Cara Cleaning Printer Epson Mudah Bagi Pemula

Teknokrad – Printer menjadi sebuah alat yang saat ini cukup banyak digunakan, entah itu untuk keperluan pribadi, instansi, maupun usaha pastinya membutuhkan printer tersebut untuk mencetak berbagai keperluan laporan. Karena peranannya yang cukup penting, maka dari itu para pemilik pun dianjurkan untuk memahami cara cleaning printer Epson agar awet nanti.

Nah salah satu produsen printer yang sangat terkenal di Indonesia adalah Epson. Selain perusahaan Epson ini, masih ada printer dari vendor lain yang juga cukup laris seperti Canon dan HP, yang pasti mereka ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang jadi pertimbangan konsumen.

Review Printer Epson

cara cleaning printer epson windows 10

Sebelum membahas tentang cara cleaning printer Epson, alangkah baiknya kita kenalan dulu dengan printer dari vendor asal Jepang tersebut. 

Epson ini cukup komplit dalam memberikan layanan kepada konsumen, dimana mereka memiliki beberapa jenis dan seri printer yang menyesuaikan kebutuhan dari para pengguna nanti.

Epson memiliki beberapa seri printer dengan kemampuan masing-masing, seperti pada seri Eco Tank yang menjadi jenis printer mereka dengan banderol harga ramah dikantog. Pas banget untuk mereka yang memiliki usaha micro.

Selanjutnya ada  seri WorkForce yang dikenal memiliki produktifitas kerja tinggi, jadi cocok banget untuk aktifitas multitasking nantinya.

Untuk kebutuhan fotografi, Epson memiliki seri PictureMate yang memiliki kemampuan untuk mencetak gambar langsung dari kamera. Dan satunya lagi adalah jenis SureColor untuk menghasilkan kualitas gambar professional.

Lalu untuk jenis printer Epson ini ada yang namanya Inkjet yang disebut yang banyak digunakan orang rumahan, karena bentuknya yang slim dan mudah untuk menyimpannya. Jenis printer ini menggunakan sistem printer inkjet yang mana tinta cair ini dimasukkan kedalam catridge.

Selain itu ada juga tipe InkTank, sistemnya sama menggunakan tinta cair seperti printer Inkjet hanya saja untuk pengisian tinta lebih mudah karena terdapat ruang khusus disana.

Dan yang terakhir Epson ini memiliki jenis printer laser, dimana jenis ini biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki usaha percetakan karena banderol harganya juga cukup tinggi.

Tujuan Cleaning Printer Epson

Bagi orang awam, pastinya ada yang bertanya-tanya mengenai apasih yang dimaksud dengan cleaning printer Epson ini? dan apa tujuan dari aktivitas tersebut?

Hal ini cukup wajar karena yang namanya orang awam terlebih dalam dunia printer ini sangat bisa dipahami, karena orang yang memiliki printer maupun beraktifitas dengan mesin tersebut cukup jarang.

Sebelum membahas tentang cara cleaning printer Epson tersebut, sebenarnya cari tahu dulu apa maksud dari kegiatan tersebut.

Dari namanya saja ‘Cleaning’ ini adalah sebuah kegiatan untuk membersihkan bagian dari printer Epson tersebut, khususnya pada bagian Catrdige yang menjadi media melaksanakan berbagai perintah anda.

Catridge ini menjadi komponen yang sangat penting pada printer, karena pada bagian catridge tersebut yang bernama ‘Head’ disitu terdapat ‘Nozzle’ atau mulut semprot. Sesuai namanya jika komponen ini bertugas untuk mengeluarkan tinta dari wadahnya dan mengerjakan perintah anda di kertas media cetak.

Nah bagi anda yang penasaran tentang apa sih tujuan dari cleaning printer Epson tersebut? berikut ulasannya :

Membersihkan Head Printer

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, head printer atau kepala printer ini terdapat Noozle yang bertugas menuangkan tinta pada media cetak.

Jika bagian ini kotor atau tersumbat, maka proses transfer tinta ini pun bakalan terhambat sehingga menjadikan hasil cetak cacat atau kurang maksimal.

