3 Cara Flash Hp Xiaomi Tanpa ke Tempat Servis

Bagi para pengguna smartphone merk Xiaomi, perlu nih untuk tahu gimana cara flash hp Xiaomi. Jadi kalau nanti terjadi masalah yang nggak bisa diselesaikan dengan sekedar restart, bisa lakukan flash sendiri supaya nggak perlu pergi ke konter dan keluar biaya.

Flash bisa menyelesaikan sejumlah masalah pada hape lho, seperti lupa password/pin, hang, ada error pada sistem operasi, ingin downgrade OS, terkena virus atau malware, atau masalah lainnya. Kalau di kategori perangkat komputer, flash sama dengan instal ulang. 

Persiapan Sebelum Mengetahui Cara Flash Hp Xiaomi

Kalau sudah di flash, nantinya hp Xiaomi bisa kembali bersih tanpa ada virus/malware dan tanpa ada masalah lain yang terjadi sebelum proses flas terjadi.

Tapi, flash akan membuat hp kehilangan seluruh data, pengaturan, dan aplikasi instalan yang sebelumnya ada di hp. Jadi, persiapan yang wajib dilakukan sebelum mempraktekkan tutorial cara flash hp Xiaomi adalah:

1. Back Up 

Lakukan back up untuk berbagai informasi penting lain terutama kalau ada yang berhubungan dengan pekerjaan. Kalau data-data tersebut sudah disimpan di kartu SD, maka tinggal lepas saja kartu SD sebelum memulai proses flash. 

Tapi kalau ada data yang tersimpan di memori internal, pindahkan ke kartu SD, flashdisk, laptop, back up online lewat aplikasi, atau tempat penyimpanan lain apapun yang dirasa aman dan nantinya bisa dengan gampang dikembalikan ke hp setelah proses flash selesai. 

2. Perhatikan Persentase Baterai

Hp harus dicas sampai full sebelum proses flash dimulai ya, atau minimal persentase baterai 60-70%. Karena kalau saat proses flash tiba-tiba hp mati karena kehabisan baterai, maka hp bisa saja malah rusak lho.

3. Gunakan Kabel USB yang Bagus

Hal penting ketiga sebelum belajar cara flash hp Xiaomi adalah gunakan kabel USB (jika dibutuhkan) yang dalam kondisi normal dan kalau perlu yang ori bawaan hp. Maksud dari normal di sini adalah jangan gunakan kabel USB yang kadang bisa konek dan diskonek otomatis karena sudah usang/rusak. 

4. Jangan Hentikan Proses Flash

Kalau proses flash sudah dimulai, jangan pernah dihentikan paksa, jadi prosesnya harus benar-benar sampai selesai untuk menghindari error atau kerusakan serius pada sistem operasi hp Xiaomi.

Sebagai informasi tambahan yang penting, kalau tujuan belajar cara flash hp Xiaomi adalah untuk downgrade OS, maka download dulu versi OS yang diinginkan sebelum proses flash dimulai. Downloadnya harus dari sumber yang aman ya, jangan sampai malah ada virus.

Tapi, sangat disarankan untuk nggak melakukan downgrade OS, pada hp merk Xiaomi atau lainnya karena beresiko software malah bermasalah. Lalu saat akan melakukan flash, sebaiknya hp sudah menggunakan OS terbaru supaya hasil flash bisa optimal dan bukan malah menyebabkan masalah lebih lanjut.

Baca Juga: Cara Cek Tipe HP Vivo

3 Cara Flash Hp Xiaomi yang Bootloop

3 Cara Flash Hp Xiaomi yang Bootloop

Inilah beberapa pilihan cara flash Xiaomi tanpa harus ke konter / tempat servis hp:

1. Cara Flash Hp Xiaomi Hard Reset

Hard reset adalah metode pertama dari beberapa cara flash hp Xiaomi yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah. Menurut sejumlah review, cara ini adalah yang paling gampang. Langkah-langkahnya adalah:

  • Tekan dan tahan sebentar tombol volume + tombol power. Tombol volumenya bisa atas atau bawah ya. Tekan kedua tombol tadi sampai layar menampilkan logo Xiaomi. Kedua tombol ini sudah secara otomatis membawa pengguna ke bagian Recovery.
  • Sekarang supaya proses flash lebih mudah, pilih opsi bahasa Inggris karena bahasa Indonesia nggak ada.
  • Selanjutnya cari dan pilih menu bernama Factory Reset (atau kadang bernama Wipe Data / Wipe All Data tergantung tipe hp Xiaomi milik Anda), dan tab tombol Yes / Ok.

2. Cara Flash Hp Xiaomi Lewat Menu Pengaturan

  • Buka menu Setelan / Pengaturan di hp dan pilih sub menu Setelan Tambahan / Lainnya.
  • Cari dan klik menu bernama Cadangkan & Setel Ulang / Backup & Reset, lalu klik menu Reset. 
  • Masukkan pin hp dan proses reset akan segera dimulai. Tunggu sampai prosesnya selesai dan untuk cara ini sudah nggak perlu lagi reboot hp.

3. Cara Flash Hp Xiaomi dengan Mi Flash Tools

Mi Flash Tools adalah salah satu aplikasi gratis dari perusahaan Xiaomi yang fungsinya adalah untuk flash tapi khusus Xiaomi dengan jenis chipset Qualcomm Snapdragon. 

Mi Flash Tools ini bisa di download dari https://xiaomiflashtool.com/category/download. Kalau sudah di download ke PC / laptop, sekarang ikut langkah-langkah di bawah ini:

  • Install Mi Flash Tools ke PC / laptop (file dalam format zip). Cara installnya dengan klik kanan pada file > pilih Install Mi Flash Tools > klik Next beberapa kali sampai terakhir klik Ok dan Close.
  • Setelah diinstal, buka Mi Flash Tools dengan klik kanan lalu pilih Run as Administrator.
  • Sekarang buka lagi browser dan download ROM Fastboot dari https://c.mi.com/global/miuidownload/index.  Download ROM yang sesuai tipe hp Xiaomi masing-masing ya, lalu ekstrak ke PC / laptop dengan klik kanan dan pilih Extract Here setelah file di download.
  • Sekarang proses flash akan dimulai diawali dengan menyambungkan hp dan laptop menggunakan kabel USB, lalu masuklah ke Mode Fastboot Xiaomi dengan tekan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan sampai logo Xiaomi muncul di layar.
  • Selanjutnya buka Device Manager di desktop > klik Android Composite ADB Interface > klik tombol Select. Kemudian buka folder ROM, pilih file dengan nama Flash all data, dan klik Ok. Proses flash akan dimulai yang biasanya lebih lama dari duacara flash hp Xiaomi sebelumnya.

Cara flash hp Xiaomi bisa banget dipelajari tapi harus sangat hati-hati. Mulai dari hal kecil seperti persentase baterai, kabel USB, dan saat memilih file di folder ROM harus benar. Kalau memang nggak yakin, sebaiknya pembaca Teknokrad minta bantuan teman yang berpengalaman atau bawa ke servis.

Share via
Copy link