya kepada tiap-tiap orang.

Cara ini dapat diatur penerimanya, apakah pesan itu akan dapat diterima semua orang atau langsung bisa di terima semua orang.

Nah jadi, kelebihan dari mailing list sendiri yaitu, kamu dapat memanfaatkannya untuk tujuan bisnis, lebih tepatnya dalam kegiatan promosi barang atau jasa yang kamu buat.

Kelebihan yang dapat disuguhkan oleh mailing list ini, tidak hanya karena informasi yang dibuat menjadi lebih mudah untuk dipublikasikan, tetapi juga proses promosinya akan lebih akurat karena mampu mencapai audiens yang sesuai.

Hal ini tentunya sangat efektif, mengapa? Karena kamu tidak perlu lagi untuk melansir informasi promosi bisnis yang kamu buat satu per satu.

Baca Juga: Cara Ngeprint di Word 2019 Tanpa Error

Lalu, apa anggota lain tidak terganggu ya? Tentu saja tidak, karena hal ini adalah dambaan audiens, saat mereka mendata dirinya sendiri pada layanan e-mail kamu, entah audiens memesan barang atau jasa, atau hanya bertanya-tanya saja.

Tetapi, kamu harus ingat untuk memastikan jenis mailing list yang eksplisit, agar nantinya cara mailing excel ke word dapat berjalan efektif.

Namun, bagi sobat yang tidak suka menggunakan excel dapat membuat mail merge di word saja karena lebih mudah dan familiar.

Cara Mailing Excel ke Word 2010, 2007 Semua Versi

Nah, sudah mengerti bukan apa manfaat dan kelebihan dari mailing list itu sendiri. Selanjutnya, akan tim teknokrad.com jelaskan bagaimana cara membuat mailing dari Excel, yang kemudian dipindahkan ke dalam bentuk Word. Caranya sangat mudah, kamu bisa mencobanya. Berikut tahapan cara mailing data excel ke word:

  1. Buatlah sebuah dokumen pada Excel terlebih dahulu, seperti contoh di bawah ini. Kami memberikan sebuah contoh list para calon peserta ujian no urut presensi dan juga nomor induk siswa masing-masing.
cara mailing excel ke word
  1. Selanjutnya, bukalah Word dan buat dokumen baru. Setelah itu, tekan menu Mailings dan pilihlah bagian Start Mail Merge. Fitur Mail Merge sendiri memiliki banyak fungsi dan manfaat, fungsinya sendiri adalah untuk membantu membuat dokumen yang isinya sama. Meskipun isinya sama, masih ada sedikit perbedaan pada data ,seperti: nama, NIM, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan, data tersebut akan secara otomatis berganti sesuai data yang telah dibuat sebelumnya. Sehingga, cocok untuk membantu proses pembuatan surat, sertifikat, amplop, dan lain sebagainya. Dan juga, membantu mempersingkat pekerjaan menyediakan dokumen yang isinya sama, yang ditujukan untuk beberapa atau banyak orang yang menerima. Langkah selanjutnya, klik E-mail Messages untuk mengirimkan pesan melalui e-mail. Bisa juga dengan, pilih bagian Letters jika kamu tidak ingin mengirimkan pesan tersebut melalui e-mail. 
cara mailing excel ke word 2010

