Cara Instal Printer Epson L120 Anti Gagal dan Ribet!

Kamu sekalian yang membutuhkan informasi tentang cara instal printer Epson L120 sudah tepat membaca artikel ini hingga tuntas. Terutama kamu yang ingin beraktifitas menggunakan jenis dan tipe printer ini seharusnya mengetahui cara menginstalnya.

Kamu bisa saja meminta tolong pihak toko komputer atau printer untuk menginstalkan printer tersebut ke perangkat gadgetmu. Namun demikian, hal tersebut cukup merepotkan karena kamu harus mondar-mandir. Maka dari itu, sebaiknya kamu menginstalnya sendiri saja dengan mengikuti tutorial berikut.

Memilih Printer Epson L120

Printer sangat dibutuhkan oleh semua pekerjaan yang berkaitan dengan sistem komputerisasi. Dengan printer, data dari komputer yang berbentuk digital dapat diubah menjadi cetakan diatas kertas dalam wujud teks, gambar, grafik, dan lain sebagainya.

Jika dulu hanya dikenal printer hanya dengan tinta hitam saja, tetapi sekarang sudah umum menggunakan warna lebih beragam. Dengan begitu, data yang dicetak dapat disesuaikan warnanya dengan keinginan penggunanya.

Dalam perkembangan zaman, sudah diciptakan berbagai printer dengan merek, jenis, dan tipe yang berbeda. Hal itu disesuaikan dengan kebutuhan banyak orang atau pihak akan peralatan printer dalam membantu aktifitasnya keseharian.

Salah satunya adalah merek printer Epson L120. Printer yang satu ini sangat cocok digunakan untuk aktifitas keseharian individu di rumah ataupun perkantoran. Tujuannya tentu saja mencetak data yang diinginkan diatas kertas agar dapat dilihat, dibaca, dan dipahami.

Ukurannya yang sedang menjadikan printer ini juga cocok untuk bisnis atau usaha skala rumahan ataupun kecil menengah. Selain itu, harganya cukup terjangkau oleh kalangan menengah ke bawah, yaitu sekitar satu jutaan.

Kamu yang membeli printer Epson L120 baru akan mendapatkan satu paket berisi printer, buku panduan, kartu garansi, CD Driver, kabel power, kabel USB, dan 4 buah tinta yang terdiri atas hitam, merah, kuning, dan biru.

Untuk bisa menggunakan atau mengaplikasikannya, kamu harus menginstal perangkat printernya terlebih dulu pada gadget yang digunakan, seperti PC atau laptop. Setelah diinstal, printer baru bisa digunakan.

Adapun cara instal printer Epson L120 bisa melalui CD bawaan pabrik yang ada di paketannya. Cara yang direkomendasikan untuk kamu praktikkan sendiri.

Baca Juga: Download Epson L120

Cara Instal Printer Epson L120 yang Direkomendasikan

Kamu sebenarnya bisa menginstal sendiri printer Epson baru yang sudah dibeli. Pasalnya, di dalam paketannya sudah ada buku panduan yang berisi cara penginstalan dan pengoperasian printer tersebut. Terutama kamu yang sering mengutak-atik komputer tentu tidak mengalami kesulitan.

Namun demikian, kamu jangan menginstal printer tersebut dengan cara-cara sembarangan karena sikap sok tahu. Jika memang belum mengetahuinya, silahkan membaca cara instal printer Epson L120 yang diuraikan berikut.

  1. Kamu dapat menghubungkan printer Epson ke PC atau laptop dengan kabel USB. Biasanya, sistem komputer akan mencari dan menginstal perangkat baru eksternal yang ditemukan. Dengan begitu, printer Epson bisa terinstal secara otomatis.
  2. Namun demikian, penginstalan secara otomatis tersebut tidak melingkupi keseluruhan sistem dan data printernya, sehingga tidak menutup kemungkinan tidak optimal saat printernya digunakan.
    Maka dari itu, lebih baik melakukan cara penginstalan manual seperti yang direkomendasikan dalam buku panduannya.
  3. Sebelum menginstalnya, kamu siapkan dulu PC atau laptopnya. Selain itu, kamu siapkan printer Epson, lalu memasukkan semua tinta ke dalam wadah di printer sesuai warnanya. Kamu harus hati-hati saat menuangkan tinta ke dalam wadah di printernya.
  4. Jangan lupa menutup wadahnya kembali agar tidak bocor saat digunakan nanti. Selanjutnya, sambungkan kabel power printer ke stop kontak listrik yang sudah disediakan. Setelah itu, cobalah menyalakan printernya dengan menekan tombol power hingga lampu indikatornya berkedip.
  5. Selanjutnya, kamu periksa lagi sambungan kabel USB dari printer ke PC atau laptop. Setelah itu, ambil CD Driver bawaan printer Epson dan masukkan ke dalam CD-ROM atau DVD-ROM di gadgetmu.
  6. Tunggu sebentar hingga isi CD Driver tersebut terbaca oleh komputer. Setelah itu, kamu klik drivernya dan pilih InstalNavi, lalu klik Next. Dengan begitu, proses penginstalan dimulai dan kamu tunggu saja hingga selesai.
  7. Jika lancar, proses penginstalannya berjalan cukup cepat hanya beberapa menit saja. Kecuali, ada masalah di driver atau sistem komputernya yang membuat prosesnya berjalan lebih lama. Kamu akan membaca pemberitahuan di layar saat proses penginstalannya selesai.
  8. Selanjutnya, kamu sebaiknya merestart dulu PC atau laptopmu setelah penginstalan selesai agar mengoptimalkan perangkat sekaligus driver printer untuk digunakan. Selesai direstart, kamu akan melihat driver printer Epson berstatus ready atau online.
  9. Artinya, printer Epson sudah berhasil diinstal bersama driver dan data-data di dalamnya. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan printernya untuk aktifitas keseharian.

Cara Menggunakan Printer Epson L120

Setelah mempraktekkan cara instal printer Epson L120, kini proses penginstalan printernya sudah selesai dan berhasil. Selanjutnya, kamu bisa coba menggunakan printer tersebut untuk mencetak data yang diinginkan. Misalnya, kamu mempunyai data berwujud kata, gambar, atau grafik yang tersimpan di PC ataupun laptop.

Kamu bisa mencetaknya dengan menggunakan printer Epson dengan cara sebagai berikut.

  1. Kamu siapkan PC atau laptopmu dan buka data yang ingin dicetak. Klik saja data tersebut sehingga software atau aplikasi pendukungnya terbuka.
  2. Setelah itu, kamu cari fitur Print atau Printing di aplikasi tersebut dan pilih Epson L120. Selanjutnya, kamu tentukan jenis kertas serta ukurannya sebelum dicetak.
  3. Setelah semua fixed, kamu klik saja Print atau OK, sehingga proses mencetak dimulai. Tunggu saja beberapa saat hingga datanya selesai dicetak.

Sobat Teknokrad, Ternyata cara instal printer Epson L120 dan menggunakannya untuk mencetak data diatas kertas cukup mudah. Kamu bisa mempraktikkannya sendiri di rumah, kantor, atau tempat kerja dalam aktifitas keseharian. Selamat mencoba.

Baca Juga: Reset Canon IP2770

Share via
Copy link