Aplikasi Reset Printer Epson L120

Epson L120 merupakan tipe printer yang menjadi idaman banyak orang di Indonesia, selain karena harganya yang terjangkau dimana printer ini juga memiliki kualitas cetak yang lumayan bagus dikelasnya.

Nah pada kesempatan kali ini akan membahas tema yang ada kaitanya dengan perangkat tersebut, yakni aplikasi reset printer Epson L120.

Apakah Aplikasi Reset ini?

Jika dilihat dari namanya, aplikasi Reset ini memiliki fungsi semacam mengembalikan pengaturan pada sebuah perangkat pada setelan awal seperti ketika mereka membelinya pertama kali.

Memang benar tujuan dari resetter Epson L120 ini adalah mengembalikannya pada setelan saat awal pertama kali beli.

Bukan tanpa alasan kenapa anda perlu melakukan hal ini, selain sebagai bentuk perbaikan namun juga bergun untuk menjadikan printer Epson anda tetap bisa bekerja secara optimal nantinya.

Karena seiring waktu berjalan setiap perangkat yang dipakai terus-menerus pastinya mengalami penurunan performa yang cepat atau lambat bisa anda ketahui nantinya.

Fungsi Printer

Sebelum membahas tentang aplikasi reset printer Epson L120 ini, tidak ada salahnya memahami sejumlah fungsi printer tersebut. Ada banyak sekali jenis printer di dunia ini, dan itu semua memiliki fungsinya masing-masing. Berikut sejumlah fungsi printer yang perlu anda ketahui:

1. Mencetak Dokumen

Fungsi printer yang pertama kali ini adalah digunakan untuk mencetak dokumen, baik berupa surat, makalah, artikel, atau jenis dokumen lain sesuai dengan ukuran printer tersebut dan keinginan anda.

2. Mencetak Foto

Sebagian besar printer memiliki fungsi mencetak dokumen, namun ada beberapa yang juga dibekali dengan kemampuan untuk mencetak foto dengan hasil menarik.

Hanya saja untuk printer jenis ini sedikit lebih mahal dibandingkan printer yang khusus untuk mencetak dokumen saja.

3. Untuk Scanner

Beberapa printer juga dibekali dengan kemampuan untuk scanner ini, dimana hal ini digunakan untuk memindai sebuah dokumen dan diedit lagi dalam sebuah aplikasi. Printer Epson ada yang memiliki kemampuan ini, namun bukan tipe printer Epson L120.

4. Untuk Foto Copy

Biasanya untuk printer jenis ini masih ada kaitanya dengan printer untuk scanner, karena keduanya ini membutuhkan komponen yang sama.

5. Cetak Stiker dan Sablon

Tidak hanya untuk cetak foto dan dokumen, ada juga jenis printer yang bisa digunakan untuk cetak stiker dan sablon dimedia seperti akrilik atau banner.

Namun untuk jenis printer ini tidak bisa dimiliki oleh orang biasa, melainkan hanya mereka yang punya usaha percetakan besar saja.

6. Cetak Banner dan Spanduk

Hampir sama dengan yang di atas tadi, untuk cetak banner dan spanduk ini juga ada printer khusus.

Karena fungsinya untuk mencetak media berukuran besar, maka ukuran dari printer ini sendiri juga sagatlah besar.

Namanya bukan printer lagi, tapi berubah menjadi plotter yang memiliki kemampuan cetak beresolusi tinggi untuk menghasilkan gambar yang tidak gampang pecah.

Sehingga Anda wajib mengetahui resetter epson yang tepat manakala printer Anda mulai bermasalah.

Dengan kemampuan yang begitu mumpuni, sudah bisa dipastikan jika printer jenis ini pasti memiliki harga yang sangat mahal.

Cara Reset Printer Epson L120 Otomatis

aplikasi reset printer epson l120 gratis

Untuk melakukan cara reset Epson L120 ini, anda pastinya butuh aplikasi resetter Epson L120. Aplikasi ini bisa anda cari di Google, karena sudah banyak sekali laman yang menyediakannya.

Aplikasi ini ukurannya sangat kecil, sehingga anda tidak perlu menyiapkan kapasitas memori sisa yang banyak nanti.

Setelah anda selesai download aplikasi reset printer Epson L120 tersebut, langsung saja jalankan aplikasi tadi untuk segera memperbaiki printer Epson nanti:

  • Langkah pertama nyalakan printer Epson anda, dan sambungkan ke PC atau laptop yang memiliki aplikasi resetter Epson L120 tadi
  • Selanjutnya buka folder tempat menyimpan aplikasi reset printer Epson tadi
  • Silahkan anda klik 2x pada icon aplikasi bernama adjprog.exe, atau bisa juga dengan cara klik kanan pada aplikasi tersebut, setelah itu anda pilih menu run as administrator saja
  • Klik menu select, silahkan anda pilih seri printer anda pada bagian kolom Model Name. Dalam praktek kali ini kami gunakan printer Epsin L120
  • Selanjutnya pada bagian port SUB, silahkan anda pilih Auto Selection, lalu klik OK
  • Pada tab selanjutnya, klik menu Particular Adjusment Mode. Letaknya berada dibagian bawah
  • Pilih Waste ink pad Counter pada bagian Maintenance >> klik OK
  • Silahkan kasih tanda ceklist pada bagian menu Main pad counter, lalu klik Check. Tujuannya adalah untuk memeriksa jumlah poin dari printer Epson L120 anda tadi, apakah sudah 100% atau belum
  • Selanjuntya berikan tanda ceklist lagi pada Main pad counter, lalu klik menu Initialize yang ada dibagian bawah
  • Setelah itu maka proses reset bakal berlangsung
  • Jika proses selesai maka bakal muncul notifikasi ‘Please Turn On dan Turn Off your printer’
  • Jika sudah begini, maka silahkan anda matikan printer beberapa saat, lalu nyalakan lagi printernya
  • Jika lampu notifikasi pada printer Epson L120 sudah tidak berkedip, maka proses reset anda tadi berhasil
  • Silahkan anda bisa coba untuk mencetak lagi

Sekedar mengingatkan, jika aplikasi reset printer Epson L120 yang digunakan tadi tidak hanya dikhususkan untuk melayani reset pada printer tipe tersebut saja.

Namun anda juga bisa menggunakan untuk melakukan reset printer Epson lainnya sesuai dengan jenis atau tipe yang tersedia disana.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang aplikasi reset printer Epson L120, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Share via
Copy link