  1. Tahap selanjutnya, klik Select Recipients. Kemudian, pilihlah Use an Existing List. Di bagian Use an Exixting List nanti akan muncul data-data kalian yang ada pada Document dan pilihlah dokumen Excel yang tadi telah dibuat. Setelah itu, yang terakhir klik Open. Maka, data Excel yang kalian buat sebelumnya sudah terekam pada Word, seperti nama, NIM, dan juga Nomor Presensi.
cara mailing excel ke word 2016
  1. Kemudian, mulailah mengetik pesan kepada penerima e-mail. Dengan, memasukkan variabel-variabel yang telah dibuat sebelumnya di Excel yaitu, nama, NIM, dan juga presensi. Jika kamu ingin lebih cepat memasukkan variabel nama, minuman, dan harga pilih Insert Merge Field. Pada Insert Merge Field, data yang sudah dibuat sebelumnya di Excel dan sudah tersimpan itu, telah tercantum. Pilih nama, kemudian NIM, dan juga detail lain yang diperlukan, seperti contoh di bawah ini.
cara mailing excel ke word 2013
  1. Setelah selesai menulis pesan, yang akan diberikan kepada para pelanggan, pilihlah bagian Preview Results. Maka, secara otomatis dari daftar nama, minuman, hingga harga minuman akan terisi. Setelah itu, untuk mempercepat penyelesaian dokumen pilih bagian arah disamping kanan Preview Results yaitu, bagian untuk untuk melanjutkan data selanjutnya hingga data paling akhir.
  2. Pilih bagian samping kanan Preview Results yang bertuliskan angka 1, klik tanda panah kanan, yang akan berubah menjadi angka 2. Setelah itu, akan muncul data selanjutnya yang telah kamu buat pada Excel sebelumnya dan sudah terisi secara otomatis, baik dari nama hingga nomor ujian. Cara menyelesaikan data selanjutnya hingga akhir data, juga sama seperti yang dijelaskan di atas. Hanya dengan menekan tanda panah sampai jumlah data paling akhir.
cara mailing list excel ke word
  1. Yang terakhir yaitu, tahapan penyimpanan, untuk menyimpan dokumen Word, pilih bagian Finish & Merge. Kemudian, klik Print Documents, jika kamu menggunakan Letters dan tidak ingin mengirimnya melalui e-mail. Pada bagian Print Document, akan muncul pilihan Merge to Printer yang terdapat pilihan: all yaitu, berfungsi untuk mencetak semua dokumen yang telah dibuat; current record yaitu, berfungsi untuk mencetak lembar dokumen yang kamu buka saja, tidak yang lain; dan from … to … yaitu, berfungsi untuk mencetak dokumen berbasis nomor halaman dokumen. Jika, kamu ingin mencetak semua dokumen yang dibuat, maka pilihlah all kemudian klik ok.
cara mailing data excel ke word
  1. Atau jika, kamu ingin menggunakan Edit Individual Documents untuk menyimpan dokumen juga bisa, caranya sama seperti Print Documents. Hanya saja, yang membedakannya dengan Print Documents yaitu, pada Edit Individual Documents, digunakan untuk menyimpan hasil penggabungan ke dalam dokumen baru. Dan jika, kamu ingin mengirim dokumen melalui e-mail agar lebih cepat, pilih bagian Finish & Merge. Setelah itu, klik Send Email Messages. Kemudian, isilah alamat e-mail yang akan dituju pada pilihan To, dan untuk bagian Subject line kamu bisa mengisinya dengan beberapa pesan singkat. Bagian Send records caranya sama seperti Print documents yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tahap terakhir, klik ok.

Nah, sekarang sudah mengerti kan, cara membuat mailing list dari Excel dan kemudian dipindahkan ke Word yang mudah? Dengan cara ini, kamu akan lebih hemat waktu dan datanya juga akan cepat selesai meskipun itu banyak.

Cara yang dijelaskan ini, untuk kamu yang sudah membuat data dari Excel. Namun, ada juga yang langsung menggunakan Word. Tetapi, kami tidak menyarankan kamu untuk menggunakan Word dalam pembuatan data, karena dengan menggunakan Word, kamu akan membutuhkan banyak waktu penyelesaiannya dan caranya juga sulit dan sedikit rumit.

Jika, datanya sangat banyak, saya sangat tidak merekomendasikan kamu untuk menggunakan Word. Praktikkanlah cara mailing excel ke word di atas. Namun, apabila datanya hanya sedikit, kamu bisa menggunakan Word.

Share via
Copy link