Menghilangkan Sumbatan

Sumbatan ini sendiri ada berbagai macam, bisa dari debu atau bis juga dari sisa tinta yang sedikit mengering sehingga mengganggu laju dari tinta tersebut.

Mengatasi Masuk Angin

Bagi anda yang sudah tidak akrab dengan perangkat printer, pastinya sudah paham ya dengan istilah ‘masuk angin’ pada printer tersebut. Ini adalah kondisi dimana pada bagian selang tinta ini terdapat celah, putus-putus, yang pada kondisi normalnya hal tersebut tidak terjadi.

Jika sampai tinta pada selang ini putus-putus, maka hal ini membuat kinerja printer kurang maksimal dan biasanya malah tidak bisa menyemprotakan tinta sama sekali.

Upaya Perawatan

Tidak selamanya untuk melakukan cleaning printer Epson ini ketika perangkat tersebut mengalami masalah seperti yang disebutkan diatas tadi. Anda bisa melakukan cleaning ini kapanpun, bisa 3 hari sekali, seminggu sekali, atau kapan saja anda mau.

Tak perlu khawatir, aktifitas ini tidak akan membuat printer Epson anda rusak, malahan ini merupakan salah satu upaya perawatan agar nantinya printer tersebut bisa awet dan tahan lama untuk digunakan.

Memperpanjang Usia Printer Epson

Diambil dari namanya saja ‘Cleaning’ yang artinya membersihkan, maka anda pun tidak perlu ragu melakukannya untuk mendapatkan hasil cetakan yang  maksimal nantinya. Melakukan head cleaning printer Epson sama dengan memperpanjang usia pakai printer dan bisa menghemat biaya pemeliharaannya juga nanti.

Cara Cleaning Printer Epson

Printer Epson ini menjadi pilihan banyak orang karena dikenal akan ketahanan serta ketangguhanya untuk bekerja, dengan begini membuatnya sangat berguna bagi pemilik karena mereka bisa meminimalisir biaya perawatannya nanti.

Terlebih untuk mereka yang memiliki usaha percetakan, dimana printer ini sangat penting karena jika sampai printer mengalami kerusakan dan kebetulan tidak memiliki cadangan, maka pekerjaan mereka pun terganggu dan bisa mengecewakan pelanggan. 

Meskipun dikenal memiliki daya tahan yang sangat baik, namun tetap diiringi dengan perawatan supaya nantinya printer tersebut bisa tetap kerja secara maksimal dengan waktu lama. Salah satu pemeliharaan ini adalah dengan melakukan cleaning printer Epson tersebut.

Untuk cara melakukan cleaning printer Epson ini sebenarnya sangat mudah, hanya saja bagi mereka yang belum familiar dengan perangkat printer pasti kebingungan. Karena dalam melakukan cleaning ini sendiri ada beberapa tahap-tahap yang harus anda lakukan sebelumnya.

Cara cleaning printer Epson ini pun juga berbeda dengan merk lain, hal ini cukup wajah karena setiap produsen memiliki ciri khasnya masing-masing. Meskipun pada dasarnya tujuan dari cleaning ini adalah sebagai salah satu cara perawatan printer yang sangat mudah dilakukan.

Sebelum memulai cara cleaning printer Epson ini, pastikan jika anda memakai printer yang biasa digunakan untuk mencetak. Anda bisa juga menggunakan laptop atau computer lain, dengan syarat didalamnya sudah tertanam driver dari printer Epson itu sendiri.

Jika semua persiapan diatas tadi sudah siap, berikut cara cleaning printer Epson yang bisa anda coba:

