14 Aplikasi Pembayaran Listrik Gratis Tanpa Biaya Admin

Teknokrad.com – Pembayaran listrik untuk saat ini telah lebih berkembang. Perubahan zaman lebih mengedepankan unsur kemudahan dan efisiensi bagi customer. Dalam hal ini, PLN sebagai satu-satunya induk penyedia listrik di Indonesia telah mewadahi hal tersebut, dengan layanan aplikasi pembayaran listrik online.

Lalu, apa saja aplikasi cek pembayaran listrik yang dapat digunakan oleh customer. Berikut ini akan kami bahas mengenai aplikasi untuk pembayaran listrik yang paling umum digunakan.

Aplikasi Pembayaran Listrik Termurah

Aplikasi berikut merupakan rekomendasi dari kami serta sudah teruji dan aman untuk keperluan pembayaran listrik online serta sudah terverifikasi oleh pihak PLN.

1) PLN MOBILE

aplikasi pembayaran listrik termurah

App PLN MOBILE merupakan apk resmi yang diluncurkan oleh pihak PLN. Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah memiliki detail yang sangat lengkap mengenai hal seputar kelistrikan.

Mulai dari info perubahan tarif listrik, jadwal pemadaman listrik bergilir, sistem pelaporan catatan meter pelistrikan mandiri, mekanisme pembayaran online, info pemasangan atau instalasi listrik hingga pengaduan seputar gangguan listrik.

Langkah untuk mendaftarnya pun sangat simpel, sobat teknokrad cukup menyediakan email aktif dan mendaftar akun baru lalu lakukan verifikasi.

Dengan kelengkapan fitur seperti itu, anehnya PLN Mobile bukan termasuk aplikasi pembayaran listrik yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

2) Bukalapak

Raksasa ecommerce di Indonesia sekarang ini tidak hanya berkutat dalam bidang jual beli online saja. Bukalapak kini bisa dipakai untuk melakukan pembayaran listrik online.

Bukalapak dapat melayani sebagai aplikasi pembayaran listrik dan pdam maupun tagihan-tagihan yang lain.

Dengan begitu, semakin banyak alternatif untuk melunasi tagihan listrik bulanan sobat teknokrad.

Sedikit tambahan, bagi sobat yang membuka jasa pembayaran listrik, aplikasi cetak struk PLN berikut dapat dipertimbangkan demi memaksimalkan layanan yang dikelola.

3) Dana 

aplikasi pembayaran listrik

Salah satu e-wallet paling pesat perkembangannya di Indonesia, berdasarkan data di google play store jumlah pengguna baru pada tahun 2021 bertambah sebanyak 91 juta pengguna. Lalu apa kelebihan dari DANA?

Jelas nomor satu adalah fleksibilitas untuk urusan pembayaran, Anda bisa melakukan berbagai macam pembayaran melalui apk in khususnya untuk tagihan pembayaran listrik PLN bulanan sobat Teknokrad.

Mempertimbangkan sederet kelebihannya, wajar saja kalau Dana dipilih sebagai aplikasi pembayaran listrik pascabayar maupun prabayar favorit di Indonesia.

4) Shopee

aplikasi pembayaran listrik pascabayar

Dibalik kedigdayaan aplikasi ini dalam bidang marketplace, ternyata Shopee juga memiliki fitur yang tidak semua orang ketahui yaitu sebagai aplikasi pembayaran listrik murah.

Hal tersebut memungkinkan karena pihak Shopee sendiri sudah melakukan kerjasama dengan pihak PLN. 

Metode pembayarannya pun kurang lebih sama dengan apa yang ditawarkan oleh Bukalapak, namun kelebihannya adalah karena Shopee sudah lebih dikenal maka untuk urusan pembayaran listrik tidak akan terlalu menyulitkan pengguna.

Kemudian, salah satu aplikasi pembayaran listrik termurah ini juga pasti dikenakan biaya admin yang sudah pasti sebanding dengan kemudahan yang ditawarkan.

5) OVO

Salah satu pesaing DANA dengan fungsi yang hampir sama sebagai aplikasi pembayaran listrik terbaik. Penggunaan fiturnya cukup ramah terhadap user awam atau pengguna pemula sehingga kemungkinan salah pembayaran bisa diminimalisir.

Salah satu keunggulannya adalah pengguna dapat memperoleh OVO points yang nantinya bisa diakumulasi dari setiap pembayaran yang sobat teknokrad lakukan menggunakan app ini.

6) Flip

aplikasi pembayaran listrik dan pdam

Dikenal sebagai aplikasi transfer antar bank tanpa biaya ternyata Flip juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran berbagai macam keperluan, salah satunya yaitu pelunasan pembayaran tagihan listrik.

Guna keperluan setiap transaksi biasanya terdapat biaya admin sebesar Rp6.500,00. Nah, tinggal sekarang sobat teknokrad yang menentukan memilih app mana sebagai alat pembayaran.

7) Payfazz

Payfazz merupakan salah satu alat pembayaran online yang sudah cukup umum digunakan guna kepentingan transaksi khususnya untuk luar negeri. 

