Cara Deep Cleaning Printer Epson

Printer Epson menjadi salah satu perangkat yang cukup sering anda temui, khususnya untuk mereka yang bekerja di perkantoran maupun dunia pendidikan. Nah di kesempatan kali ini akan dibahas tentang cara deep cleaning printer Epson yang harus anda pahami.

Deep cleaning atau head cleaning ini menjadi salah satu upaya yang harus dipahami oleh mereka pemilik printer. Tidak hanya merek Epson saja, namun merek lain pun juga perlu dilakukan proses Cleaning ini agar nantinya printer awet dan tidak gampang rusak.

Apa itu Deep Cleaning Printer Epson?

Sebelum anda paham tentang cara deep cleaning printer Epson, maka sebaiknya anda pahami dulu tentang deep cleaning ini.

Baik deep cleaning maupun head cleaning ini adalah upaya untuk melakukan pembersihan khususnya pada bagian catridge maupun selang infus tinta.

Biasanya proses cleaning ini dilakukan apabila ada tinta yang macet sehingga printer tidak bisa digunakan mencetak. Apabila hanya tinta hitam saja yang macet, maka anda bisa melakukan cleaning biasa.

Namun jika warna lain pada tinta juga tidak keluar, maka anda perlu melakukan deep cleaning pada printer Epson tersebut. Jadi intinya untuk cleaning printer Epson biasa ini lebih ke satu warna, sementara untuk deep cleaning ini mencakup keseluruhan warna.

Cara Deep Cleaning Printer Epson yang Bisa Anda Lakukan

cara deep cleaning printer epson dengan mudah

Ada beberapa tahapan dalam melakukan tutorial deep cleaning printer Epson tersebut, dimana anda perlu melakukannya satu persatu agar nantinya bisa menyesuaikan kira-kira dari mana sumber masalah yang terjadi para printer anda.

1. Periksa Komponen Printer

Untuk cara cleaning printer epson yang pertama, silahkan anda periksa sejumlah komponen penting printer, seperi selang Infus, Karet Nepple, L-Knee, lubang infus pada catridge, bahkan pada bagian catridge ini sendiri.

Catridge memiliki peranan sangat penting, karena komponen inilah yang melakukan transfer tinta ke media cetak.

2. Lakukan Perbaikan

Apabila ada kerusakan pada bagian komponen selang infus, karet nepple, maupun L-Knee, maka anda perlu menggantinya.

Sementara jika pada bagian catridge ada yang pecah, maka anda bisa mengelemnya bagia yang pecah tersebut, tidak perlu menggantinya terlebih dahulu karena komponen ini sangat mahal harganya. 

Jika memungkinkan untuk di lem bisa mengatasi maka tidak masalah, namun jangan pernah anda mengelem L-knee pada catridge tersebut.

Apabila belum berhasil, sebaiknya Anda baca cara maintenance printer epson di sini.

3. Bersihkan Rongga Udara Pada Selang Infus

Untuk cara deep cleaning printer Epson selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengeluarkan rongga angin yang terdapat dalam selang infus. Masalah ini cukup sering dialami, khususnya bagi mereka yang memiliki printer dan jarang digunakan dalam waktu yang lama.

Jika kondisi ini terjadi, maka proses print atau cetak pun bakalan terganggu seperti hasil gambar yang putus-putus. Atau bahkan kondisi paling parah print tidak mau mencetak, karena aliran tinta ini terhalang oleh angin yang terdapat pada selang infus tersebut.

Untuk mengeluarkan rongga angin pada selang infus tersebut, maka anda bisa mengatasinya dengan menggunakan suntikan. Untuk cara membersihkan printer epson bisa anda simak di bawah ini:

  • Sambungkan suntikan ini ke dalam selang infus printer, caranya dengan melepaskan L-knee pada catridge. Inilah alasan kenapa jangan pernah anda mengelam L-knee pada catridge
  • Sambungkan suntikan ini dengan bagian selang yang anda lepas tadi
  • Setelah itu sedot habis rongga udara yang terdapat didalam selang
  • Cara ini cukup aman dan cepat bagi mereka yang sudah berpengalaman.

Dalam melakukan trik ini biasanya akan ada sedikit tinta yang tumpah, maka dari itu sebaiknya anda melakukannya di ruang terbuka sehingga anda akan lebih mudah saat membersihkannya nanti.

Deep Cleaning Printer Epson Dengan Cara Head Cleaning

Untuk cara deep cleaning printer Epson selanjutnya yang bisa anda lakukan kali ini adalah dengan head cleaning. Berbeda dengan cara yang diatas tadi, trik ini dinilai lebih gampang karena anda hanya memerlukan aplikasi driver printer Epson ini saja. 

Cara cleaning printer Epson ini lebih mudah dibandingkan diatas tadi, dan resiko tinta tumpah pun juga tidak ada karena anda tidak perlu melepas selang infus pada catridge printer tersebut. Untuk anda yang penasaran langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  • Langkah pertama silahkan anda sambungkan printer ke PC atau laptop yang sudah terinstall driver printer Epson tersebut
  • Nyalakan printer
  • Setelah itu pada PC, anda buka menu Control Panel
  • Pilih Hardware and Sound, lalu klik menu Device and Printers
  • Cari driver dari printer Epson anda
cara deep cleaning printer epson l120
  • Klik kanan dan pilih menu Printing preference
  • Klik menu Maintenance, lalu double klik pada menu Head Cleaning
cara deep cleaning printer epson terbaru
  • Setelah muncul menu Pop-up, anda klik Start untuk proses cleaning
  • Tunggu prosesnya sampai selesai
  • Saat sudah selasai akan muncul dialog kembai, anda bisa klik Finish untuk menyelesaikan proses cleaning. Atau bisa pilih menu Print Nozzle check untuk mengecek hasilnya
  • Selesai

Cukup mudah bukan? cara deep cleaning printer Epson yang satu ini lebih direkomendasikan untuk anda yang masih awam dengan komponen didalam printer. Biasanya cara tersebut sudah bisa mengatasi masalah pada printer, entah itu head printer yang kotor atau ada rongga angina pada selang infus.

Namun jika cara diatas ini masih belum mengatasinya, maka anda bisa menggunakan cara deep cleaning printer Epson dengan menyedot rongga angin memakai suntikan seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Jika Anda tidak yakin atau takut untuk membongkarnya, maka anda bisa membawanya ke tempat service terdekat di daerah anda.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang cara deep cleaning printer Epson, semoga ulasan diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya. Selamat mencoba

Share via
Copy link