  • Langkah pertama sambungkan terlebih dahulu printer dengan Pc atau Laptop anda
  • Setelah itu nyalakan printer tersebut
  • klik tombol home (logo Windows) di laptop maupun PC
  • Setelah itu silahkan anda ketik ‘Control Panel’
  • Lalu perhatikan pada bagian menu Hardware and Sound, dibawahnya klik menu View Device and Printers
  • Akan terdapat banyak pilihan menu disana, silahkan anda cari pada menu Printers dan perhatikan driver dari printer Epson anda
cara cleaning printer epson l3110
  • Klik kanan pada driver printer Epson tersebut, dan silahkan tap menu ‘Printing Preferences
  • Perhatikan pada bagian atas dimana terdapat 3 menu disana, pilih bagian Pemeliharaan atau Maintenance
cara cleaning printer epson bagi pemula
  • Klik 2x pada bagian menu Head Cleaning/pembersihan head
  • Akan muncul sebuah dialog box, lalu klik menu Cleaning lalu klik tombol Start
  • Tunggu hingga proses cleaning selesai, biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit, tergantung dari kondisi printer tersebut
  • Setelah proses selesai, akan muncul dialog lagi apakah anda sudah selesai melakukan Cleaning atau ingin mengecek hasil cleaning tersebut
cara cleeaning printer epson nozzle check
  • Disarankan anda memiliki menu Print Noozle Check. Tujuannya adalah untuk memastikan jika kondisi catridge ini sudah aman, anda bisa mengecek hasilnya pada hasil cetak tersebut. Pada bagian garis-garis yang berwana Cyan, Magenta, Yellow, dan Black ini ada yang putus-putus, maka anda perlu melakukan cleaning kembali. Karena normalnya jika printer tersebut aman, maka tidak akan ada garis-garis putus disana.
  • Jika kondisi aman pada printer tersebut, maka proses cleaning printer Epson tersebut bisa anda selesaikan dengan klik menu Finish

Nah cukup mudah bukan cara cleaning printer Epson kali ini? sebenarnya caranya ini gampang banget, hanya saja jika tidak paham maka ya tetap tidak bisa melakukan cleaning tersebut.

Tips Merawat Printer Epson Agar Awet

Setelah paham cara cleaning printer Epson, langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah cara merawat printer itu sendiri. Sebenarnya cara ini tidak dikhususkan untuk printer Epson saja, namun juga berlaku untuk jenis printer lainnya.

  • Rutin Menggunakan Printer

Cara merawat printer yang pertama adalah dengan sesering mungkin menggunakannya. Yang dimaksud menggunaknya disini bukanlah terus-menerus diajak bekerja keras, minimal setiap hari atau dua hari sekali anda gunakan untuk mencetak, apapun itu. Hal ini bertujuan agar nantinya pipa tinta tidak masuk angin dan printer tidak rusak.

  • Gunakan Tinta yang Tepat

Menggunakan tinta murahan terlebih bukan original tidak disarankan, pasalnya hal ini bisa memperpendek usia dari printer Epson anda tersebut. Pada umumnya setiap printer khususnya Epson ini memiliki jenis tinta dengan kode yang berbeda-beda, jangan sampai anda mencoba menggunakan tinta lain yang tidak sesuai dengan kebutuhan printer anda.

  • Jangan Mencetak Dalam Jumlah Banyak Sekaligus

Layaknya manusia, printer ini juga jangan pernah anda gunakan untuk bekerja keras. Misalnya anda gunakan untuk mencetak ratusan dokumen dalam sekali waktu, memang kerusakan tidak akan langsung terjadi namun hal ini tidak dianjurkan.

Minimal jika memang dibutuhkan untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak, anda atur waktunya dengan mengistirahatkan printer untuk beberapa saat sebelum digunakan kembali.

  • Simpan Printer di Tempat yang Aman

Dan cara merawat printer Epson yang terakhir adalah soal peletakanya. Letakkan printer di tempat yang tidak beresiko terkena debu maupun percikan air, karena kedua material ini bisa menyebabkan kerusakan pada printer tersebut.

Mungkin bagian luar printer nampak masih bagus, akan tetapi jika bagian dalamnya terkena debu atau air sangat berbahaya nantinya.

Selain itu disarankan juga anda meletakkan printer ditempat agak tinggi, supaya tidak tersenggol atau kabel printer rusak karena dimakan tikus dan lain sebagainya. Selain itu dengan printer yang berada di tempat tinggi akan menghindarkannya dari anak-anak yang rawan sekali memainkannya.

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kami tentang tutorial cara cleaning printer Epson sekaligus cara perawatannya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya.

Share via
Copy link