Namun, siapa sangka kalau ternyata app software ini juga bisa digunakan untuk kepentingan pembayaran listrik sobat teknokrad.

Sekarang, hanya melalui Smartphone saja sobat bisa membayar tagihan listrik. Apabila menggunakan listrik pascabayar, dengan install aplikasi PAYFAZZ tagihan bulanan akan dapat dibayar dengan mudah.

8) Gopay

Raksasa dalam hal pembayaran online, sekarang saldo Gopay juga bisa digunakan untuk keperluan pembayaran listrik bulanan. Fitur yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan Dana dan juga OVO.

Ini hanya masalah kebiasaan dan selera saja untuk memilih aplikasi pembayaran listrik mana yang cocok untuk Anda.

9) Tokopedia

Jika sekelas Shopee dan Bukalapak saja menyediakan alternatif aplikasi pembayaran listrik, lalu apa yang Tokopedia tidak bisa lakukan untuk menyaingi dua rivalnya dalam bidang marketplace?

Sebagai pengguna kita diberi kemudahan untuk pembayarannya, tapi ingat bahwa pembayaran listrik memiliki tenggat waktu tertentu yang harus diperhatikan oleh sobat teknokrad.

10) Sakuku

Bagi sobat yang memiliki rekening BCA, maka aplikasi e-wallet Sakuku bisa digunakan untuk pembayaran listrik bulanan Anda.

Selain digunakan untuk pembayaran tagihan listrik, Sakuku juga dapat digunakan untuk keperluan membayar belanjaan, top up pulsa, top up saldo, membayar BPJS Kesehatan dan untuk kepentingan lainnya.

11) LinkAja

aplikasi untuk pembayaran listrik

LinkAja merupakan suatu layanan uang digital elektronik yang bisa digunakan untuk keperluan transaksi nontunai. Salah satunya adalah untuk melunasi tagihan PLN sobat.

Keunggulannya hampir mirip seperti Dana dan juga OVO, bahwa proses isi saldo dapat dilakukan dengan sangat mudah melalui gerai-gerai Alfamart atau Alfamidi terdekat.

12) PayTren

Aplikasi lokal buatan anak bangsa ini sudah bisa digunakan untuk kepentingan pelunasan tagihan listrik PLN. Berbagai macam pembayaran juga bisa sobat lakukan di app ini mulai dari BPJS, Top Up Pulsa dll.

Setiap kali selesai transaksi, Anda akan mendapatkan poin yang bisa digunakan untuk ‘bagi hasil’ atau berhak mendapatkan hadiah tertentu.

13) T-Cash

Untuk alternatif satu ini, segmentasinya jauh lebih sempit dibanding alternatif lain yang sudah disebutkan di atas. 

Syarat utamanya ada 2, yaitu pertama, sobat harus pengguna provider Telkomsel, kedua, paling tidak sobat harus memilki perangkat smartphone yang memiliki teknologi NFC.

Selain digunakan untuk payment PLN, T-Cash juga bisa digunakan untuk membeli voucher game maupun pembayaran BPJS.

14) True Money

Berdasarkan info di website resminya, TrueMoney adalah layanan pembayaran digital elektronik yang memudahkan Anda untuk bisa melakukan semua transaksi melalui software aplikasi di Smartphone dan EDC.

Walaupun, kurang akrab di telinga pengguna e-wallet di Indonesia, layanan TrueMoney sudah ada sejak tahun 2015. 

Keunggulan TrueMoney adalah sobat akan mendapatkan ‘komisi’ untuk setiap transaksi.

Selain itu, transaksi yang dilakukan pengguna tidak dikenakan biaya administrasi tambahan yang jelas melegakan untuk sebagian orang termasuk admin teknokrad, hehe.

Kelebihan Aplikasi Pembayaran Listrik

Tidak seperti ketika Anda bayar tagihan secara manual atau langsung, pembayaran online memilkiki sejumlah keunggulan, berikut adalah kelebihan aplikasi pembayaran listrik.

  • Lebih mudah dalam hal pembayaran
  • Tidak perlu datang secara langsung ke tempat pembayaran resmi
  • Mendapatkan cashback baik berupa poin atau sejenisnya yang bisa ditukarkan dengan promo, voucher atau hadiah tertentu
  • Terdapat info penjelasan kelistrikan yang lebih detail 

Mengingatkan sekali lagi, bahwa apapun aplikasi untuk pembayaran listrik yang digunakan, tetap ingat bahwa tenggat pembayaran listrik adalah tanggal 20 setiap bulannya.

Jangan terlena karena kemudahan yang diberikan sehingga lupa untuk melunasi kewajiban yang satu ini.

Baiklah itu tadi adalah pembahasan tentang macam-macam aplikasi pembayaran listrik yang bisa sobat gunakan. Jika sobat teknokrad memiliki alternatif lain atau pengalaman menggunakan app tersebut, silakan bisa menuangkannya di kolom komentar.

Share via
Copy link