Cara Head Cleaning Printer Epson

Untuk anda yang memiliki printer Epson, pastinya tidak ingin ya jika mesin cetak tersebut mengalami kerusakan? Terlebih jika kebetulan saat itu urgent. Nah pada kesempatan kali ini akan dibahas ulasan tentang cara head cleaning printer Epson yang bisa anda coba.

Emang apa kaitanya head cleaning dengan kesehatan printer? Tentu ada kaitanya karena melakukan cleaning ini menjadi salah satu upaya perawatan printer supaya nanti bisa membuatnya awet dan tahan lama digunakan.

Apa Itu Head Cleaning Printer Epson?

Sebelum mengulas tentang cara cleaning printer Epson, bagi anda yang masih awam dengan kegiatan tersebut pasti pengen tahu apa yang dimaksudkan dengan head cleaning ini?

Perlu anda ketahui jika di dalam sebuah printer ini ada namanya komponen head printer, dimana perangkat tersebut sangat vital peranannya karena ia yang bertugas mengeluarkan tinta dalam proses pencetakan dokumen.

Head printer ini berada di bagian catridge, jika saat proses print / cetak menggunakan printer ini, anda memperhatikan ada alat yang bergerak ke kanan ke kiri, nah itulah yang disebut dengan catridge rumah dari head printer tersebut.

Jika ada masalah pada komponen tersebut, pastinya bakal sangat mengganggu aktifitas percetakan anda nantinya.

Nah supaya head printer Epson ini selalu sehat dan panjang umur, maka diperlukan sebuah perawatan. Dan salah satu perawatan yang bisa anda lakukan ini adalah dengan melakukan head cleaning tersebut.

Tidak hanya untuk printer Epson saja, namun head cleaning tersebut juga bisa dilakukan pada tipe printer dari pabrikan lain.

Termasuk anda yang memiliki OS Windows terbaru, anda bisa mencoba cara cleaning printer Epson L360 Windows 10 maupun Windows 11.

Apa Tujuan Head Cleaning Printer Epson?

Jika ada pembahasan tentang cara head cleaning printer Epson, pastinya ada alasan kenapa hal ini diulas. Salah satu tujuan dari cleaning printer Epson ini adalah perawatan dari printer tersebut, agar nantinya printer bisa berjalan secara optimal saat digunakan bekerja.

Namun masih ada beberapa alasan lain kenapa hal tersebut perlu dilakukan, diantaranya:

  • Menghindari sisa tinta yang melubar dan mengenai media cetak
  • Melancarkan lubang nozzle ketika tinta disemprotkan ke media cetak dari catridge menuju ke head printer

Perlu anda ketahui, jika harga head printer atau Noozle ini cukup mahal, bahkan bisa sampai setengah harga dari printer tersebut. Untuk itu anda perlu melakukan perawatan dengan benar.

Cara Head Cleaning Printer Epson

Karena pentingnya aktifitas ini, maka tidak heran banyak dari pemilik printer Epson ini mencari informasi bagaimana cara head cleaning printer Epson tersebut. Sejatinya untuk proses cleaning ini sangatlah mudah, hanya saja letak menunya yang sedikit ribet membuat banyak orang yang tidak tahu bagaimana caranya.

Berikut ini beberapa tahapan tutorial cara cleaning printer Epson yang bisa anda coba lakukan di rumah nanti:

1. Install Driver Printer

Sebelum anda menerapkan cara head cleaning printer Epson yang dibahas kali ini, pastikan jika anda menginstall driver printer Epson tersebut pada perangkat yang anda gunakan untuk cleaning.

Hal ini sangat penting karena bagaimanapun dalam proses cleaning ini membutuhkan aplikasi tersebut.

2. Sambungkan Kedua Perangkat

Langkah selanjutnya silahkan anda sambungkan printer Epson tadi dengan PC atau laptop yang digunakan untuk cleaning dan sudah terinstall driver printer tersebut.

Sambugkan kedua perangkat ini menggunakan kabel USB yang dibawakan printer tersebut, jika sudah silahkan anda nyalakan printer.

3. Saatnya Proses Cleaning

Setelah kedua peragkat ini saling terhubung, maka langkah selanjutnya adalah proses cleaning printer Epson tersebut.  Untuk tahap print bisa anda simak dibawah ini:

  • Klik menu Start (logo Windows) di PC atau laptop
  • Ketik Control Panel pada kolom pencarian, jika sudah klik 2x pada menu tersebut
  • Klik dua kali pada menu Hardware and Sound
  • Lalu klik dua kali pada menu Device and Printers
cara head cleaning printer epson l360
  • Cari driver printer Epson anda, lalu klik kanan dan buka menu Printing Preferences
cara head cleaning printer epson L3110
  • Klik menu Maintenance, dan klik dua kali pada Head Cleaning/pembersihan head untuk bahasa Indonesianya.
  • Saat muncul menu Pop-up, anda klik tombol Start
  • Tunggu proses cleaning
  • Jika sudah selesai nantinya akan muncul notifikasi, anda bisa klik Finish untuk menyelesaikan proses cleaning atau klik Print untuk mengecek hasil cetak dari Head Printer tersebut. Jika ada garis putus-putus pada hasilnya, anda bisa melakukan cleaning ulang lagi, namun jika tidak ada maka anda bisa klik finish.

Untuk mengecek hasil cleaning tadi apakah sudah berhasil, anda bisa coba untuk mencetak gambar dan lihat apakah hasilnya sudah bagus apa tidak.

Tips Merawat Printer Epson yang Benar

Setelah anda paham tentang cara head cleaning printer Epson, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah merawat printer Epson tersebut supaya bisa digunakan dalam waktu lama.

  • Jangan gunakan printer bekerja terlalu keras, seperti mencetak foto atau dokumen dengan jumlah banyak dalam satu waktu. Berikan jeda untuk mengistirahatkan head printer agar tidak panas, dan bisa bekerja secara optimal nantinya.
  • Jangan asal menggunakan tinta untuk printer kesayangan anda, karena hal ini nanti bisa saja merusak catridge dan membuat hasil cetakan buruk
  • Jangan gonta ganti merek tinta, karena pastinya setiap pabrikan printer sudah menentukan rekomendasi jenis tinta yang digunakan.
  • Lakukan Cleaning printer ini secara berkala, namun jangan terlalu berlebihan karena hal tersebut juga bisa merusak catridge atau head printer nantinya.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara head cleaning printer Epson, semoga ulasan ini bermafaat dan selamat mencoba.

Share via
Copy link